[review] Book: The Naked Traveler 1 & 2

11 Oct

Berhubung banyaknya permintaan pada postingan ini, maka saya pun memberanikan diri mereview buku The Naked Traveler (TNT) 1 & 2 karya Trinity yang sudah saya baca. Bagi yang menunggu review buku 1 lagi, saya ucapkan terimakasih atas kesabarannya *minta ditimpuk :p*.

Harap diingat bahwa saya membaca buku TNT1&2 out of the blue. Tiba-tiba iseng jalan ke toko buku, tiba-tiba iseng membeli buku, tiba-tiba iseng meraih bukunya mbak Trinity, dan tiba-tiba iseng langsung membeli kedua bukunya sekaligus. Saya yang pecinta komik ini memang suka geregetan kalau komik itu terbitnya satu-satu, jadi wajar saja kalau saya langsung membeli buku mbak Trinity 2 buah. Sudah percaya bakal bagus, sudah percaya bakal suka. Padahal saya sama sekali tidak mengikuti blog ataupun twitter beliau. Hihi.

The Naked Traveler 1 menceritakan pengalaman bertahun-tahun traveling mbak Trinity ke tempat-tempat wisata yang pernah dijelajahinya. Pengalaman tersebut diceritakan dalam setiap bab, yang termasuk dalam beberapa subjudul. Seperti pengalaman traveling yang berhubungan dengan passport, airport, dan alat transportasi. Jadi tidak melulu menceritakan mengenai objek-objek wisata itu sendiri. Membahas traveling dari sudut pandang lain, mungkin lebih tepat disebut sharing pengalaman. Pastinya bakal berbeda kalau yang biasa kita baca Lonely Planet atau National Geographic.

The Naked Traveler 2 masih tetap menceritakan pengalaman traveling mbak Trinity dengan objek wisata yang berbeda dari TNT1. Penceritaan yang lebih mendetail menurut saya, karena termasuk pengalaman keseharian mbak Trinity S2 di negeri orang, Filipina. Kalau di TNT1 hanya menceritakan pengalaman keseluruhan. Bedanya lagi, kalau TNT1 banyak menceritakan pengalaman backpacking mostly sendirian mbak Trinity, TNT2 menceritakan pengalaman traveling yang beberapa belas tahun kedepan, dimana mbak Trinity sering bepergian dengan teman-temannya.

Sayangnya, 2 bab awal pada TNT2 sama persis tok tok tidak ada beda titik komanya dengan tulisan pada TNT1. Awalnya saya cukup kecewa saat membacanya. Tapi, saat saya jadi rajin hunting tulisan mbak Trinity di blognya (read: membaca postingan-postingan lama), saya jadi mengetahui bahwa 2 bab yang diceritakan dua kali tersebut, ternyata memang bab asli pada TNT2, yang terpaksa di-copy ke TNT1 secara mendadak karena ada tulisan di TNT1 yang dibredel, alias tidak diizinkan untuk terbit, hanya beberapa saat sebelum TNT1 dirilis. Selidik punya selidik, postingan tersebut ada hubungannya dengan va-jey-jey dan Tiger Show di Thailand😉

Berkat membaca TNT1&2 juga saya benar-benar ingin bisa mewujudkan mimpi saya untuk jalan-jalan, terutama backpacking, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Berkat kedua buku ini juga, saya jadi sering jalan-jalan di Bandung, tanpa arah, tanpa tujuan, tanpa teman, benar-benar impulsif, sambil membawa kamera digital untuk menghilangkan stress (baca disini) . Sebagai latihan awal kalau nanti saya benar-benar menjadi independent traveler. Harus berani jalan sendirian di tempat asing. Dan harus muka badak juga tiba-tiba jepret sana jepret sini di tengah kerumunan orang *sebenarnya intinya sih kalimat terakhir ini haha*.

Gaya penulisan mbak Trinity pada TNT1&2 overall tidak jauh dengan gaya penulisan beliau pada tulisan-tulisan di blognya, sharing pengalaman dari sudut pandang mbak Trinity. Oleh karena itu saya sangat penasaran untuk membaca novel mbak Trinity Tersesat di Byzantium, karena tokoh utamanya sudah bukan mbak Trinity lagi melainkan Duo Hippo Dinamis. Siapakah mereka? Mari kita mulai membacanya!

PS: to read my late book review, click here

36 Responses to “[review] Book: The Naked Traveler 1 & 2”

  1. Trinity October 11, 2010 at 9:53 pm #

    Wow, nice review! Thanks.

    • nadiafriza October 11, 2010 at 10:06 pm #

      *joget joget joget joget joget joget joget joget joget joget joget joget joget*

  2. adizone23 October 11, 2010 at 10:54 pm #

    setelah baca review mbak nadia, saya jadi penasaran sama bukunya…
    berapa harga bukunya ? (sambil lihat2 isi dompet)..hehe

    btw, selamat ya.. yang comment pertama si empunya buku TNT mbak Trinity

  3. ~jayaros October 12, 2010 at 1:40 am #

    Nadia … saya juga iseng-iseng buka blogmu …
    ternyata menarik sangat postingannya kali ini …
    tapi saya gak akan beli buku itu – cukuplah tulisanmu yg mewakilinya …😛

  4. arman October 12, 2010 at 3:57 am #

    belum baca bukunya, tapi gua suka baca blog nya!
    emang trinity pinter cerita ya. cerita2 travellingnya itu gak kayak cerita biasa, selalu unik dan seru.🙂

    • nadiafriza October 12, 2010 at 9:54 am #

      hehe karena ga nyampe kesana ya mas arman?😀

      yak bener banget, pengalamannya Trinity selalu unik ntah kenapa

  5. Kojack October 12, 2010 at 5:16 am #

    jadi malu kalau sudah di negeri antah berantah gini tapi ga travelling juga….

