Antara Indonesia, Belanda, dan Sepeda

19 Apr

Salah satu peninggalan Belanda yang kita dapat dari 350 tahun penjajahan adalah sepeda onthel, begitu kita menyebutnya. Di Belanda, sepeda onthel disebut dengan omafiets (grandma’s bike – Eng). Omafiets merupakan bentuk klasik dari sepeda yang beredar di Belanda. Dewasa ini, sepeda-sepeda di Belanda dapat ditemukan dalam bentuk yang lebih yang modern, seperti mountain bike, road bike, bakfiets, tallbikes, dan fancy touring bike.

Omafiets

Sumber Gambar

Bakfiets
Adalah sepeda yang memiliki kotak/kargo di bagian depan sebagai tempat duduk anak2 ataupun penyimpanan barang. Bakfiets digunakan untuk memindahkan barang, baik itu orang (anak2), anjing, barang belanjaan, dan benda2 lainnya. Bak merupakan bahasa Belanda untuk kargo (crate – Eng).

Bakfiets

Sumber Gambar

Tallbikes
Adalah sepeda dengan sadel yang berukuran lebih tinggi dan roda berukuran lebih kecil dari sepeda pada umumnya. Tallbikes merupakan sepeda yang dapat dilipat (foldable bikes – Eng). Sepeda jenis ini banyak digunakan kaum komuter dan ataupun mereka yang mengakses bus, trem, atau kereta api.

Pengguna kereta api akan dikenai biaya tambahan 6 Euros (tahun 2007) jika mengangkut sepeda biasa ke dalam kereta, sementara itu tanpa biaya tambahan jika yang diangkut adalah Tallbikes. Karena Tallbikes-nya sudah terlebih dahulu dilipat-lipat wus wus… menjadi seperti barang bawaan biasa seperti benda yang dapat dijinjing lainnya.

Tallbikes

Sumber Gambar

Fancy Touring Bikes
Adalah sepeda yang dapat digunakan 2 orang atau lebih sekaligus (multiple riders – Eng). Sepeda jenis ini digunakan biasanya untuk rekreasi keluarga ataupun dalam keadaan santai.

Fancy Touring Bike

Sumber Gambar


Pernah merasakan jalan-jalan sore di Belanda menggunakan sepeda? Saya belum.. hehe.

Sepeda merupakan transportasi utama orang Belanda, bukan hanya sarana olahraga ataupun rekreasi. Ibaratnya seperti bernafas, menggunakan sepeda sudah mendarah daging bagi orang Belanda. Pada umumnya anak Belanda belajar naik sepeda sejak masih kecil, tidak lama setelah pandai berjalan, kira-kira umur 2-3 tahun. Tidak heran jumlah sepeda bahkan lebih banyak daripada jumlah penduduk Belanda.

Sumber Gambar

Karena jumlah sepeda yang sangat banyak, pencurian sepeda juga merupakan hal yang biasa terjadi di Belanda. Untuk mengatasinya, para pengguna sepeda mempunyai kiat jitu. Antara lain menggunakan rantai dan gembok besar untuk mengunci sepeda-sepeda mereka. Ataupun mewarnai sepeda mereka dengan warna mencolok sehingga maling sepeda urung untuk mengambil sepeda tanpa izin.

Sumber Gambar

Sumber Gambar

Namun begitu, sangat jarang kita temukan orang Belanda yang menggunakan helm saat bersepeda. Bukan karena mereka tidak peduli pada keselamatan, tapi lebih karena jumlah kendaraan bermotor seperti mobil sangat sedikit dibanding jumlah pengendara sepeda di Belanda. Oleh karena itu jalanan Belanda lebih dikuasai oleh pengendara sepeda. Disamping itu diketahui bahwa jumlah kecelakaan bersepeda sangat sedikit karena pengemudi mobil sangat berhati2 saat berdekatan dengan pengendara sepeda, yang sangat banyak jumlahnya itu.

Salah satu poin penting sepeda khas Belanda adalah penggunaan dinamo sepeda untuk penerangan di waktu gelap. Masih ingat pelajaran IPA waktu masih SD tentang dinamo sepeda? Nah.. orang Belanda benar2 menerapkan ilmunya. Walaupun sudah banyak berkembang jenis sumber penerangan yang dapat digunakan pada sepeda, seperti lampu LED yang menggunakan baterai, namun orang Belanda lebih senang menggunakan dinamo bentuk botol. Karena sumber energi berasal dari tenaga manusia saat mengayuh sepedanya, serta tidak perlu mengganti/mengecas baterai setiap berapa jam sekali. Dimana hal tersebut sangat tidak praktis bagi orang Belanda yang kemana2 memang menggunakan sepeda.

Orang Belanda biasa bersepeda dengan menggunakan pakaian sehari-hari, tidak perlu memakai pakaian bersepeda khusus. Adalah pemandangan yang biasa ditemui seorang laki-laki Belanda bersepeda menggunakan pakaian rapi, berjas, berdasi, dan bersepatu pantoefel. Perempuan Belanda juga biasa bersepeda dalam balutan dress, sepatu high heels, bahkan sampai membonceng pacarnya, jika kuat.. hehe. Sangat biasa terdengar di Belanda “Spring maar achterop” yang artinya “ayo naik ke boncenganku” (Jump on / take a seat on the back of my bike – Eng).

Sumber Gambar

Sumber Gambar

Berita gembira bagi pengguna jalan memakai sepeda di Belanda adalah pemerintah Belanda yang concern pada budaya bersepeda yang berkembang di masyarakatnya. Jalanan Belanda sudah banyak yang mengakomodasi pengguna sepeda dengan menyediakan jalur khusus sepeda. Dengan begitu orang Belanda akan lebih nyaman dan aman bersepeda.

Sumber Gambar

Bagaimana dengan Indonesia?

Kita pun tidak jauh berbeda dengan saudara tua kita itu. Sepeda onthel digunakan orang tua di Indonesia ataupun pecinta sejarah. Anak muda Indonesia menggunakan sepeda gunung. Tapi sayangnya penggunaan sepeda masih jarang di Indonesia. Kita lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor (mobil, sepeda motor, ataupun angkot😛 ) daripada naik sepeda. Jarang sekali terdengar kasus pencurian sepeda. Karena itu tidak jarang kita melihat sepeda yang tidak terkunci tidak Indonesia.

Belakangan ini Bike to Work ataupun Bike to Campus sedang marak dikampanyekan di kota2 besar di Indonesia. Kita lihat saja apakah kita bisa seperti orang Belanda dengan kecintaan mereka pada sepeda🙂
REFERENSI:
1. wikipedia
2. ski-epic
3. Ministrie van Verkeer en Waterstaat, Fietsberaad. Cycling in the Netherlands 2009. Mosaic Media: Rotterdam, Netherlands. 2009

53 Responses to “Antara Indonesia, Belanda, dan Sepeda”

  1. Arif R. April 19, 2010 at 5:43 pm #

    hmmm,,, sepeda memang penuh sejarah…😀

    • nadiafriza April 20, 2010 at 10:51 am #

      sepeda di Belanda emang bersejarah banget🙂 hehe

  2. unending dreams April 19, 2010 at 8:08 pm #

    wah unik banget … nice post🙂

    • nadiafriza April 20, 2010 at 10:52 am #

      makasi udah komen🙂 salam kenal yaa

      • unending dreams April 20, 2010 at 3:53 pm #

        sama2 makasih ya dah berkunjung ke blogku … nice to meet you ^_^

        • nadiafriza April 23, 2010 at 7:49 pm #

          nice to know you too mbak🙂

  3. Danti April 19, 2010 at 8:57 pm #

    duh nad keren bgt sii…. disela-sela TA kmu rajin jg ngerjain ky ginian…🙂 great job, keep up the good work girl !!

    • nadiafriza April 20, 2010 at 11:08 am #

      “disela-sela TA” >> hehehe.. no comment ah ban soal ini😉
      thanx banaa… wish me luck dear

  4. Asop April 20, 2010 at 9:58 am #

    Pernah lihat Belanda di film Jackie Chan yang kalo ga salah judulnya “Who Am I”. Di sana orang berangkat kerja pake sepeda… kereeeen… berjas berdasi, tapi pake sepeda.😉

    • nadiafriza April 20, 2010 at 11:09 am #

      yup bener banget🙂 disana sepeda buat semua kalangan. pelajar, mahasiswa, pekerja, perempuan, laki2, tua, muda

  5. hellgalicious April 20, 2010 at 10:51 am #

    topik menarik. gue suka sepeda belanda ih.
    coba di jakarta ga panas, mungkin gue berangkat ke kantor naek sepeda onthel

    • nadiafriza April 20, 2010 at 11:11 am #

      umm ga mesti make omafiets sih.. mountain bike biasa juga bisa hehe🙂
      yup bener banget! bandung juga udah panas.. masa sepedaan pake payung..? hehe

  6. ImUmPh April 20, 2010 at 11:50 am #

    Jalan2 sore sambil bersepeda sekarang tidak pernah sama sekali, tapi waktu kecil saya suka bersepeda. Sekarang mah pake sepeda, pasti pakaian langsung penuh dengan keringat. “Bau kesang” akakakakak
    Ternyata sepeda onthel itu asalnya dari Belanda😀

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:48 pm #

      bau… saksang? salah ya? hehe
      yup yup.. belanda it is

  7. fanz April 20, 2010 at 3:18 pm #

    bakfiets itu cocok deh buat ibu ibu yang anaknya banyak🙂

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:49 pm #

      hehe.. tega banget bapaknya nyuruh istrinya buat ngangkut anak2nya?🙂 eh tapi di belanda emansipasi sih. cewe2nya pada mandiri2🙂

