Tingkat Kepadatan Kelas

7 Jul

Tadi sore saya tidak sengaja mendengar pembicaraan seorang bapak dengan anaknya, “Satu kelas isinya 54 orang? Banyak banget..?”. Anak perempuan tersebut (sepertinya) akan melanjutkan pendidikan ke SMA dan percakapan yang tidak sengaja saya dengar itu adalah pembahasan setelah pendaftaran ke SMA. Sayang, saya tidak sempat mencuri dengar jawaban sang anak ataupun SMA mana yang sedang dibicarakan tersebut๐Ÿ˜‰

Sejujurnya saat mendengar pertanyaan dan pernyataan si bapak, saya langsung terngiang pada SMA saya dulu. Betapa jumlah siswa dalam 1 kelas tidak jauh berbeda dengan jumlah yang disebutkan. Serta bagaimana suasana di dalam kelas kala itu. Menurut saya ketika itu? Sumpek.

Saat masih SD, saya hanya sekelas dengan 13 orang lainnya. Di SMP, meningkat jadi 20 teman sekelas. SMA kelas 1, 34 teman sekelas. SMA kelas 2, 48 teman sekelas. Dan 51 teman sekelas pada kelas 3 SMA. Jangan tanya bagaimana saya ingat semuanya hehe.

Berada dalam 1 ruangan bersama 51 orang lainnya ditambah 1 orang guru itu bukan pengalaman yang menyenangkan jika harus dijalani dari senin hingga sabtu, mulai pukul setengah 7 pagi sampai jam 1 siang. Ditambah lagi kursi-kursi dan meja-meja yang kadang tidak beraturan, juga lemari kelas. Sumpek? Banget.

Permasalahannya sama seperti jalan raya di Indonesia yang kewalahan menampung jumlah kendaraan yang bertambah banyak tiap tahunnya. Tingkat pelebaran jalan sangat rendah, tingkat pertumbuhan jumlah kendaraan sangat tinggi. Kapasitas awal jalan sudah sangat tidak tidak relevan dengan kenyataan jumlah kendaraan yang lalu lalang diatasnya. Dan terjadilah kemacetan.

Bangunan awal kelas yang awalnya (mungkin hanya) dipersiapkan untuk 35 orang, dipaksakan harus dapat menampung jumlah yang lebih banyak pada tahun-tahun berikutnya. Harus saya katakan, hal tersebut membuat suasana belajar menjadi tidak kondusif. Jangan salahkan murid-murid jika ternyata mereka tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik :p

Apakah hal tersebut disebabkan jumlah siswa setiap tahun makin banyak seriring dengan tingkat pertumbuhan manusia Indonesia yang juga tinggi? Mungkin saja. Apakah hal tersebut dampak dari semakin berkurangnya jumlah sekolah di Indonesia karena banyak yang rubuh? Sepertinya tidak :p

Setiap koin punya 2 sisi. Ada hikmah yang bisa saya ambil dari semakin bertambahnya jumlah teman sekelas terlepas dari semakin ramainya suasana di dalam kelas. Saya bisa secara bertahap menyesuaikan diri bagaimana belajar dalam kelas yang besar. Sehingga saat kuliah, saya tidak kaget dengan banyaknya jumlah peserta kelas dalam 1 mata kuliah.

Normalnya, saat kuliah saya sekelas dengan 53 orang lainnya. Saat tingkat 1 malah dengan 79 orang lainnya. Coba bayangkan, saat tingkat 2 saya pernah sekelas dengan setengah angkatan, lebih tepatnya 103 orang. Haha.

Untungnya, kursi-kursi (dan meja-meja) dalam ruang kelas di universitas saya pada umumnya permanen. Jadi ruangan kelas memang sudah dikondisikan untuk menampung kelas yang besar, menengah, atau kecil. Tinggal bagaimana pihak administrasi kampus mengatur jumlah peserta kelas dan ruangan kelas mana yang dapat menampungnya.

Life is messy, that’s how we’re made. So we can waste our life whining it, or we can live our life dealing with it๐Ÿ™‚

30 Responses to “Tingkat Kepadatan Kelas”

  1. rumus cepat matematika July 7, 2010 at 11:38 pm #

    keren infonya…makasih banyak,,,salam hangat…

    • nadiafriza July 7, 2010 at 11:59 pm #

      makasih udah komen ya๐Ÿ™‚

      • Red July 8, 2010 at 2:46 pm #

        jumlah murid di kelas yang ideal itu berapa sih?

        • nadiafriza July 9, 2010 at 12:15 am #

          teorinya yg ideal berapa? wah ga tau juga mas.. belom diteliti hehe

  2. santydc July 8, 2010 at 1:27 am #

    ya ampun nad, lo sd ama smp dimana?
    gw dari sd emang kelasnya udh sumpek nad..50 orang lebih T.T

    • nadiafriza July 8, 2010 at 2:24 pm #

      whoaa ada komen dari sancil๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚ dapat link blog gw darimana san? gw kok ga punya link lo yaa..? mau dong๐Ÿ™‚

      sd smp gw di riau san. tapi itu cuma angkatan gw aja yg dikit banget. soalnya angkatan atas ama bawah gw rata2 30an murid per kelas

  3. julianusginting July 8, 2010 at 7:47 am #

    tapi sebenarnya 50 itu terlalu padat lho.saya cuma 30 dulu wktu smu…

    • nadiafriza July 8, 2010 at 2:25 pm #

      iya mas. menurut saya juga ideal nya 30 an๐Ÿ™‚ biar ga kelamaan kalo ngabsen hehe

  4. Asop July 8, 2010 at 10:46 am #

    Wah wah, saya waktu SD malah sekitar 40-an orang.๐Ÿ˜€ Maklum, SD favorit.:mrgreen:
    SMP, saya sekitar 38 orang.
    SMA, saya cuman 25 orang, maklum aksel.๐Ÿ˜€

    Nah, waktu kuliah ini barulah luar biasa, seangkatan di Plano 106 orang. Kadang kuliah seangkatan, kadang dibagi dua. Yang jadi masalah adalah, ukuran kelas di labtek IXA itu kecil-kecil…๐Ÿ˜†

    • nadiafriza July 8, 2010 at 2:28 pm #

      ahah yg kebayang pas nulis post nya emang ruangan di GKU ato oktagon tvst :p

      tingkat atas kuliah ti masi suka disana soalnya. kulpil baru di gedung ti.. sama sumpeknya

  5. yoan sulistyo July 8, 2010 at 10:54 pm #

    dari zaman SD gwe selalu terbiasa dengan sekelas yang minimal 30 orang. bahkan pernah mencapai 40 orang. dan biasanya gwe lah juru kunci di absen tersebut. Absen gwe menandakan jumlah siswa di kelas tersebut. karena huruf Y yang ada didepan itu tuh..ahhahahah!

    • nadiafriza July 9, 2010 at 12:21 am #

      nasib absen akhir ya yo? lo kebalikannya adhitya mulya banget๐Ÿ™‚ pernah baca hashtag nya dia di twitter yg ‘nasib nama awalan a’ (gw lupa kata2nya apa) ga? hihi

  6. Yohan Wibisono July 9, 2010 at 2:39 pm #

    menarik sekali, mengangkat topik pendidikan di indonesia yang terus maju..semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungan anda di website saya.thx

    • nadiafriza July 9, 2010 at 3:32 pm #

      makasih komennya mas๐Ÿ™‚ eh ato pak..?๐Ÿ˜€

  7. ImUmPh July 9, 2010 at 3:23 pm #

    Kalo saya waktu SD sekitar 40-an, SMP sekitar 48, SMK 36 orang. Sekelas sama dhila.๐Ÿ˜€
    Gila… pasti berisik banget di kelas.

    Oia, kalo kuliah suka di ruangan mana?

    • nadiafriza July 9, 2010 at 3:36 pm #

      kamu dari smk ke itb ya? wow.. menarik๐Ÿ™‚

      dhila mana? dhilacious? fadhilah rachmaniah?

      tingkat 1 2 di gku barat. tingkat 3 di gku timur. tingkat 4 di labtek 3 (gedung ti). kenapa? kita pernah pas2an di kampus?

      • ImUmPh July 10, 2010 at 8:40 pm #

        yo’i… menarik apanya?

        dhilachious sama fadhilah rachmaniah sama aja… hehehe iya dhila itu.

        saya suka bolak balik ke MIC. blom pernah b’papasan juga. kalo ketemu ane malu soalnya. wkwkwk

        • nadiafriza July 11, 2010 at 7:10 pm #

          soalnya baru kali ini saya nemu beneran anak smk yg ngelanjutin ke kuliah. pernah denger ceritanya tapi baru kamu aja yg saya tau buktinya hehe

          MIC apa sih?

          kenapa malu kalo pas2an?

        • ImUmPh July 11, 2010 at 8:30 pm #

          sekarang mah banyak yang smk truz lanjut kuliah. setengah dari teman2 sekelas di smk pada nglanjutin kuliah. saya mah blom kuliah, tapi lagi kerja di itb. hohoho

          MIC = Microsoft Innovation Center di gedung TI juga.

          malu aja,,,๐Ÿ˜›

        • nadiafriza July 12, 2010 at 12:12 pm #

          yg di lt.3 deket pske bukan?

          cowo kok pemalu? kayak umang2 aja deh๐Ÿ˜›

        • ImUmPh July 13, 2010 at 1:34 pm #

          iya di lantai 3.

          pertama kan malu2, tapi lama malu2in. wkekkeke

        • nadiafriza July 13, 2010 at 2:33 pm #

          ahahah๐Ÿ˜€ let’s see

  8. unendingdreams July 12, 2010 at 2:31 pm #

    padat bgt ya kelasnya… ga kebayang suasana di dalamnya

    • nadiafriza July 12, 2010 at 3:48 pm #

      lucky you kalo ga pernah ngerasain mbak๐Ÿ™‚

      • unendingdreams July 13, 2010 at 7:57 pm #

        haha, waktu semester 1 dulu 1 kelas juga sekitar 50 orang.. tapi banyak yg gugur seiring berjalannya waktu.. waktu wisuda tersisa skitar 30 orang aja 1 kelas..

        • nadiafriza July 13, 2010 at 8:13 pm #

          segitu susahnya kah? S1 jurusan apa dimana mbak?

        • unendingdreams July 15, 2010 at 8:20 pm #

          D3 Manajemen Informatika, entah mengapa byk yg gugur:(

        • nadiafriza July 16, 2010 at 1:08 am #

          but you dont. that’s the most important of all mbak๐Ÿ™‚

  9. alice in wonderland July 12, 2010 at 6:39 pm #

    dulu waktu sd-smu seingatku satu kelas tuh keliatannya proporsional-lah, gak terlalu padat (emang kepadatan penduduk^^) tapi begitu masuk kuliah satu angkatan ada 200 orang! untung kuliahnya dibagi 2 kelas tapi kadang ada mata kuliah tertentu yang digabung, adanya yang di belakang sibuk ngegosip^^

    • nadiafriza July 12, 2010 at 7:03 pm #

      kalo 1 kelas 200 orang itu sih alamat emang ga bakalan bisa belajar. yg duduk di belakang2 mending tidur deh hehe๐Ÿ˜‰

      btw kuliah dimana jurusan apa? angkatan 2007 ya?

Leave a Reply