    • nadiafriza October 13, 2010 at 7:07 pm #

      bener banget kak. lo utang banyak foto dan cerita budaya disana sama orang2 yang lo sisihin hehe :p

  6. Lucky dc October 12, 2010 at 5:43 am #

    Wah terinspirasi jadi traveler ya setelah membaca buku-buku Trinity?
    Bener klo mau jepret sana jepret sini harus bermuka badak tuh heheh:mrgreen:

  7. Rau October 12, 2010 at 7:14 am #

    wah, jago review nih..
    enak dibaca sih

  8. julicavero October 12, 2010 at 9:03 am #

    bukunya keknya bagus ya..

  9. yayan October 12, 2010 at 11:02 am #

    ah ini yang semalam ya,, saya belum baca yang dua,, sama yang apa itu satu yang kamu sebutin di twit,, hehehe

  10. Debby October 12, 2010 at 11:58 am #

    pinjem bole ndak bukunya?
    wkwkwkkw

    • nadiafriza October 13, 2010 at 7:08 pm #

      boleh kok mbak Deb.. ayo sini ke bandung jemput ke rumah saya hehe :p

  11. orange float October 12, 2010 at 12:14 pm #

    sudah seringkali dengar buku ini tapi belum pernah baca. thx review nya🙂

  12. advertiyha October 12, 2010 at 1:58 pm #

    Siap-siap backpack bawa bekel secukupnya. persiapan fisik, mental dan material yang cukup langsung meluncurrrrrrrrrrrr….

    ke toko buku, cari2 buku mbak Trinity, hihihi….

    thanks review nya Nad

  13. maminx October 12, 2010 at 2:21 pm #

    Hihi reviewnya bagus nih, klo sering sering nge review gitu tar bisa dapet buku gratisan donk dari mba trinity nya, hehe..jadi pengen travelling juga😀

    • nadiafriza October 14, 2010 at 10:46 am #

      wah saya belom pernah denger tuh Minx😀 aamin aja deh hehe

  14. mylitleusagi October 12, 2010 at 2:52 pm #

    aku blum pernah baca bukunya..
    tapi ikut penasaran juga…
    bener banget…
    jadilah backpacker sejati..
    mumpung kamu masih kuliah..
    masih bebas..
    nanti kalau udah kerja..
    susah..buat main..main..😀

  15. Asop October 12, 2010 at 3:43 pm #

    Eh eh, travelling di penjuru Indonesia aja yuk, masih banyak tempat2 eksotis nan indah di dalam negeri…:mrgreen:

    • nadiafriza October 13, 2010 at 7:09 pm #

      errr lo ngajakin gw Sop? :))

      setuju🙂 Indonesia aja belom kejelajahi :p

  16. Rossa October 12, 2010 at 3:45 pm #

    tiap ke toko buku pasti liat buku itu. tapi ampe skrg blm ke-beli2 juga. pinjemin saya dong mbak :p

    • nadiafriza October 13, 2010 at 7:11 pm #

      pinjemin dari toko bukunya? wah.. kalo di toko buku mesti beli setau saya, kalo taman bacaan baru deh itu boleh minjem😉

  17. Deden Hf October 12, 2010 at 4:45 pm #

    review yang mantap, nad. sumpah, gw jadi pengen beli bukunya. smoga stoknya masih bnyak di gramed merdeka.🙂

  18. Acacicu October 12, 2010 at 7:40 pm #

    Pertama ngerti The Naked Traveller pas dulu sempat di bahas di sebuah majalah. Mbak Trinity emang TOP, kisah2nya inspiratif;

  19. intan October 12, 2010 at 8:26 pm #

    wa makasi y mbak, ini saya dari dulu emang nyari blognya. baru ketemu disini. uhuy, makasi..

  20. TUKANG CoLoNG October 12, 2010 at 9:11 pm #

    berawal dari iseng ya…:D

  21. achoey October 13, 2010 at 8:41 am #

    wah, kapan ya saya bisa bikin novel sekeren itu😀

  22. guilin October 13, 2010 at 4:18 pm #

    aku baru baca yang nomor satu😀 ah, itupun kubaca sewaktu lagi di gramed. Haa..ha..ha.. asiknya, yang nomor dua aku belum baca D:

  23. Fahmi October 13, 2010 at 6:21 pm #

    saya udah baca buku nya yg ke 1.. emang enak buat dibaca…
    jadi mau minjem buku yg edisi ke 2

    • nadiafriza October 13, 2010 at 7:12 pm #

      pinjem ke temen kamu? ato ke saya? hihi

      • Fahmi October 14, 2010 at 12:47 pm #

        pinjem ke perpus.. hehe…

  24. Mbah Jiwo October 14, 2010 at 6:01 am #

    mbah sudah punya bukunya, dan sudah baca dua2nya he he he

  25. hellgalicious October 14, 2010 at 2:27 pm #

    saya belom pernah baca buku ini
    padahal sering ngeliat di toko buku dan internet
    hehehe

  26. KutuBacaBuku October 14, 2010 at 6:45 pm #

    Kutu suka Trinity karena kekocakannya …😀

    mulai dari cerita tour melototin pohon pisang, sampe ke satu2nya stasiun tv di palau yang dubber nya nggak ganti2, hihihi

  27. Novroz October 14, 2010 at 10:40 pm #

    Gw suka buku ini…kocak abis!!! Baru baca 2-2nya tahun ini…dan 2-2nya boleh minjem hehe.

    Trinity adalah penulis Indonesia kedua yg gw baca setelah Andrea Hirata. Hehehe maaf ya, kalo soal buku gw sgt tidak nasionalis ;p

Leave a Reply

