Makan Kwetiau Pakai Tangan

4 Oct

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Writing Contest Pesta Blogger 2010. Jika kamu ingin mendaftar, silahkan klik disini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pesta Blogger 2010, klik disini.

Pernah nggak kamu makan sate yang disajikan secara tradisional dengan menggunakan piring rotan beralaskan daun pisang? Saya pernah, saat pergi ke Padang beberapa tahun yang lalu. Uniknya, tidak disediakan sendok saat sate dihidangkan. Pengunjung makan kuah sate dengan menggunakan daun pisang yang disobek dari alas sate itu. Percaya deh, enak banget rasanya🙂

Nikmatnya hidup di Indonesia termasuk keanekaragaman kuliner termasuk cara menikmati makanan-makanan tersebut. Dimana lagi bisa kita temukan cemilan (baca: gorengan) yang disajikan dalam kantong yang terbuat dari kertas koran.. bahkan kertas reuse? Atau hanya dibungkus dengan daun pisang? Bahkan lebih hebatnya lagi, disajikan dengan menggunakan tusuk lidi dan dimakan begitu saja tanpa menggunakan piring? Berterimakasihlah pada abang penjual di gerobak kaki lima.

Sumber Gambar: 1 2 3 4 (dengan perubahan)

Jangan kaget jika saat makan bersama teman-teman, ada yang refleks mencari westafel untuk cuci tangan dan makan hanya dengan menggunakan tangan, tanpa sendok. Apalagi kalau ternyata tempat makan yang disinggahi adalah rumah makan minang atau rumah makan sunda. Wilujeng sumping :) Tidak jarang diantara kita yang menyantap makanan dengan menggunakan sendok saja, tanpa garpu. Justru menjadi kagok saat harus makan dengan table manner yang benar, seperti pada jamuan makan resmi. Yang seperti itupun dapat kita temukan di Indonesia.

Banyak diantara orang Indonesia yang fasih menggunakan sumpit, apalagi bagi pecinta masakan khas Asia Timur. Kebiasaan cara makan kadangkala tidak tergantung dari suku mana kita berasal, melainkan jenis makanan apa yang kita makan. Orang minang, orang sunda, kalau makan kwetiau ya pakai sumpit (setidaknya pakai sendok garpu), tidak mungkin pakai tangan saja kan? Atau orang Indonesia keturunan China yang makan spaghetti ya pakai garpu, tidak pernah saya temukan ada yang keukeuh menggunakan sumpit.

Berbeda itu indah. Pernah saya menyantap kentang goreng (french fries – Eng) di restoran cepat saji bersama seorang teman. Saya makan pakai tangan, lebih afdhol untuk mencocol-cocol sambalnya. Teman saya makan pakai garpu. Tidak ada yang protes, makan jalan terus. Asalkan kita bisa bersikap sesuai tempatnya dan menghargai perbedaan yang ada. Jangan sampai kita makan di warteg pinggir jalan, eh bersikeras menggunakan sendok garpu yang lengkap, dilap dengan tisu terlebih dahulu pula😀

59 Responses to “Makan Kwetiau Pakai Tangan”

  1. arman October 5, 2010 at 1:08 am #

    belum lagi kalo makan ama orang bule.. makan nasi juga pake garpu. hahaha

    • Usup Supriyadi October 5, 2010 at 12:56 pm #

      masa? kalau nggak salah di china/jepang/korea/ makan nasi pake sumpit kan?

      sebuah pemahaman perbedaan dari sudut pandang yang lain nih. keren, nad….

  2. Acacicu October 5, 2010 at 1:24 am #

    Nah ini nih, salah satu ciri khas saya.. makan pake tangan. Alasannya (dapet argumen ini dari teman). Yang pertama, saya sendiri yang mencuci tangan, jadi saya tahu tingkat kebersihannya. Kedua, gratis, gak usah repot2 beli sendok garpu atau sumpit. Yang terakhir, karena tangan saya nggak pernah jatuh ke comberan, haha;
    Emang bener, seringkali berbeda itu indah, setujuuuu…Lumayan bisa jadi pembenaran,,hihi;

  3. Zen October 5, 2010 at 2:56 am #

    “Pernah nggak kamu makan sate yang disajikan secara tradisional dengan menggunakan piring rotan beralaskan daun pisang?”
    *jawabnya, beluum. kalau makan sate jamur udah pernah🙂 uenak tenan lho..

    alhamdulillah sy udah ikut writing contest mbak.
    semoga mbak nadia dapet juara ya.. ^^

  4. s October 5, 2010 at 4:42 am #

    bagaimanapun caranya makan…yg ptg kenyang…

    kadang bersyukur juga mmg…bs tgl di Ina…py banyak cara utk makan…tdk selamanya mesti pake sendok….

    mgnkn nanti ada kabar, org ina yg makan pakai pacul dan sekop

  5. miwwa October 5, 2010 at 5:19 am #

    sbg orang Indonesia asli, kurang afdol rasanya kalo makan ga pake tangan hehe.. tapi ga mungkin kan makan bakso pake tangan juga? tergantung apa yg dimakan hihi..

  6. aldy October 5, 2010 at 5:35 am #

    Orang kita (indonesia) sering mengubah sendiri tehnik makan standar, maksudnya menyesuaikan dengan kondisi setempat. Untung saja belum ada yang nekad makan bakso dengan tangan😀

  7. Kojack October 5, 2010 at 5:43 am #

    ikutan lomba lagi nad?
    mantep dah…

    ngomentarin dikit :
    orang amerika juga makan pake tangan, coba bayangin makan burger pake sumpit.

    • nadiafriza October 5, 2010 at 10:58 am #

      emang ada lomba yang mana lagi kak? terakhir kali udah lama deh kayaknya :p yang kuisnya mas arman bukan ya..?

      • Kojack October 5, 2010 at 12:15 pm #

        lha itu ikutan lomba pesta blogger 2010

        • nadiafriza October 5, 2010 at 1:20 pm #

          yaa kan jarang2 :p

      • TUKANG CoLoNG October 5, 2010 at 2:49 pm #

        oia kalo mau ke Bali, kabar-kabari aja ya..:)

  8. ●●●ЄЯШЇЙ●●● October 5, 2010 at 6:05 am #

    ikutan kontes ya..

    Semoga menang !😀

  9. AMYunus October 5, 2010 at 6:10 am #

    Saya kemarin makan kwetiauw rebus. biasanya sih kwetiauw goreng, menurutku lebih enak kwetiauw goreng. hehehe😀

  10. maminx October 5, 2010 at 6:38 am #

    Salam kenal. Wah mantep bahasannya nih, klo ada vote sih saya vote artikel ini, hehe..moga dapet yang terbaik di kontes nya, amin..

  11. Deden Hf October 5, 2010 at 6:57 am #

    Wiih, mantep nad!🙂 semoga menang.
    kalau ada sambal plus lalapannya, garpu dan sendok itu akan saya tanggalkan. jujur, saya paling kurang ahli nggunain sumpit, suka cape sendiri.😀

  12. Miftahgeek October 5, 2010 at 7:01 am #

    super-like-this! Bahkan kalo masih bisa pake tangan, saya lebih suka pake tangan mba daripada mesti pake yang laen2 xp

  13. Elrica October 5, 2010 at 7:15 am #

    Semua pada bilang makan pake tangan itu enak dan rasanya beda, tapi sampe hr ini aku blom bisa ngerasain dimana bedanya nad..gmn sih caranya enjoy makan pake tangan itu?

    • nadiafriza October 5, 2010 at 11:01 am #

      mungkin perlu dicoba seminggu makan pake tangan mbak ric biar tau gimana enjoynya..? hihi🙂

      btw saya udah jarang makan tangan juga sebenernya, karena kuku2ku :p

  14. Nur Ali Muchtar October 5, 2010 at 7:51 am #

    wahhhh, mantep nad. saya kasih koment biar terkesan lebih rame.
    btw, saya selalu makan kwetiau dan makanan-makanan yang laen menggunakan tangan. susah makan tanpa tangan. yah..

