Back-Up Handphone dengan Google Snyc

20 Sep

Pernahkah kamu kehilangan semua daftar kontak (Contact List – Eng.) di handphone kamu?

Saya pernah. Berdasarkan pengalaman saya, kehilangan semua daftar kontak di handphone itu hanya setingkat rasa kehilangan di bawah kehilangan handphone itu sendiri. Istilahnya, kehilangan seperempat nyawa :p

Saya masih ingat bagaimana senangnya saya saat memiliki handphone Symbian pertama saya, Nokia 5350 (kelas 1 SMA). Sejak saat itu, saya selalu menyimpan daftar kontak di memori telepon. Harap maklum, handphone pertama saya memori teleponnya sangat sedikit, dan sering kali memenuhi kelebihan memori. Jadi saya memilih untuk tidak menyimpan daftar kontak di memori telepon (untuk baca ceritanya klik disini).

Kebiasaan menyimpan daftar kontak di memori telepon berlanjut sampai dengan sekarang. Kalau ternyata kebetulan mendapat rezeki handphone baru, biasanya daftar kontak di memori telepon di pindahkan ke memori kartu, baru kemudian di simpan di memori telepon handphone yang baru. Saya yakin semuanya sudah fasih mengenai hal ini :)

Kebiasaan itu tidak berubah sejak saya memiliki handphone Nokia yang bisa di back-up data-datanya melalui Nokia PC Suite (saat itu Nokia 3660). Melalui software ini kita bisa menyimpan data-data handphone kita, seperti daftar kontak, kalender, pesan, gambar, musik, video, dan lainnya di komputer. Intinya, memori kontak di sim card saya selalu kosong.

Petaka datang selama setahun kemarin saat handphone Nokia N70 saya sering rusak. Semua data hilang, tidak terkecuali daftar kontak. Untungnya, saya sudah memback-up data-data tersebut di komputer. Malangnya, kerusakan handphone tersebut harus membuat saya mengganti handphone. Tidak punya uang, terpaksa beli handphone Ti-Phone E88 (downgrade).

Saat membeli handphone tersebut, saya sadar saya bertaruh sangat besar mengenai kualitas handphone tersebut. Dan ternyata.. memang tidak bisa diandalkan. Handphone keluaran China tersebut ternyata juga sering rusak, yang membuat saya terpaksan mengganti handphone lagi. Masih tidak punya uang, terpaksa beli handphone Nokia 3230 (another downgrade).

Transisi dari Nokia N70 – Ti-Phone E88 – Nokia 3230 praktis membuat saya tidak bernyawa. Karena.. saya tidak bisa mengupdate daftar kontak di handphone melalui kabel data. Harus dilakukan manual, ketik satu-satu. Apesnya, setelah hanya rajin memindahkan sebagian kontak ke Nokia 3230, laptop saya CRASH. teng tong.

Bodohnya, saat itu daftar kontak hasil pindahan melalui kabel data dari Nokia N70 ke komputer, masih tersimpan di default file transfer. Benar sekali, di drive C! Dan percaya atau tidak, beberapa minggu setelah itu, Nokia 3230 saya yang rusak, mati total. Benar-benar tidak bisa dihidupkan sama sekali. Haha. Sudah jatuh, tertimpa tangga, ketiban reruntuhan, ada bom, meledak.

Sejak saat itu, saya menyimpan daftar kontak saya di Google Server melalui Google Sync. Jadi, daftar kontak saya akan tetap tersimpan aman kalaupun handphone ataupun laptop saya rusak. Setiap ada daftar kontak baru, di-sync. Kalau butuh daftar kontak yang lama, juga tinggal di-sync saja.

Kalau handphone kamu Symbian S60 3rd edition, silahkan ikuti langkahnya disini jika ingin mencoba. Klik disini jika handphone kamu memiliki sistem operasi selain Symbian S60 3rd edition (Symbian lainnya, iPhone, Blackberry, Windows Mobile, dan lainnya).

Selamat mencoba!

44 Responses to “Back-Up Handphone dengan Google Snyc”

  1. kakikukaku blog's September 21, 2010 at 2:31 am #

    wah bagus, tuh.. caruu baru untuk memback up, kemaren saya pernah mengganakn cara yang laen tapi belom berhasil, semoga dengan cara ini saya akan berhasil untuk memback up, google, saya..
    salam kenal.. dari blogger ponorogo

  2. Ifan Jayadi September 21, 2010 at 4:26 am #

    Wah, informasi yang baru buatku. Secara aku juga melakukan hal yang sama seperti cerita diatas, hanya menyimpan daftar kontak di memori telpon dan memori kartu saja. Tapi, masih bingung juga sih mengenai layanan google server itu. apalagi tipe handphone kayanya ketinggalan jaman gitu.

  3. Elrica September 21, 2010 at 7:30 am #

    Nad, blog mu informatif sekali..aku ijin link yah?

    • nadiafriza September 21, 2010 at 11:51 pm #

      jarang2 kok mbak (what do i have to call you? name only? rica perhaps?) postingan kayak begini. biasanya curhat colongan melulu hehe

  4. JhezeR September 21, 2010 at 8:46 am #

    Berarti kalo pake aplikasi gugel ini hrs beli dlu ya hp symbian v3 hehe, hp saya cuma sym 60v2 jadul.
    Minjam hp tmn dlu bwt nyoba gugel sync :ngacir

    • nadiafriza September 21, 2010 at 11:52 pm #

      kayaknya di symbian lama juga bisa deh. dan mestinya settingnya lebih gampang :)
      *kalo berkaca dari nokia 3660 saya yang lama. sayang aja dulu saya ga pernah pake karna ga ga tau huhu

  5. mylitleusagi September 21, 2010 at 9:23 am #

    bisa dari hape biasa juga gak say..
    aku pernah say..
    kehilangan contact di hape..
    karena hapenya rusak total.

    bukan cuma kehilang inbox yang bikin sedih..
    tapi kehilangan sms penting..
    dan semalem aku baru ngalaminnya..
    gak enak bener say rasanya..:D

    • nadiafriza September 21, 2010 at 11:54 pm #

      asalkan nokia symbian, kayaknya bisa deh mbak. dan settingannya lebih gampang kok :) kalo merk nya selain nokia, saya ga ngerti deh hehe

  6. Dion Barus September 21, 2010 at 10:31 am #

    Saya kurang suka dengan ponsel Nokia. Hmm… ponsel pertama saya dulu Siemens C55. Kalau ada yang jual lagi akan saya beli dengan harga berapa pun. Hehe..

    • mylitleusagi September 21, 2010 at 5:12 pm #

      wah..iya.. siemens c 55
      itu hape lama..tapi bagus..
      saya juga suka..dan itu juga hape pertama saya..

  7. Acacicua September 21, 2010 at 10:41 am #

    Sori mbak nggak sempat baca. Aku copi paste dulu (sekalian sama komen2nya) untuk di baca di komputer rumah, soalnya ada yang butuh info ini. Thx ya;

  8. Bibi Titi Teliti September 21, 2010 at 2:00 pm #

    Gleg…
    bengong dulu sejenak ngebayangin bentuknya merk merk hp tersebut….
    *emak emak gaptek yang jarang gonta ganti HP dan gak pernah ngikutin keluaran HP2 terbaru…hihihi…*

    Saran ku adalah…
    ikuti cara primitif…
    dan tulis no hp nya di buku agenda…hihihi…

  9. depz September 21, 2010 at 3:44 pm #

    gud info

    mluncur ahhhhhhhh (ke info selanjutnya)

  10. kakve-santi September 21, 2010 at 8:39 pm #

    jadi kita mesti online dulu..?

    • nadiafriza September 22, 2010 at 12:10 am #

      gak mesti online dulu kok. mengatur setting-an dilakukan dengan cara offline. hanya saat sinkronisasi aja baru membutuhkan grps. itu juga ga banyak, paling banter belasan, tergantung berapa banyak yang ingin di update :) tapi kalo baru pertama kali sinkron, mungkin bisa sampe 50an kb :)

  11. TUKANG CoLoNG September 21, 2010 at 9:31 pm #

    wait! wait! saya bakal ngomongin back up phonebok juga di blog tapi gag tau kapan,hehe

    eh ajarin mobile blog dun. aku juga pake opera tapi gag bisa komen,heu

    • nadiafriza September 22, 2010 at 12:15 am #

      ping back ke blog saya ya suk hihi :D

      ajarin gimana? emang beda ya cara makenya kalo ga mobile? sama2 aja deh perasaan hehe. eh sekalian protes deh suk, blogspot itu paling ga ramah buat mobile blogwalking :| sekali buka page nya 100kb, klik add comment 100 kb, klik open id > wordpress 100 kb lagi, nulis address 100kb lagi, baru deh terakhir publish comment 100 kb terakhir :(

      kalo di wordpress, tiap langkahnya paling cuma 10 kb, dan ga seribet add komen di blogspot kan :D

  12. vany September 22, 2010 at 12:15 am #

    saia jg sering ganti2 handphone (gara2 rusak siyh) dan sering khlangan contact list teman2 saia…
    memang rasanya gak enak bgt ya… :(
    mau coba tipsnya ah… :D

  13. Adham Somantrie September 22, 2010 at 6:15 am #

    tulisannya bagus-bagus… saya gak mau pake gsync, soalnya ntar addressbook kecampur sama list dari orang2 yang kirim imel (milis).

    untuk saat ini, Mac saya menjadi pusat digital, untuk sync iPod, iPhone, ponsel (dengan iSync), dll. tidak hanya addressbook, tapi juga kalender, foto, dll..

    • nadiafriza September 22, 2010 at 4:20 pm #

      iPhone ya mas? saya no comment deh. ga megang soalnya hehe

      memangnya kalo sender dari milis di save ya mas? kalo saya sih enggak. eh mesti disave dulu di contact kan ya baru bisa di sync, cmiiw?

