berita kematian

15 Nov

Dalam dua minggu terakhir saya menerima dua berita duka. Meninggalnya seorang dosen di jurusan saya dan meninggalnya ayah dari seorang teman sejurusan. Semoga amal ibadah keduanya diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Amin.

Satu hal yang paling saya takutkan di dunia ini adalah perpisahan, termasuk kematian. Berpisahnya jiwa dengan raga. Berpisahnya hidup kita dengan dunia.

Saya masih ingat saat masih kecil, berita kematian yang sering saya dapatkan adalah kematian dua generasi diatas saya, yaitu kakek nenek saya dan teman-teman. Di mata anak kecil, kakek nenek itu sudah tua sekali dan mungkin memang sudah masanya mereka untuk menghadap Tuhan. Saat nenek saya meninggal, saya bahkan belum mengerti konsep meninggal itu seperti apa.

Belakangan ini, sudah banyak saya mendapat berita kematian atas meninggalnya orangtua dari teman-teman saya. Ibunya teman karena kanker, ayahnya teman karena kecelakaan, dan lainnya. Padahal kalau dikonversikan dengan teori yang saya miliki saat masih kecil dulu, orangtua teman-teman saya itu masih sangat muda dibandingkan usia kakek nenek.

Seperti kata seorang teman, “sudah semakin dekat masanya”. Dekat dengan masa apa? Kematian orangtua sendiri? Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Ya Tuhan, jangan sampai. Saya belum sanggup berpisah dari kedua orangtua saya. Atau semakin dekat dengan masa kematian generasi saya? Ada benarnya juga. Bahkan saya sudah beberapa kali kehilangan untuk selamanya teman-teman seangkatan.

Semoga mereka semua yang sudah mendahului kita diberikan tempat yang lapang di alam sana oleh Tuhan. Amin.

Apakah kamu sudah siap menghadapinya? Saya belum.

46 Responses to “berita kematian”

  1. Roni Maulana November 15, 2010 at 7:28 pm #

    Turut berduka cita….😐

  2. FiiYaa November 15, 2010 at 9:10 pm #

    *merinding*

    gw sama sahabat-sahabat gw kalo lagi ngobrol, trus tiba2 suka sampe di pembicaraan soal ini. Rasanya belum siap kehilangan siapa2, apalagi ketika belum memberi apa2.😦

  3. arman November 16, 2010 at 1:20 am #

    iya kematian itu emang paling nyeremin ya….

    btw ikut berduka cita ya….

  4. febriy November 16, 2010 at 2:54 am #

    semoga amal ibadah mereka diterima di sisiNya……
    manusia emang ga bakal bisa lari dari kematian, jadi ngeri kalo ngomongin perpisahan2 itu……. tapi ya emang siklus kehidupan gitu, hmmmm…….

  5. Kojack November 16, 2010 at 3:32 am #

    bukan masalah kesiapan. mau di siapin seperti apa juga kita ga akan siap. Tapi saat waktunya tiba, kita dipaksa untuk siap

  6. kangmas ian November 16, 2010 at 3:42 pm #

    Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun
    semua datangnya dari Alloh dan akan kembali kepada Alloh..turut berduka cita aja🙂

  7. romeogadungan November 16, 2010 at 4:04 pm #

    turut berduka cita..

  8. mylitleusagi November 16, 2010 at 5:34 pm #

    dan kita harus menyiapkan diri kita,,
    karena kedatangannya itu pasti,,
    dia bisa datang kapan aja,,
    tanpa kita minta,,
    dan tanpa kita sadari,,

    turut berduka cita ya nad

  9. adizone23 November 16, 2010 at 6:42 pm #

    turut berduka cita

    “kematian” mungkin hal yang paling dekat dengan kita
    siap tidak siap kita harus menghadapinya.

  10. lozz akbar November 17, 2010 at 12:03 am #

    yah semoga saja kelak kita dipanggil dalam keadaan baik..

    semoga juga tulisan-tulisan di blog kita bisa menjadi salah satu tiket kita menuju sorga..

    Amiennn

  11. kaitlin November 17, 2010 at 2:49 am #

    sweet

  12. Razi November 17, 2010 at 1:10 pm #

    yap, tidak akan pernah siap. jadi, berbuat baiklah kepada orang2 agar nanti tidak menyesal ketika kehilangan mereka. atau beramal baiklah agar kita yang siap, ketika nanti waktunya tiba.

    • nadiafriza December 1, 2010 at 9:44 am #

      waahh akhirnya nyasar lagi ke blog gw nih kak😀

      kalo udah siap itu kesannya amalnya udah banyak banget deh.. jadi udah yakin bakal masuk surga dan ga bakal pernah nyicipin neraka

  13. indro November 18, 2010 at 11:46 am #

    kematian itu bagian hidup. Hanya yang merasakan hidup lah yang mampu mati, begitu pula sebaliknya..

