Tujuan Wisata di Indonesia: Kawah Putih

8 Aug

Pernahkah kamu ke Kawah Putih? Bagi warga Bandung dan sekitarnya, mungkin objek wisata ini sudah tidak asing lagi, baik untuk dikunjungi maupun sekedar mendengar namanya. Kawah Putih terletak di Ciwidey, Jawa Barat sekitar 3 jam perjalanan dari kota Bandung menggunakan mobil. Perjalanan ke Kawah Putih sudah pernah saya ceritakan dalam postingan saya sebelumnya disini (untuk membaca cerita lainnya -dalam bahasa Perancis- silahkan klik disini).

Selama tinggal di Bandung sejak tahun 2005, sudah 2 kali saya ke Ciwidey, keduanya selalu dengan keluarga besar saat Lebaran. Menurut saya, Kawah Putih merupakan tujuan wisata yang cocok jika kita ingin bernarsis ria. Dengan pemandangan yang sangat bagus, kita tidak akan pernah merasa bosan untuk berfoto dan kembali lagi kesana. Bahkan, Kawah Putih tidak jarang dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto seperti pre-wed, foto kelas, dan lainnya.

Dengan area wisata yang cukup luas, mulai dari gerbang masuk, turun ke bawah, sampai dengan hutan-hutan kecil disamping Kawah, objek wisata ini menyediakan banyak lokasi (spot berfoto) untuk dieksplor.

Jika kamu perhatikan, perlengkapan yang dibawa saat ke Kawah Putih cukup penghangat badan, baik itu baju lengan panjang, cardigan, sweater, ataupun jaket. Untuk alas kaki, bahkan dengan sendal pun kamu bisa berjalan di medan Kawah Putih yang paling berat. Penghangat badan itu akan membantu kamu untuk tidak menggigil, saat difoto, terutama saat kabut yang mengandung belerang menyerang.

Bahkan tanpa kabut pun, Kawah Putih tetep terasa dingin di siang hari.

Di depan gua penambangan belerang di area sekitar Kawah Putih, ada larangan untuk tidak berlama-lama disana. Saat itu sekawanan pria ketakutan untuk berfoto disana dan memilih kabur, tidak jadi berfoto. Padahal kalau mereka melihat penjelasan pada papan di dekat gua, kita dilarang untuk berlama-lama disana karena zat asam berbahaya yang keluar dari mulut gua. Bukan karena alasan-alasan tidak masuk akal “ada penunggunya”, “ada yang pernah meninggal di dalam gua”, yang dilontarkan pria-pria ketakutan itu :p

Bagaimana dengan pengalaman liburan kamu kawan?

36 Responses to “Tujuan Wisata di Indonesia: Kawah Putih”

  1. info solo August 9, 2010 at 3:48 pm #

    wah,, keren ya tempatnya…

    • nadiafriza August 9, 2010 at 9:49 pm #

      keindahan alam Indonesia mbak🙂

      salam kenal yaa.. makasi udah komen

  2. mylitleusagi August 9, 2010 at 5:26 pm #

    assalamualaikum..
    tok..tok..tok..
    ada orang di dalam…
    mau ngucapin..
    selamat menunaikan ibadah puasa ya..
    maaf lahir bathin…(^_^)

    salam hangat dari bulan

    • nadiafriza August 9, 2010 at 9:51 pm #

      mohon maaf lahir bathin juga mbak put🙂 puasa tanggal 11 kan ya?

      btw salam saya buat Jupiter udah disampein belom? kejauhan yaa? hihi

  3. Nur Ali Muchtar August 9, 2010 at 8:05 pm #

    hmmmm,, eksaitid

    btw, liburan ini, saya belum berpelesiran. mudah-mudahan di sisa satu bulan ini bisa jalan-jalan. kawah putih bagus juga tuh

    • nadiafriza August 9, 2010 at 10:00 pm #

      astagaa maksudnya excited ya? saya kira eksaitid itu bahasa jawa mana😀

      liburan ini saya juga belom jalan2 nih😐 kamu tinggal di bandung? mesti coba ke Kawah Putih🙂

  4. Asop August 9, 2010 at 9:10 pm #

    Enaknya ya yang bisa ke sana…😦

    Saya belom pernah ke sana…😦

    Kalo ke sana saya bakal bawa kamera saya. Pasti!!👿

    • nadiafriza August 9, 2010 at 10:02 pm #

      lo bukannya tinggal di Bandung bareng keluarga ya sop?

      kalo ke Kawah Putih ga bawa kamera…mending tidur aja deh di runah hihi

      • Asop August 17, 2010 at 7:36 pm #

        Iya, gue emang tinggal di Bandung. Terus kenapa?😀 Ortu saya baru aja pindah ke Bandung.😉

        • nadiafriza August 17, 2010 at 10:37 pm #

          umm kalo tinggal di Bandung, mesti objek wisata di Bandung udah jelajahi dong..? ga ya? hehe

  5. Anggie August 10, 2010 at 9:22 am #

    Saya aja yang orang bandung belum pernah kesini loh,hahahaa… cupu banget ya :”>

    • nadiafriza August 10, 2010 at 12:01 pm #

      tergantung kesempatan aja kok mas🙂 saya juga baru pernah kesana, belom nyampe Situ Patenggang😐

  6. febriy August 10, 2010 at 10:59 am #

    Pernah liat di tipi….. Mantep jg kykny, bau telur busuk ga?😀

    • nadiafriza August 10, 2010 at 12:02 pm #

      baru belerang ama bau telur busuk beda loh😀 n ga begitu ganggu penciuman juga

      • febriy August 10, 2010 at 1:48 pm #

        emang beda y? jujur aj saya belom pernah ngebauin telor busuk scr langsung….. tapi spekulasi saya mirip aj gtu….:mrgreen:
        beda y sama di dieng, kalo di sana menyengat kyk telor busux…..

        • nadiafriza August 10, 2010 at 10:41 pm #

          belom pernah ke Dieng😐 taunya cuma Candi Dieng dari buku pelajaran huhu..

          ada apa di Dieng? post dong feb di blog lo🙂

  7. Rian August 10, 2010 at 11:39 am #

    Sumpah keren banget

    • nadiafriza August 10, 2010 at 12:03 pm #

      yang keren Kawah Putihnya ato model2nya nih mas? haha..

      btw salam kenal🙂 makasi udah mampir n kasi komen yaa

  8. yoan sulistyo August 10, 2010 at 12:42 pm #

    ah, jadi inget waktu ke sana.
    Tapi…jangan sekali-sekali minta gwe nyetir ke sana lagi!
    kapooookk..capek banget dah!

    • nadiafriza August 10, 2010 at 10:38 pm #

      kalo bareng gw pasti lo jadi semangat lagi deh yo *wink wink* hehe

      pernah sekali nyetir kesana n selamat nyampe bandung lagi aja udah keren banget yo🙂

  9. Pakde Cholik August 10, 2010 at 6:39 pm #

    Selamat sore sahabat tercinta
    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Jangan ketinggalan, ikuti acara “Gelar Puisi Aku Cinta Indonesia dan ” Gelar Foto Indonesia Merdeka ” hanya di BlogCamp.

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Surabaya

  10. Pakde Cholik August 10, 2010 at 6:41 pm #

    untuk Jabar saya baru mengunjungi Lembang, Maribaya,Jatiluhur dan Tangkuban Perahu saja.
    Cakep memang viewnya.

    salam hangat dari Surabaya

    • nadiafriza August 10, 2010 at 11:13 pm #

      waduk jatiluhur pak? itu objek wisata ya? saya belum pernah kesana..

  11. Ery Wijaya August 11, 2010 at 6:17 pm #

    Tempat ini yg sering dipakai shooting video klip ya

    • nadiafriza August 12, 2010 at 4:46 pm #

      video klip penyanyi Indonesia? oh ya? saya baru tau.. contohnya siapa mas?

  12. simple-learning August 17, 2010 at 6:37 pm #

    cool! hope to be there one day …

    • nadiafriza August 17, 2010 at 6:45 pm #

      only if you’re going back to Indo mbak🙂 hehe

      btw new email huh? i have to approve your comments first

      • simple-learning August 17, 2010 at 6:51 pm #

        oops.. i thought you changed your preferences.
        no, not a new email, i forget the one i used to use😦

        • nadiafriza August 17, 2010 at 7:23 pm #

          change my preferences..? umm am i thinking what you’re thinking mbak? im normal kok

        • simple-learning August 17, 2010 at 10:19 pm #

          maksudku preferences untuk menerima comments … kan bisa diubah dari otomatis ke ‘perlu-moderasi’…
          sorry for making you confused…

        • nadiafriza August 17, 2010 at 10:54 pm #

          bhuahahaha :)) maaf saya mikir nya malah yg aneh2 :p

          bukan kok. karena mbak ganti email kan..?🙂

  13. Gugun August 31, 2010 at 5:27 am #

    belum pernah kesana padahal asiik tuh

    • nadiafriza August 31, 2010 at 11:11 am #

      asik banget kalo suka dataran tinggi🙂 saya tiap tahun malah batal ke pangandaran, jadinya main kesana hehe

  14. Ajiz September 14, 2010 at 12:58 pm #

    udah setaun di jkt tp gw blm pernah mampir ke sini.. ckck
    semester dpn hrs mampir nih..

    • nadiafriza September 25, 2010 at 2:01 am #

      ayo ayo selamat menggapai mimpi🙂 *halah*

Leave a Reply