  14. hellgalicious September 22, 2010 at 8:12 am #

    wah keknya kalo hape saya gabisa deh make yang beginian
    hehehe

    berhati hatilah kalo nyimpen hal yang penting
    dan yang terpenting jangan ditaro di drive c
    waspadalah!

  15. ChugyGOGOG September 22, 2010 at 8:29 am #

    kayanya perlu dicoba ni buat backup, kebetulan masih belum pernah backup aplikasi ponsel di google sync.

  16. Asop September 22, 2010 at 8:34 am #

    Wah, akhirnya lu bikin posting-an tentang teknologi. :D

    Hmmm.. gue cukup dengan backup kontak ke MMC hape gue aja. ;)

    • nadiafriza September 22, 2010 at 4:25 pm #

      haha! emang belom pernah ya? harap maklum.. gw gaptek bangeet :p

      kalo MMC lo kena virus? gawat kan..

  17. Mbah Jiwo September 22, 2010 at 11:42 am #

    terlalu absurd untuk kupahami, otak mbah ngga nutut…he he he

    salam kenal lo ya…

    • nadiafriza September 22, 2010 at 4:26 pm #

      nutut artinya apa to mbah?

      salam kenal juga mbah :) makasih udah komen yaa

  18. zenma September 22, 2010 at 11:49 am #

    sungguh informasi yang bermanfaat ^^d good job…

  19. Rinie September 22, 2010 at 11:54 am #

    oh gitu tooh… :D

  20. Gugun September 22, 2010 at 1:50 pm #

    ah ikut nyoba yah

  21. Elisa September 22, 2010 at 2:21 pm #

    Ha..ha.. jadi ingat gua yang gaptek ini dulu malah mindahin dulu ke catatan baru dari catatan diketik lagi satu2 ke hp baru kalau ganti hp (memori kartu kan hanya utk 100 nama). Setelah pakai iphone baru ngeh yang namanya sync itu apa.. sempet takjub. Emang asli gaptek nih.

  22. Anggie September 22, 2010 at 4:56 pm #

    Sama seperti Adham, saya nggak pake GSync soalnya ntar kecampur sama yang di milis :D
    Kalau saya sih, berhubung pake 2 hp yang saling ga kompatibel(Nokia 6120c sama Blackberry 9000), caranya palingan keduanya di backup pake PC Suite masing2 lalu di simpan di aplikasi Address Book, dan diolah disana, jadi si phonebook antara nokia sama bold isinya sama semua :D

    • nadiafriza September 23, 2010 at 10:52 am #

      lah.. isinya sama, kenapa ada 2? apa ga boros banget ya? hihi

  23. noname September 22, 2010 at 6:38 pm #

    wah kalau gw mah tak tau mau nyimpen apa, palingan yang di takutin si laptop yang sakit kepala. Walaupun sudah ada 2 buah HDD ext tapi kayaknya tetap nggak mempan, mau nyari netbook nih

  24. febriy September 23, 2010 at 1:28 am #

    kalo saya contaclist masih cukup kesimpen di sim card….. jadi ga perlu back-up…….. kalo back-up ya dulu cuman pake app contact back-up di symbian 2nd yang jadi file *.vcf itu, terus simpen aj di PC, di zip, pake password di zip lagi, password lagi dst… hha, lebay…….. soal upload2 ke google sync kyknya belom perlu, hape saya terlalu jadul untuk melakukannya…… :lol:

    • nadiafriza September 23, 2010 at 10:51 am #

      nah.. yang vcf itu yang ilang di laptop saya karena lupa mindahin ke D. bego banget deh :|

  25. agoenk70 September 23, 2010 at 6:55 am #

    wuahh mantap yah google sampe merabah ke backup handpone segala hihi.. tapi sayang seribu sayang hp saya tidak support symbiaan *yaiyalah orang HP nya masih monochrome* wakakakaka

  26. Nutaryuk September 23, 2010 at 12:12 pm #

    Klo buat hape ber OS Windows Mobile bisa nggak mbak ?

    • nadiafriza September 23, 2010 at 12:54 pm #

      buat WinMo bisa kok, coba liat disini ya

      • Nutaryuk October 5, 2010 at 2:19 pm #

        wah Mbak Nadia ini ilmu per-henpon-an nya mantap juga ya.. :)
        Thanks ya Mbak..

  27. desty September 25, 2010 at 5:56 am #

    coba ah ntar…. tengkyu infonya

    • nadiafriza September 25, 2010 at 7:02 am #

      maksudnya “dicoba” apa mbak? udah ada buku yang cacatnya?

  28. Kojack September 28, 2010 at 3:09 am #

    saya paling sering pake fasilitas google calender buat update info ke itouch. pengen iPhone tapi nunggu aja siapa tahu ada yang mau beliin

    • nadiafriza September 28, 2010 at 9:02 am #

      gw juga lagi nyari orang yang rela beliin gw iPhone :D kalau udah dapat, kasih tau gw ya kak hahaa

  29. takuya October 2, 2010 at 8:15 pm #

    hp trakhirku hilang dicopet T_T nomornya ilang semua, g sempet di backup dimana-manaaaa T_T

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 105 other followers