  14. Asop November 18, 2010 at 6:58 pm #

    Kematian…. sebuah proses yang akan kita hadapi…
    Saya, jujur aja, pasrah dan (mau gak mau) siap menghadapi kematian. Mau gimana lagi, kalo emang udah ditentukan mati ya mati.🙂

  15. BLOG-SANTAI ♪♫ November 19, 2010 at 8:30 pm #

    cepat atau lambat.. Bagaimanapun jalannya, yang namanya ‘kematian’ pasti menghampiri kita semua🙂

    Moga yg ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan dlam menghadapinya

    Salam kenaL ya😀😎

  16. deadyrizky November 19, 2010 at 10:21 pm #

    saya juga belum. Tapi insyaallah, saya sedang benar” mempersiapkannya. Tapi ya itu, belum 100%

  17. simple-learning November 20, 2010 at 5:19 am #

    please accept my condolence …

  18. volverhank November 20, 2010 at 10:29 pm #

    semoga amal mereka di terima disisi-NYA amin !

  19. soe November 21, 2010 at 3:50 am #

    turut berbela sungkawa

  20. sky November 21, 2010 at 10:26 am #

    well…hal macam itu mau tak mau harus siap dihadapi

  21. makhluklemah November 21, 2010 at 2:01 pm #

    kita semua pasti mati. yang menjadi pilihan, siap atau tidajnya kita,,

  22. orange float November 21, 2010 at 7:29 pm #

    seola-olah kita sedang antri untuk bersiap dipanggil Nya. duh saya belum siap, masih banyak dosa

  23. Yosh November 22, 2010 at 9:03 am #

    Inalillah semoga yang meninggal di terima di sisi sang maha kuasa. Sesuai dengan amal dan perbuatan yang telah di perbuat di Dunia. amin

  24. @helgaindra November 22, 2010 at 9:11 am #

    jujur sih beloom
    dosa gue masih banyak ya Allah

    • nadiafriza December 1, 2010 at 9:47 am #

      blog baru! kenapa pindah dari wordpress deh..?

      biasanya alasan kita belom siap ya emang itu, karena ngerasa masih banyak dosa yang belom diputihin

  25. b43r November 22, 2010 at 6:19 pm #

    turut berduka cita ya nad :((

    • nadiafriza December 1, 2010 at 9:45 am #

      blog baru! kenapa pindah dari wordpress..?

  26. hanyanulis November 22, 2010 at 9:56 pm #

    Turut berdoa agar siapa yang ditinggalkan selalu diiklaskan hatinya dan disabarkan berfikirnya

  27. Mbah Jiwo November 23, 2010 at 1:09 pm #

    berita kematian selalu menakutkan, dan membuat bibir terbata-bata. Apalagi yang membawa beritanya malaikat Izrael, lalu bilang : AYO MULEH…

    Innalillahi.

    Salam hangat dari Malang.

  28. Rossa November 23, 2010 at 9:04 pm #

    semoga amal ibadahnya di terima ya🙂

  29. Tedy November 28, 2010 at 5:36 am #

    smua telah ditakdirkan
    siklus waktu mengajarkan : matahari terbit dan tenggelam

  30. kanvasmaya November 28, 2010 at 4:57 pm #

    bapak udah menghadapnya.. awalnya c gk siap banget.. tp itu semua udah digariskannya.. jadi harus kuat..

    • nadiafriza December 1, 2010 at 9:41 am #

      inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.. moga2 amal ibadah beliau diterima disisi-Nya aamin

  31. febriosw November 29, 2010 at 5:36 pm #

    Insy siap.

  32. volverhank December 1, 2010 at 11:34 am #

    blogwalking yua

  33. Anggie December 1, 2010 at 6:05 pm #

    Turut berduka cita😦
    Datang yang baru, hilang yang lama, dan yang baru wajib menggantikan peranan yang lama, sudah seperti itu..

  34. ichanx December 2, 2010 at 1:58 am #

    dosa gw masih kebanyakan… kalo mati sekarang… errgghhh…😦

  35. Novroz December 3, 2010 at 11:03 pm #

    turut berdukacita dan semoga arwahnya diterima disisi-Nya

  36. Lucky dc December 4, 2010 at 12:59 pm #

    Semoga mereka diterima di sisi-Nya

  37. edda December 4, 2010 at 10:16 pm #

    walo bgitu,,kita semua adalah calon orang mati🙂

  38. maminx December 7, 2010 at 10:14 am #

    Amin..semoga yg teleh mendahului kita disana di berikan tempat yang terbaik..

    hmm siap bln ya? yg pasti siap / tidak hrs siap sih😀 Mudah2an aja khusnul khotimah, amin..

  39. maucokelat December 7, 2010 at 10:02 pm #

    turut berduka dan beroda.

  40. alice in wonderland December 8, 2010 at 7:50 pm #

    mmmm saya juga baru-baru ini mendapati dua kematian kerabat teman-teman saya… apakah saya sudah siap? sama ama kamu Nad, tentu saja belum, saya masih belum “layak” mati karena belum punya apapun untuk ditinggalkan😉

  41. Masbro December 11, 2010 at 10:39 pm #

    Kalau ditanya siap apa nggak, saya Juga belum siap Mbak.
    Mari saling mempersiapkan diri, barangkali itu yg paling biJak..Salam hangat;

  42. Goda-Gado December 14, 2010 at 8:13 pm #

    mari kita siapkan diri kita atas kepastian yg tidak kita ketahi kapan waktunya ini…

    Bismillah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: