Membeli Barang Cacat: Buku

24 Sep

Pernahkah kamu membeli buku yang terdapat kesalahan cetak didalamnya, seperti halaman yang terbalik atau bahkan hilang?

Saya baru saja mengalaminya pada buku The Naked Traveler 1 (TNT1) karya Trinity yang baru saya beli. Kesal karena saya jadi tidak membisa 3 bab (yang berarti 3 cerita), akhirnya saya mencari tau apa yang bisa saya lakukan dengan buku catat cetak ini. Googling sana-sini, ternyata kita bisa mengklaim buku cacat tersebut ke penerbit, asiiik. Agar lebih pasti, akhirnya saya mengontak Mbak T via twitter:

Setelah yakin dengan langkah yang harus diambil, akhirnya saya mengontak penerbit TNT1 yaitu Bentang Pustaka via email. Akhirnya email saya dibalas dengan:

“Silakan Anda kirim buku cacat tersebut ke PT. Bentang Pustaka*) d/a seperti yang tertera pada buku, disertai alamat lengkap, nomor telepon, dan catatan kerusakannya. Kami akan ganti buku tersebut dengan yang baru.”

Kemudian saya kirim email balasan untuk memberitahukan kerusakan pada buku, serta mencatatkannya kembali pada selembar kertas yang dikirimkan bersama dengan buku cacat tersebut ke penerbit. Saya kirim buku melalui pos pada hari Jumat, buku sampai di penerbit hari Senin, hari Selasa penerbit mengirimkannya kembali pada dan… wuss hari Kamis, tidak sampai seminggu, novel TNT1 yang baru tanpa cacat sudah ada di tangan saya. Proses yang sangat kilat🙂

Saya berterimakasih kepada Benteng Pustaka yang sudah memberikan respon sangat cepat baik melalui email maupun saat pengiriman buku yang baru kepada saya. Terimakasih juga karena saya dapat bonus buku, seperti yang dijanjikan Mbak T:

Kiriman balasan dari Bentang Pustaka:
Buku TNT1 yang baru
Bonus Buku karya Nonadita
dan Surat Permintaan Maaf karena kesalahan cetak yang saya temui pada buku pertama🙂

Kejadian lucu justru terjadi di kantor pos, karena saya ditanyai berapa harga bukunya, Rp30ribu karena saat membeli dapat diskon 30% dari Rumah Buku**), yeiy! Dan… ongkos kirimnya Rp16ribu hahaha! Lebih sedikit dari setengah harga buku. Kalau mau dihitung-hitung, jatuhnya justru lebih mahal Rp7ribu dari harga normal. Tapi gapapa deh, kan dapat bonus 1 buku hehe.

Jadi, buat kamu misalkan terkena musibah membeli buku cacat cetak, jangan bersedih. Karena buku tersebut bisa ditukarkan dengan buku yang baru ke dan prosesnya tidak butuh waktu yang banyak🙂 Tapi kalau boleh milih, saya sih mending dapat buku yang tidak catat deh :p

*)PT BENTANG PUSTAKA
Jl. Pandega Padma No. 19
Yogyakarta 55284 Indonesia
Phone 62-274-517373
Fax 62-274-541441
email bentangpustaka@yahoo.com
www.mizan.com
www.klub-sastra-bentang.blogspot.com

**)Rumah Buku
Jl. Supratman No. 96 Bandung
Phone 62-22-7233257

47 Responses to “Membeli Barang Cacat: Buku”

  1. 'Ne September 24, 2010 at 10:17 pm #

    wah syukurlah bisa di ganti, setahuku untuk penerbit yang lain juga menerima penggantian kok untuk cacat cetak..
    btw, kemaren sempet lihat buku ini juga di Toga Mas kayaknya emang bagus.. ntar kalo udah selesai baca tolong di bikinin resensinya ya hihi..

  2. fitrimelinda September 24, 2010 at 11:10 pm #

    alhamdulillah blom pernah sih dapet buku yg cacat cetak..
    btw bagus kah buku the najed travellernya mbak??

  3. iraa September 24, 2010 at 11:16 pm #

    its the SOP nadskii.🙂 harus dong penggantian buku + bonus!!!
    yang seruu tuh, kalo kita nemuin salahnya buku akademis, kayak misalnya buku walpole. ada yg salah di rumusnya gitu. huwaaaa. itu dikasih buku asli plus ada nama lo di thanks to nya si penerbit di cetakan buku selanjutnya🙂🙂 gaul abis kan.
    btw, gw kok takut ya mau baca padang bulan. critanya sedih ga si nad?

    • nadiafriza September 24, 2010 at 11:51 pm #

      oh ya? ada udah pernah nyoba ngoreksi Walpole ya? orang gila!🙂

      udah gw review kan.. salah cara review ya gw? hehe. masih perlu banyak belajar nih dududu..

      menyentuh ra.. tapi gw ga nangis seinget gw, sedih doang

      • iraa September 25, 2010 at 8:06 am #

        hehhehehe.. gw jg gatau nad review yg bener itu kayak apa.. gw cuman pingin nanyaa sedih ga? yaa. lo taulahh gw gimanaa.. karna di awal itu gw uda nangis aja inget papaa.. huhuhu

    • Wina September 25, 2010 at 12:10 pm #

      @ira haa?? serius ra namanya ditaroh di thanks to? wuidih gahul bet
      *terus ada aja orang sinting yg ngoreksi walpole haha

      #nimbrung😀

  4. morishige September 24, 2010 at 11:27 pm #

    ketemu kesalahan yang fatal sampe2 gak bisa baca 3 bab kayak kamu sih saya belum pernah. paling cuma satu-dua halaman yang double, atau ada beberapa halaman yang belum sempet dipisahin (jadinya misahin sendiri pake penggaris:mrgreen: )

    ditunggu ya resensi TNTnya..😀

  5. kiky September 24, 2010 at 11:56 pm #

    wahahaha…mbak iraa komen buku walpole…statistik ya? simpan baik2x dek, nanti kalo lanjut S2 masih kepake banget :p
    #soktuasokdekat

    baca posting ini jadi pengen liburannnnn

  6. adizone23 September 25, 2010 at 12:22 am #

    saya belum pernah mengalaminya… ya iyalah beli buku saja jarang banget, adanya cuma pinjam doank…😀

    ditunggu review TNT1, sepertinya isinya tentang traveling ya..(dilihat judulnya)

  7. arman September 25, 2010 at 12:25 am #

    lumayan tuh jadinya dapet bonus ya…😀

  8. Zen September 25, 2010 at 12:25 am #

    bentang pustaka tu deket kampusku lho mbak nadia..

    *njuk ngapa? he..😀

  9. Fahmi September 25, 2010 at 1:01 am #

    hai sahabat,,
    silahkan ambil dan dapatkan award Truly Blogger from Indonesia disini

    cheers…

  10. sky September 25, 2010 at 2:10 am #

    untunglah sy ndak pernah dpt buku yg cacat cetak…

    tp klo dpt cacat cetak ternyata bs untung jg ya…😀

  11. Deden Hf September 25, 2010 at 6:14 am #

    beneran dapet bonus?? wiih, asik dong ya?? nanti mah, kalau udah bosen sama satu buku, tinggal disobek dikit aja, trus kirim deh sama penerbit. hoho.. *jangan ditiru yang ini mah, becanda*😀

    • nadiafriza September 25, 2010 at 6:54 am #

      otak kriminal banget Den😀

      btw kalo sobek, kayaknya gak mungkin deh🙂 itu kan kesalahan pembaca. kalaupun klaimnya “ada halaman yang hilang”, emang bisa Den nyobeknya yang rapi? #dibahas :p

  12. agusnuramin September 25, 2010 at 6:17 am #

    nambah ilmu, nnti gw jg bkl nyoba klo dpt yg cacat.. hhhaay

  13. rumahsehatafiat September 25, 2010 at 6:22 am #

    itu namanya pelayanan yang baik .mantab bukunya keknya bagus.bisa di share di sini.

  14. beni September 25, 2010 at 6:49 am #

    saya perna bli bku yg cacat jg, 2 halaman ga ada isinya alias kosong,
    tpi saya ga bsa klaim kmna2,
    krna blinya di tukang buku bajakan emperan stasiun bogor

    • nadiafriza September 25, 2010 at 6:55 am #

      errr kalau buku bajakan yaa ga mungkin mas🙂

  15. dhila13 September 25, 2010 at 7:52 am #

    enak bgt … pinjeeemmm buku2nyaaaa hihihi…:mrgreen:

    • nadiafriza September 25, 2010 at 9:57 am #

      boleh boleh🙂 jemput ke rumah saya yaa hihi

  16. Asop September 25, 2010 at 9:22 am #

    Wah, gue baru tahu kalo sebagai ganti pihak penerbit ngasih buku baru.. .:mrgreen:

  17. nonadita September 25, 2010 at 9:37 am #

    Yaaayy!! Enjoy the book and the bonus as well yaa!:mrgreen:

    Sy sih belum pernah dapat yg cacat cetak, karena selalu periksa dulu di toko. Excellent service from Bentang Pustaka🙂

    • nadiafriza September 25, 2010 at 9:58 am #

      waa tulisannya saya dibaca ama penulisnya🙂 makasih loh mbak eh nona dita🙂

      saya jarang periksa pas beli soalnya selalu ambil yang masih diplastikin :p kalau plastiknya dibuka kan sayang hehe

  18. Agung Pushandaka September 26, 2010 at 11:50 am #

    Saya pernah mengalami cacat seperti itu, tapi ndak sampai menghilangkan 3 bab sih. Apalagi parahnya, saya kebiasaan membeli banyak buku sekaligus. Jadi bacanya ndak bisa sekalian semua. Nah, kadang cacatnya baru ketahuan beberapa minggu bahkan bulan setelah pembelian.

    Makasih sudah berbagi pengalamannya. Salam kenal..

  19. Muhammad Joe Sekigawa September 26, 2010 at 6:43 pm #

    Wah wah wah wah,,, dari ketidaksenangan menjadi kegembiraan,,, dapat bonus,, saya juga mau Mbaaaakkk😀 hohohoho
    Hmm… salut dech sama PT Bentang Pustaka ^^
    Salam semangat selalu

  20. Nugs September 26, 2010 at 10:10 pm #

    Wah kalo tempatku balikin buku ke penerbit bisa makan waktu satu bulan…

    • nadiafriza September 27, 2010 at 10:29 pm #

      yaa itu saya pake pos kilat mas maksudnya

  21. Acacicu September 27, 2010 at 1:51 am #

    Semoga saja semua penerbit bisa melakukan penanganan (yg seperti itu)sekeren PT Bentang Pustaka;

  22. dieka September 27, 2010 at 8:42 am #

    wahhh enak bener… aq waktu itu bli cacat cm di tuker doang.. g pke bonus… ya iyalah.. buku obralan hehehe

    • nadiafriza September 27, 2010 at 10:30 pm #

      buku obralan? asalkan bukunya resmi bukan yang bajakan mestinya sih gapapa ditukar mas🙂 n cetakannya yang rusak ya, bukan fisiknya yang kumal gitu

  23. phiy September 27, 2010 at 9:01 am #

    terimakasih infonya. Jadi, kapan2 kalo aku ada masalah yg sama, bisa langsung melakukan hal yg sama🙂

  24. julicavero September 27, 2010 at 10:26 am #

    kok bisa diganti sih..biasanya kan klo dah beli yaudah gt lho..🙂

    • nadiafriza September 27, 2010 at 10:31 pm #

      ternyata bisa🙂 dan itu udah saya bawa pulang dulu, dibaca dulu, baru deh beberapa hari setelahnya dikirim hehe

  25. Elisa September 27, 2010 at 10:28 am #

    Ternyata bs dibalikin ya, selama ini gua pasrah aja. Btw bukunya ttg apa, kayaknya asyik?

    • nadiafriza October 6, 2010 at 10:02 pm #

      “selama ini”..? udah berapa kali beli buku rusak mbak? apes banget tuh😐

  26. Gugun September 27, 2010 at 7:10 pm #

    berarti bagus tuh, itu namanya penerbit yang bertanggungjawab

  27. nanzzzcy September 27, 2010 at 8:44 pm #

    boleh juga tuh dpt bonus gratisan..🙂

  28. Kojack September 28, 2010 at 3:05 am #

    mau donk gratisan…

  29. keblug September 28, 2010 at 8:38 am #

    ouwh nadia teh di bandung… hehehe sama dong jabanannya ke rumah bukU :))

    • nadiafriza October 9, 2010 at 1:59 pm #

      iya mbak🙂 ntar kalo ternyata kita ga sengaja ketemu, sapa2 yaa hehe

  30. hellgalicious September 28, 2010 at 1:02 pm #

    enak bener ya
    lo dapet untung dari membeli buku tnt
    hehe

  31. takuya September 30, 2010 at 2:58 pm #

    em, bukannya lehih asik beli buku yg cacat ya, bisa dapat bonus buku😄

  32. gingerbreadandtea October 6, 2010 at 12:30 am #

    uwaaa uwaaa,,, ini yaa bukunya nonadita??
    iriii ^^
    tapi emang lebih enak dapet buku yang bagus sihh, soalnya kalo bukunya cacat, udah bacanya keganggu, udah gt butuh sedikit effort buat nukerin

  33. sefthina October 30, 2010 at 10:55 pm #

    sy jg prnh, gagasmedia.. untungny dbuku itu ad sop u tuker buku cacat. bigthanks for twitter.. wktu itu msh nympen struk byr, jd bs tuker d gramed aj..

  34. dimas September 23, 2012 at 5:57 am #

    ujian tuh kayanya………..

Trackbacks/Pingbacks

  1. Membeli Barang Cacat [02]: Jam Tangan | THE DEVIL'S ADVOCATE - April 13, 2015

    […] Ini pengalaman kedua saya berurusan dengan tukar-menukar barang cacat yang sudah dibeli. Pengalaman pertama di tahun 2010 ketika membeli buku cacat cetak dari Bentang Pustaka (baca selengkapnya di sini). […]

Leave a Reply

