Pembakaran Dimana-mana

27 Oct

Tepat seminggu yang lalu, pemerintahan Indonesia kabinet Indonesia Bersatu II genap berusia satu tahun. Tidak, saya tidak akan berbicara politik disini. Seperti yang kita tau, seminggu yang lalu Indonesia mengalami “kerusuhan” dimana-mana akibat aksi kelompok-kelompok yang melakukan demo karena merasa tidak puas dengan pencapaian yang didapat (atau tidak didapat) pemerintahan yang sekarang.

Demo tersebut paling banyak dilakukan mahasiswa, ditandai dengan pembakaran ban bekas dan foto resmi presiden. Ada apa dengan ban bekas? Saya bisa mengerti kalau yang mereka bakar adalah kertas berupa foto resmi presiden, itu menunjukkan kekecewaan mereka pada orang yang fotonya dibakar. Tapi ban bekas? Apakah mahasiswa sekarang kaya-kaya sehingga bisa membeli ban bekas dengan tujuan hanya untuk dibakar?

Jangan lupa bahwa ban, bekas atau masih baru, itu terbuat dari karet. Jika dibakar, hasil pembakaran ban akan menghasilkan asap yang sangat hitam. Satu alasan lain sebagai penyebab terjadinya efek gas rumah kaca. Pembakaran itu sendiri sudah menyebabkan ozon yang dimiliki bumi berlubang, ditambah dengan hasil pembakaran yang tidak baik untuk kesehatan. Kenapa harus semakin merusak bumi?

Tanpa mengurangi rasa hormat pada mahasiswa Universitas Bung Karno yang tertembak di kaki kirinya, kenapa harus bertindak anarkis dengan membakar ban bekas ya teman-teman mahasiswa yang seharusnya pintar dan calon pemimpin bangsa? Tolong buat saya mengerti.

Bentuk lain dari tulisan ini dapat dibaca di Lingkaran Aktivitas.

*

Maaf saya jadi jarang blogwalking. Sejak pindah ke rumah baru, saya jadi jarang internetan, karena disana susah sinyal Three (3unlimited). Cuma dapat sinyal Telkomsel (Telkomflash)! Bahkan sinyal indosat (im2unlimited) pun tidak dapat😦 Saya tidak punya kartu telkomflash, dan untuk membelinya rada… males. Biaya per bulannya mahal dan sedang tidak ada duit juga sih. Maafkan keterlambatan kunjungan balik ya teman2😐 Tapi saya janji pasti bakal kunjungan balik kok🙂

Semua postingan saya dibuat massal dan dipublish dengan sistem schedule.

23 Responses to “Pembakaran Dimana-mana”

  1. gingerbreadandtea October 27, 2010 at 10:00 pm #

    iya, setuju banget.. selain berbahaya untuk alam juga berbahaya buat yang menghirup asapnya..
    dan agak gak setuju juga kalo ada yg sampe ngrusak mobil atau properti umum.. damai aja lahh🙂

    atau kalo gak, mengkritik pemerintahan in a smarter way kayak bikin film, lagu, dll..
    sekalian berkarya dan berprestasi🙂

    nice share, keep writing ya, mg2 dapet sinyal kenceng!! hehe😀

  2. arman October 28, 2010 at 1:29 am #

    emang tuh gak abis pikir… ngapain coba demo2 gitu pake bakar2 segala… emangnya udah diitung plus minusnya? gua rasa malah banyakan minus nya….

  3. Masda October 28, 2010 at 7:46 am #

    dua jempol buat admin yang udah peduli lingkungan😀

  4. junitariany October 28, 2010 at 8:38 am #

    Sad😦

  5. guilin October 28, 2010 at 1:17 pm #

    iya, tuh. nama universitas saya juga disebut-sebut melulu pas pembakaran yang rusuh itu😦 macam-macam mereka

    • Asop October 28, 2010 at 2:50 pm #

      He’eh, aktif mengkritik sih boleh aja, tapi tetep adem ayem dong…😦

    • nadiafriza November 5, 2010 at 8:09 am #

      oh, mbak alin anak ubk ya?🙂

  6. mylitleusagi October 28, 2010 at 3:31 pm #

    bener banget..
    pada akhirnya semua itu gak akan ada artinya.
    bukan nya saya gak pro sama mahasiswa
    tapi coba dech kalian pikir
    orang tua kalian tuch capek2 kerja
    banting tulang
    cari uang
    buat supaya kalian bisa kuliah
    di wisuda cari kerja
    dan hidup mapan..
    tapi kalian..
    malah nyia2in waktu sama demo sana sini
    coba dech pikir perjuangana orang tua kalian..
    pada akhirnya kalian tetap harus masuk dunia kerja…

    sekarang coba survey dari mereka yang hobi demo
    IPK mereka berapa?????
    apa mereka mampu berprestasi di kampusnya???

    ingat gak suatu kutipan yang pernah bilang
    “Sebelum kalian menuntut orang lain berubah, berubahlah untuk diri kalian sendiri, mulai dari yang kecil kemudian hal yang besar.”

    • Asop October 28, 2010 at 5:02 pm #

      Wow… benar..😯

      Berapi-api sekali…🙂

    • maminx October 29, 2010 at 7:45 am #

      likes this..2 thumbs up😀

    • nadiafriza November 5, 2010 at 8:10 am #

      waduh mbak put nih.. Mentang2 pinter mainannya bawa2 ipk deh😉

      • Asop November 5, 2010 at 2:16 pm #

        IPK? Ngeriiii..😆

  7. adizone23 October 28, 2010 at 5:27 pm #

    Peace…
    Damai…

    demo gak pake anarki kan lebih tenang dan aman , kasian juga kan para warga disekitar lokasi demo banyak yang mengungsi akibat dampak demo yang anarkis
    apalagi pake bakar ban segala bikin sesak nafas aja.

  8. maminx October 29, 2010 at 7:40 am #

    Wah iya tuh bakar ban kan udah mah asap nya hitam pekat bau, ngerusak bumi yang ada juga. Miris juga ya.

    pake smart aja nad, bagus ko sinyalnya dan mayan kenceng – apalagi kalau pagi-pagi😛

    • nadiafriza November 5, 2010 at 8:13 am #

      semoga niatnya emang bukan buat ngerusak bumi deh😦

      smart itu cdma ya? Umm ga percaya deh :l

  9. sky October 29, 2010 at 7:40 pm #

    karena ban bekas yg paling bnk ngasilin asap/….😀

    makin banyak asap…makin ricuh…makin seru demonya

  10. Nur Ali Muchtar October 30, 2010 at 8:10 am #

    mungkin ada juga orang-orang yang menyelinap di antara barisan2 mahasiswa itu dengan tujuan untuk membuat rusuh.
    btw, ada usul untuk pengganti ban yg bs dibakar?

    • nadiafriza November 5, 2010 at 10:55 am #

      demo yang disusupi juga mungkin sih..
      Tapi, mahasiswa atau bukan, ga perlu bakar2an kan?

  11. kangmas ian November 4, 2010 at 7:58 am #

    oh begitu yaa..selamat menempati rumah baru..untuk para mahasiswa..no comment lah..dah gede ini harunya mereka ngerti😀

    • Masbro November 7, 2010 at 8:28 am #

      Hehehe..ngikut Kang Ian aja deh. Mahasiswa kan udah gedhe. Harusnya ngerti mana yg ramah lingkungan mana yang nggak..

  12. hellgalicious November 10, 2010 at 11:43 am #

    mahasiswa Indonesia ko ga berubah sih

    tetep aja suka demo dan anarkis ckck

  13. Fiyaa November 20, 2010 at 3:05 pm #

    paling males kalo ngeliat aksi-aksi anarkis macam ini
    merusaaak bener deh

Trackbacks/Pingbacks

  1. Observasi: Pembakaran Dimana-mana « Lingkaran Aktivitas - December 17, 2010

    […] Ditulis ulang dengan sedikit perubahan dari The Devil’s Advocate. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: