[review] Buku: Gratis! Keliling Indonesia

18 Oct

Buku ini berjudul lengkap “Gratis! Keliling Indonesia & Belajar di Luar Negeri Karena Blog”, karangan NonaDita. Pertama kali terbit Agustus 2010 dan kebetulan saya sudah membaca bukunya karena kejadian ini. Sebenarnya saya sudah mengomentari buku ini disini secara singkat. Tapi berhubung ada permintaan, baiklah saya akan mencoba mereview lebih jauh buku mengenai pengalaman Nona Dita di dunia per-blogging-an *minta ditimpuk massa :p*.

Siapa sih Nona Dita?

Beneran deh, saya juga tidak tau *ampun mbaak :p*. Tapi setelah membaca buku berjudul menggiurkan tersebut, saya baru ngeh. Ternyata oh ternyata, Nona Dita itu blogger yang bersama Bang Enda Nasution berkesempatan untuk, sebut saja, jalan-jalan ke Amerika Serikat bulan Juli tahun ini. Kepingin juga? Banget! Nah, makanya coba cari tau jurus sukses Nona Dita dibuku yang ditulisnya tersebut😉

Pada awalnya, saya sangsi dapat menikmati untuk membaca buku ini. Bukan apa-apa, saya paling malas kalau membaca buku yang berisi langkah-langkah dan sejuta suruhan lainnya. Lebih enak membaca buku Don’t Sweat The Small Stuffs daripada How to be Happy kan🙂

Tapi ternyata, tidak ada sama sekali langkah-langkah perintah tersebut. Pada buku ini, Nona Dita benar-benar menceritakan bagaimana perserpsi beliau mengenai blog, keuntungan nge-blog, dan pengalaman serta kisah sukses Nona Dita di dunia per-blogging-an. Sharing ilmu tanpa maksud menggurui. Diceritakan dalam bahasa ringan yang enak dibaca dan enak juga dihati hehe.

Buku ini mungkin terkesan untuk pemula, terutama yang benar-benar baru dalam dunia per-blogging-an. Tapi percaya deh, bahkan saya yang sudah mulai nge-blog sejak Oktober 2007 dan mulai rajin ngeblog sejak Februari tahun ini saja masih tertampar dan mau tidak mau mengakui kalau ternyata saya pun ternyata masih pemula di dunia. Bukan apa-apa, soalnya prestasi Nona Dita sudah kaliber di dunia per-blogging-an. Sementara saya nol besar :p

Pesan yang dapat diambil dari buku ini adalah bagaimana kita harus mencoba untuk menjadi netizen yang bukan dan tidak menghasilkan sampah dunia maya, melainkan menulis hal yang berguna bagi orang lain, sekaligus berprestasi. A truly inspiring one!

PS: to read  my late book review, click here

28 Responses to “[review] Buku: Gratis! Keliling Indonesia”

  1. Kojack October 18, 2010 at 9:14 pm #

    wow, that’s must be a nice book. I want to get one when I back to indonesia.🙂

  2. maucokelat October 18, 2010 at 11:06 pm #

    pengen… bukunya dan jalan2nya…

  3. maucokelat October 18, 2010 at 11:06 pm #

    mau… bukunya dan jalan2nya…

  4. ario saja October 18, 2010 at 11:28 pm #

    wah enak dengan blog bisa ke luar negeri

  5. Masbro October 19, 2010 at 3:22 am #

    Benar benar tertarik sama bukunya nih..

  6. maminx October 19, 2010 at 5:52 am #

    Eh maksud quote ini “Nona Dita itu blogger yang bersama Bang Enda Nasution”? Bukannya nonadita tuh nama aslinya Anandita Puspitasari ya? Dia kan terkenal di dunia blog. Peraih Microsoft Bloggership pertama kalinya tahun 2009 gitu. Mantep emang dua nona ini, nonadita dan nona nadia, hihihi😀 Moga2 tar nadia jg bisa jalan-jalan gratis karena nge-blog ya, amin…

    Ditunggu tulisan lainnya ah, hatur nuhun.

    • Fahmi October 24, 2010 at 10:23 pm #

      mungkin maksudnya keliling amrik nya bersama bang enda nasutiom…

  7. Kojack October 19, 2010 at 9:41 am #

    btw, give me more detail about this book please?

    • nadiafriza October 22, 2010 at 4:55 pm #

      not here okay😀 im afraid to spoil the book too much, no?

  8. Bibi Titi Teliti October 19, 2010 at 10:37 am #

    pengeeeeeeeen…

    pengen bukunya…
    pengen jadi jagoan nge blog nya juga…

  9. hellgalicious October 19, 2010 at 10:44 am #

    saya belom pernah baca bukunya
    tapi kalo blognya udah pernah
    hehe

  10. adizone23 October 19, 2010 at 2:04 pm #

    bisa keliling dunia karena ngeblog…
    pengennn banget…

    beli bukunya deh

    Nice Share

  11. kangmas ian October 19, 2010 at 2:38 pm #

    nona dita kan salah satu warga blogor ( blogger bogor ) wah keren deeeehhh🙂

  12. volver October 19, 2010 at 3:40 pm #

    sama kaya si helga, pernah liat blognya aja sih aku hehe

  13. Lucky dc October 19, 2010 at 9:11 pm #

    Keren banget reviewnya nad🙂

  14. 'Ne October 19, 2010 at 11:42 pm #

    wah keren banget tuh dari ngeblog bisa menghasilkan sesuatu yg positif, saya malah belom apa2..

  15. Mbah Jiwo October 20, 2010 at 3:55 am #

    love it!! mbah jiwo banget nih…beli ah…

  16. Arif Riyanto October 20, 2010 at 1:22 pm #

    kemarin jalan-jalan ke Gramedia lihat tuh buku, tapi ga aku beli soalnya cuma pas buat beli buku yg lain.

  17. desty October 21, 2010 at 6:01 am #

    udah beli, tapi belum sempat baca.
    kalo bukunya ndorokakung yang Nge-blog dengan hati udah baca?

  18. Goda-Gado October 21, 2010 at 8:56 pm #

    bukan tdk ingin menghargai org lain…
    cuman apa iya, blogger hny ingin termotivasi untuk liburan?
    atau kepentingan finansial?

    Bukankah Blogger is for sharing.
    mengenai efek dr sharing, ya itu rezeki masing-masing saja.

    *so simple sih klo aku..😀

    • Novroz October 23, 2010 at 7:46 am #

      Gado-gado…kita 1 pikiran🙂
      Gw juga ngeblog karena gw suka nulis ini itu…tiba2 ada yg baca dah bikin seneng, eh ada yg senang hati mengkomen bikin tambah seneng. Bisa dapat tambahan finansial dan liburan memang enak bgt tapi kalo bikin blog atas alasan itu kok kyknya jd ga fun ya. Yg penting dalam ngeblog, buat gw, adalah kesenangan menulis.

      Hehehe simple amat ya pemikirannya ;p

      Tapi…buku ini kayaknya oke juga untuk dibaca, gw jarang baca buku Indonesia soalnya, jd seneng kalo baca review soal buku yg menarik n ga ttg cinta2an. Makasih Nadia dah membagi review, ntar coba di cari deh (kalo tumpukan buku dah minimal berkurang 1/2)

  19. Miftahgeek October 21, 2010 at 9:18 pm #

    Masih nyari neh buku, belom ke Gramedia lagi xp

    padahal ketemu ma penulisnya tiap kopdar xp

  20. gingerbreadandtea October 23, 2010 at 10:37 am #

    akhirnya saya udah beli dan baca bukunya lhoh ^^
    gara2 kmu bilang bagus! ahaha, thanks!
    *dan akhirnya saya ga dapet tiket ke jakarta buat pesta blogger..ehehe😀

  21. Fahmi October 24, 2010 at 10:25 pm #

    wew,, keren banget… saya juga pengen bisa jalan2 keliling indonesia

  22. fikri8 October 31, 2010 at 9:45 pm #

    mantab nih bs jlan2 k luar negri… jdi pngen bca bkunya…😀 slam knal ya…

  23. winnymarch January 24, 2013 at 6:08 pm #

    salam kenal, Backpacker Indonesia!

    wah ane juga udah lama ngeblog gan dan berkat blog juga sekarang ane bisa ke Malaysia Gratis.
    Nanti saya update tulisan saya mengenai Malaysia, MOhon DUkungannya Gan.

    Follow Blog Saya Juga Ya!!!🙂

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention [review] Gratis! Keliling Indonesia « THE DEVIL'S ADVOCATE -- Topsy.com - October 19, 2010

    […] This post was mentioned on Twitter by Anandita Puspitasari, Nadia Fadhilah Riza. Nadia Fadhilah Riza said: (tagged: @nonadita) | mencoba [review] Gratis! Keliling Indonesia: http://wp.me/pNQoD-zB […]

  2. nonadita » Gratis! Keliling Indonesia & Belajar di LN karena Blog – Nonadita - February 25, 2011

    […] Gratis! Keliling Indonesia – Nadia Friza […]

Leave a Reply

