Uang Logam 1000 Rupiah

14 Jun

Postingan ini saya dedikasikan untuk supir-supir angkot yang sudah setia selalu mengantarkan saya dengan selamat ke tujuan walaupun terkadang suka mark-up ongkos ke penumpang.

Mungkin bagi sebagian kita, uang pecahan seribu rupiah tidak terlalu berharga lagi. Apalagi semenjak adanya uang kertas pecahan dua ribu rupiah. Tapi tidak bagi sebagian kita yang lain, termasuk saya, dan supir-supir angkot itu.

Seribu rupiah bisa saya gunakan untuk membayar ongkos angkot dari pertigaan gerlong sampai polsek sukasari, darisana saya berjalan kaki sekitar 500m ke rumah. Biasanya ini saya lakukan kalau angkot yang langsung ke rumah saya (baca: angkot polban) ngetem terlalu lama, dan atau sudah tidak ada lagi karena hari sudah terlalu malam, dan atau karena saya memang sedang malas sampai ke rumah secepatnya.

Bagi supir-supir angkot itu, uang pecahan seribu rupiah tak ternilai harganya. Setoran mereka tidak akan penuh kalau sajakurang seribu rupiah. Percayalah.. kalau seharusnya kita membayar ongkos tiga rupiah tapi kita hanya membayar dua ribu rupiah pasti sang supir angkot tidak segan-segan memarahi kita. Sebegitu berharganya seribu rupiah bagi mereka.

Saya pernah membaca di koran kalau uang logam pecahan seribu rupiah digunakan supir angkot untuk menabung. Tidak jarang supir angkot yang menyimpan uang logam pecahan seribu rupiah yang mereka dapatkan dari penumpang di sela-sela kaca jendela, lalu di setiap akhir bulan uang-uang tersebut dikumpulkan. Begitulah cara mereka menabung.

Dan saya menemukan buktinya kemaren siang. Saat saya membayar ongkos angkot dengan 2 keping uang logam pecahan seribu rupiah, supir angkot yang saya naiki tidak menaruh uang yang saya berikan ke tumpukan uang logam di bagian dashboard angkot, tetapi mencemplungkannya ke sela-sela jendela pintu angkot bagian supir.

A little thing that can made me smile yesterday🙂

25 Responses to “Uang Logam 1000 Rupiah”

  1. wina June 14, 2010 at 5:43 pm #

    nad.. banyak typo deh kayaknya. btw, gue baru tau bisa nyelipin duit logam di sela2 jendela mobil. somehow gue terharu haha
    nad, coba baca http://www.postsecret.com deh

    • nadiafriza June 15, 2010 at 7:39 am #

      typo di bagian mana nya win?

      ah lo emang bukan heartless kok win🙂

      wow postcard2nya bagus2

      • wina June 16, 2010 at 9:17 pm #

        “tak ternilai harganya” nad… bukan “tak bernilai harganya” kalo tak bernilai itu gak punya nilai. tapi kalo tak ternilai punya nilai, tapi sulit untuk ditentukan *haha, penting abis*

        • nadiafriza June 16, 2010 at 10:39 pm #

          there! maksud gw ituu win.. ya ampun you’re my saviour😀 gw balikin ke versi awal dengan kata2 yg bener ato ga yaa postingannya? huhee..
          tengkyu banget winaa🙂

  2. Ian Gin Gin June 14, 2010 at 8:11 pm #

    Hmmmmm… dah lama nih ga maen kesini, hehe. Tapi koreksi dikit nad, paragraf empat kalimat pertama bunyinya begini :”Bagi supir-supir angkot itu, uang pecahan seribu rupiah tidak bernilai harganya”. Tapi di kalimat akhirnya bunyinya begini :”Sebegitu berharganya seribu rupiah bagi mereka”. Aku yang salah tangkap atau kamu yang salah ketik ya?

    • nadiafriza June 15, 2010 at 7:43 am #

      hey gin🙂 it’s nice to see you again
      new email huh? i needed to moderate your comment first

      “tidak bernilai harganya” bukannya sama dengan “sangat berharga” ya gin?
      but temen gw juga udah protes.. so i guess it’s my mistake. udah gw ganti yaa.. makasi banget gin koreksinya

  3. krupukcair June 14, 2010 at 10:28 pm #

    apa karena uang logam mudah ilang jadi di selipin begitu ya……???

    • nadiafriza June 15, 2010 at 7:31 am #

      mungkin karena jadi susah buat diambil2 makanya diselipin kesitu.. jadinya supir2 itu bisa beneran nabung ampe akhir bulan

      btw salam kenal🙂 makasi udah komen yaa

  4. agoenk70 June 15, 2010 at 10:39 am #

    wow untuk menabung??? kalo tiap hari dapet 3 uang logam itu di kali satu bulan udah lumayan tuch hehe,,

    • nadiafriza June 15, 2010 at 6:59 pm #

      tertarik? silahkan dicoba mas ide nya🙂

      tapi agak susah juga bukan dapetin duit logam 1000an itu?

  5. Asop June 15, 2010 at 5:46 pm #

    Wah, kacanya ntar ga bisa dibuka-tutup dong…:mrgreen:

    Yah, pokoknya sekecil apapun pecahan uang, jangan sekali2 meremehkannya. Sekecil apapun, itu namanya rejeki.😉

    • nadiafriza June 15, 2010 at 7:24 pm #

      umm mungkin mereka pada punya garasi jadi ga bakal ada yg bisa nyuri angkotnya..? hehee

      wise last sentence.. thanx🙂

  6. manusia b1454 June 16, 2010 at 12:40 pm #

    ide bagus. nabung tdk kena biaya administrasi & pajak

    • nadiafriza June 16, 2010 at 10:29 pm #

      umm tapi nabung di bank pasti lebih aman sih

  7. hellgalicious June 16, 2010 at 5:34 pm #

    bener bener berharga banget tuh duit
    hihihi

    • nadiafriza June 16, 2010 at 10:30 pm #

      sekecil apapun rezeki tetap rezeki🙂

  8. mawarsendu June 20, 2010 at 10:40 pm #

    kadang suka nyelap bercampur dengan uang logam lainnya… musti harus cermat nie

    • nadiafriza June 22, 2010 at 2:06 pm #

      nyelap ama nyelip itu sama ato beda ya mbak? hehe

  9. unendingdreams July 3, 2010 at 7:32 pm #

    hebat.. kritis banget pemikiranmu🙂

    • nadiafriza July 4, 2010 at 12:32 am #

      makasi mbak🙂 i hope it’s a good one

  10. Ifan Jayadi July 6, 2010 at 3:49 pm #

    Mulai sekarang aku harus banyak2 bersyukur. Dari cerita diatas betapa tidak mudah bagi si sopir utk mendapatkan uang meski hanya 1000 rupiah. Jadi malu, betapa dengan mudahnya aku menyepelekan uang yang nominalnya sedikit hanya karena gaji lumayan besar diterima. Aku harus belajar banyak dari mereka.

    • nadiafriza July 6, 2010 at 6:17 pm #

      banyak2 bersyukur aja mas🙂 dan tidak lupa sedekah *halah*

  11. mylitleusagi July 13, 2010 at 2:49 am #

    uang 1000 rupiah bisa buat kerokan..(^_^)
    dan kalao ditabung sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit…

    • nadiafriza July 13, 2010 at 11:04 am #

      nabung uang logam biar alat buat ngerok nya jadi makin banyak? wew😉

Trackbacks/Pingbacks

  1. World Wide News Flash - June 26, 2010

    Uang Logam 1000 Rupiah « THE DEVIL'S ADVOCATE…

    I found your entry interesting do I’ve added a Trackback to it on my weblog :)…

Leave a Reply