    • nadiafriza October 5, 2010 at 11:02 am #

      umm maksudnya kan tangan kosong atau dengan alat al.. masa iya disuapin robot :p

  15. achoey October 5, 2010 at 8:10 am #

    hehe. yayaya🙂

    Di Mie Janda banyak orang yang tidak menggunakan sumpit saat makan kwietiaw, tapi mereka pakai sendok dan garpu🙂

  16. adizone23 October 5, 2010 at 8:13 am #

    waduhhhh….
    kenapa saya baru tau ada tempat makan sate di Padang yang seperti gitu, padahal udah 5 tau di Padang.
    How poor I am…hehe

    Oh ya, Tradisi Orang Minang kalo makan biasanya pakai tangan, oleh karena itu selalu disediakan air cuci tangan diantara makanan-makanan yang dihidangka…

    Moga menang ya, Mbak Nadia

  17. Asop October 5, 2010 at 9:14 am #

    Wah, gue pikir lo mau cerita tentang pengalaman makan kwetiau tanpa sendok garpu beneran.😆 Lucu ya, kalo ada…😀

    • nadiafriza October 5, 2010 at 11:02 am #

      wah Sop gw ga se-freak itu kok.. sumpah deh :p

  18. dhila13 October 5, 2010 at 9:17 am #

    lho.. klo makan itu bukannya memang pake tangan? hihihi

  19. Debby October 5, 2010 at 9:52 am #

    lebih nikmat sih kalo makan pake tangan langsung ^^

  20. uphiet October 5, 2010 at 10:46 am #

    juaranya emang makan langsung pake tangan :p
    Semoga menang ya…

  21. ChugyGOGOG October 5, 2010 at 10:53 am #

    Hahahaaaaa…bisa sajah ni so bOZ….!!!!
    apapun makanannya…dimanapun tempatnya,,,,yang penting makannya jangan pake kaki … heheheheh.

  22. Bali Property October 5, 2010 at 10:59 am #

    wah kalo saya agak kesulitan pake sumpit, saya lebih pilih pake garpu.
    hehe iya benar, yang penting bisa menyesuaikan keadaannya aja!
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

  23. yayan October 5, 2010 at 11:01 am #

    hmm ikutan writting kontes juga yak.. sama.. kita toss dulu.. hehe

    • skydancer050 October 5, 2010 at 12:47 pm #

      I still wish I could read your language but I got my old blog suspended by the people I was in conflict with so I created a new one.

      I appealed the decision so maybe I’ll get the old one back but, maybe not. I guess there’s nothing I can do to earn forgiveness. *sigh*

      • nadiafriza October 5, 2010 at 1:30 pm #

        yeah, im sorry this article is written in Indonesian. i wrote it for a writing contest, so i had to. really sorry for the inconvenience.

        they reported your blog as spam? really sorry to know that😐 btw you could always drop me an email if you need someone to talk to. cheers!

  24. hellgalicious October 5, 2010 at 1:21 pm #

    lebih maknyus makan lalapan ayam make tangan daripada make sendok garpu
    hehe

  25. sibair October 5, 2010 at 2:18 pm #

    ehh gak abis pikir deh makan mie pake tangan ? haha seru juga kayaknya ya… klo makan penyetan pake tangan si enak.. kapan nyoba ahhh

    btw makasih udah follow tumblr saya ya🙂
    Selamat tersesat…

    • nadiafriza October 5, 2010 at 2:43 pm #

      ahahahaa :)) udah ngecek tumblr aja.. rajin2 update yaa :p

  26. TUKANG CoLoNG October 5, 2010 at 2:33 pm #

    yah keduluan dia ikutan kontes..
    aku ikutan juga ah. biar keberagaman kita makin marak!

    • nadiafriza October 5, 2010 at 2:41 pm #

      lucu banget lo Svk :)) seolah2 kita bersaing di IKUTAN kontesnya, bukan gimana tulisan kitanya hehe..

      ayo ikutan🙂 cant wait to read yours..

  27. orange float October 5, 2010 at 2:36 pm #

    gimana pun cara makannya selagi itu masih nyaman di kita, ya nikmati saja🙂

  28. omiyan October 5, 2010 at 4:26 pm #

    hahahahahah saya setuju bagaimanapun makan dengan tangan lebih terasa nikmat dan Indonesia banget dah

    salam

  29. gingerbreadandtea October 5, 2010 at 4:51 pm #

    wahh,, mantep2 tulisannya ^^
    moga2 menang ya !! ^^

    “Asalkan kita bisa bersikap sesuai tempatnya dan menghargai perbedaan yang ada. Jangan sampai kita makan di warteg pinggir jalan, eh bersikeras menggunakan sendok garpu yang lengkap, dilap dengan tisu terlebih dahulu pula ” –> setuja!!

  30. bundadontworry October 5, 2010 at 6:00 pm #

    walaupun kita telah tau tata cara makan berbagai macam hidangan,
    namun, tetaplah makan dgn pakai tangan langsung yg terasa paling nikmat ya Nad.

    Selamat ya Nad, semoga sukses dlm lomba ini🙂
    salam

  31. takuya October 5, 2010 at 6:08 pm #

    aku pernah baca, katanya di tangan kita ada mikroorganisme yg bisa membantu pencernaan makanan. jadi lebih sehat makan pakai tangan, tapi tangannya jga harus bersih..

    he

  32. Gugun October 5, 2010 at 8:00 pm #

    saya beum pernah makan kwetiau pake tangan, tapi kalau makanan sehari-hari selain sayur baru pake tangan

  33. ocky October 5, 2010 at 9:03 pm #

    emang lebih nikmat pakai tangan (maksudnya tanpa alat bantu kayak sendok garpu)hahaha lebih kerasa nikmatnya.. lebih enak lagi kalau disuapin

  34. Kojack October 5, 2010 at 9:24 pm #

    yang mau masang iklan di blog saya itu tentang jasa translate suruh kontak saya saja. nanti saya pasang sekalian ke postnya.
    gratis kok.

  35. mylitleusagi October 5, 2010 at 10:13 pm #

    yang crita sate padang..
    aku malah udah ngalamin dari dulu..
    kita kalao makan satepadang..
    pasti makan kuahnya pake daon..
    mak nyos.. (^_^)
    yup..makan pake tangan lebih sehat…
    karena tangannya kan gak di pinjem2 orang lain..
    dan cuma masuk ke mulut kita aja…(^_^)

  36. kudiarto October 6, 2010 at 12:06 am #

    makan pake’ tangan itu penuh sensasi!, jauh rasanya lebih enak! wa..ka..ka… apalagi kalu makanya rame-rame bersama keluarga yang lain😀

  37. sepri October 6, 2010 at 4:20 pm #

    kalau sate yang di padang itu namanya sate padang…enak banget…
    kalau kwetiau ane blm pnh makan…hehehe…
    btw, thanks buat info pesta bloggernya………hehehe

    • krupukcair October 6, 2010 at 9:21 pm #

      saya tau, cuma belum pernah nyobain… jadi kepingin nih😀

  38. prsprsprs October 6, 2010 at 6:43 pm #

    pertama baca, aku bingung nad, mau bahas makanan ato perbedaan, tapi ternyata itu toh maksudnya..

    iya nad, indonesia kaya akan keragaman
    tapi itu yang buat indonesia indah..
    setuju banget aku ma artikel ini..
    semoga menang yah..

  39. Lucky dc October 7, 2010 at 8:08 am #

    Itulah enaknya klo punya budaya yang beragam dan berbeda😉, alhasil makanan di setiap daerah juga khas dan pastinya enak-enak, begitujuga dengan cara makannya juga jadi macam-macam…

  40. kangmas ian October 7, 2010 at 8:34 am #

    yang penting mah rasanya mbak..untuk caranya terserah masing-masing aja heuheu😀

  41. ndutyke October 7, 2010 at 9:19 am #

    ngomong2 soal sate, jadi kepengen sate padang🙂

  42. aguestri.co.cc October 7, 2010 at 3:45 pm #

    Emank lebih mak nyusss pake tangan kok sob🙂

    Tapi asal jangan disuruh makan soto pakai tangan aja ya😀

  43. maucokelat October 8, 2010 at 1:24 am #

    klo sayur asem makannya pake tangan..gmn?

  44. ngupingers October 8, 2010 at 6:48 am #

    keren mbakyuuu semoga menang yaa

  45. IvanZgw October 8, 2010 at 7:12 pm #

    Masih mending pake tangan Nadia, lah dari pada makan bakso pake tangan. Yo koploh tangane. Hehehe

  46. genksukasuka October 12, 2010 at 5:52 pm #

    semoga menang yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: