Membeli Barang Cacat [02]: Jam Tangan

13 Apr

Ini pengalaman kedua saya berurusan dengan tukar-menukar barang cacat yang sudah dibeli. Pengalaman pertama di tahun 2010 ketika membeli buku cacat cetak dari Bentang Pustaka (baca selengkapnya di sini).

Kali ini, saya membeli 4 buah jam tangan untuk kado ulang tahun sepupu-sepupu saya (read here for the lovely cousins) dari online shop ternama di Indonesia, Zalora. Cacatnya adalah semua jam tangan saya terima dalam keadaan tidak berfungsi (alias mati total). Bahkan salah satu jam tangan, jarum pendeknya lepas. 

Part of it is my fault, karena terlalu percaya dengan online shop sehingga dengan gagah berani membeli barang elektronik secara online, dan tanpa mengecek terlebih dulu ketika kiriman barang sampai di tangan. Harap maklum, sudah beberapa kali saya membeli barang dari online shop, baik barang elektronik ataupun non-elektronik, dan tidak pernah ada masalah selama ini.😀

Akhirnya setelah menghubungi customer service Zalora dan diberitahu bahwa prosedur pelaporan barang cacat adalah melalui email, maka saya kirimkan email keluhan ke email customer service Zalora. Yang langsung ditanggapi dan dikonfimasi 2×24 jam kemudian bahwa 2 buah jam tangan yang sudah saya beli akan diganti dengan yang baru (yang sudah dijamin berfungsi dengan baik), dan 2 buah jam tangan yang lain akan di-refund biayanya karena stock barangnya sudah habis. Seperti email di bawah ini:

Kalau dari pengalaman sebelumnya saya dapat buku gratis sebagai permintaan maaf, pengalaman kali ini saya dapat voucher belanja di Zalora senilai 100rb. Not bad lah.😀

To be noted: Kita baru akan mendapatkan barang pengganti setelah barang yang cacat diambil kembali oleh pihak online shop.

Tapi berhubung saya kapok membeli jam tangan secara online, alhasil saya belikan kado lain untuk 2 sepupu saya tercinta. Yaitu tas dari online shop tetangga, Blibli. Jadi voucher 100rb nya masih utuh belum saya gunakan. Enaknya beli apa ya? Hihi😉

 

3 Responses to “Membeli Barang Cacat [02]: Jam Tangan”

  1. Arman April 14, 2015 at 10:28 am #

    seneng ya kalo beli di toko yang service nya bagus🙂

  2. Muhammad hanif April 15, 2015 at 12:57 am #

    kak , vouchernya boleh dikasih saya🙂 . thank’s ya

  3. jualanlakubanget April 28, 2015 at 6:58 pm #

    Jagan kapok gan untuk belanja online, tetapi tetap harus waspada

Leave a Reply