  8. richo April 20, 2010 at 5:43 pm #

    sepeda yang no 2 tuh keren….. fungsional bgt🙂

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:54 pm #

      bakfiets🙂 setuju. bisa buat ngangkut anak kecil ato anjing ato barang2 lainnya

  9. terjaga April 21, 2010 at 5:25 pm #

    wah jadi ingin main sepeda lagi.. (sepeda dirumah sudah lama nganggur).. hehehe

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:47 pm #

      setuju banget🙂 tapi di rumah gw udah ga da sepeda lagi nih hehe

  10. asti April 21, 2010 at 8:00 pm #

    naaad. gw pengen banget punya sepeda. setelah browsing2 sana sini ternyata mahal yaa. ada yang nyampe puluhan juta. ckck.

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:46 pm #

      yaa stii ga perlu ampe yang puluhan juta juga siihh hehe

      iya. gw kangen sepedaan lagi nih kayak jaman sd dulu🙂

  11. rina_okta April 21, 2010 at 8:12 pm #

    go ngonthel go ngonthel…*apa coba??*
    duuh jd mupeng dah pengen sesepedahan disonoh, secara ada jalur kheses gituh buat pengonthel sepeda, jd ga usah takut keserepet trem kalee ye hehe…

    nad, ikut kompetisi kepenulisan lagi yuuk, kalo berminat kunjungi site ini deh

    http://www.indonesiaberprestasi.web.id/2010/04/kompetisi-ib-menyambut-bulan-pendidikan

    keep on writing sista!!🙂

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:46 pm #

      ga takut keserempet ama mobil2 ato bus hehe. kalo trem sih udah pasti ada jalurnya sendiri mbak🙂

      wah tengkyu infonya🙂

      • rina_okta April 24, 2010 at 12:42 pm #

        pan ada jalur kheses atuh gan, hmm kemungkinan pasti ada, tp kaya’e ga begitu signifikanlah *hahay ga nyambung bet dah*

        sem2 nad, ayo nulis2 lagi, sbb dgn menulis qt akan abadi (hmm lupa sapa yg memopulerkannya)😀

        • nadiafriza April 25, 2010 at 1:28 pm #

          umm di bandung baru mau ada mbak. di jakarta belom ada deh kayaknya..? pengguna sepeda mesti rebutan jalur ama mobil, angkutan umum, n sepeda motor juga😐

  12. agoenk70 April 22, 2010 at 7:25 pm #

    saya masih punya sepeda ontel dan masih mempergunakannnya buat kepasar dan jalan-jalan klo lagi di kampung hehehe…

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:45 pm #

      bagus banget tuh🙂 bisa bantu2 ngurangi polusi mas hehe

  13. aldy April 23, 2010 at 11:29 pm #

    Mbak Nadia,
    Sayangnya di Indonesia hampir tidak ada jalur khusus untuk sepeda, sangat berbeda dengan di Negara Luar, seperti belanda.

    • nadiafriza April 24, 2010 at 2:15 am #

      iya sih mas bener banget😐 tapi katanya di bandung bakal ada loh🙂 kita tunggu aja nih bener ga kata2 pak ayi (walikota bandung) hehe

  14. richo April 25, 2010 at 11:14 pm #

    klo di sini pada mau pake onthel kan polusine bisa berkurang yak….

    • nadiafriza April 27, 2010 at 7:31 pm #

      iyaa.. tapi kesadaran masyarakat untuk make sepeda rada susah tuh mas kalo fasilitas buat pengendara sepedanya belom memadai🙂

  15. junitariany April 26, 2010 at 9:59 pm #

    Nadski, sepeda yang bisa diangkut ke kereta. Haha asik banget! Jadi ke stasiun pun kita bisa pake sepeda. Haduhh kapan nih di Indonesia? Bandung deh minimal. Mudah2an car free day nya sukses!

    • nadiafriza April 27, 2010 at 7:32 pm #

      yup yup ask banget tuh🙂 tapi emang tram and train bagian dari budaya mereka sih jun🙂
      doain aja jalur khusus sepeda beneran bakal kerealisasi di bandung yaa

  16. fajrin April 30, 2010 at 7:17 pm #

    suasana bersepeda di Belanda nikmat sekali nampaknya…dulu gw bike to work dari depok ke gatsu penuh resiko mulai dari polusi sampe kesenggol truk…ngeriii

    • nadiafriza May 8, 2010 at 2:58 pm #

      jakarta? itu jauh apa deket yaa pak? hehe *buta jakarta*

    • nadiafriza May 8, 2010 at 2:46 pm #

      makasi udah komen🙂
      yup bagi orang indonesia.. yang ngenalin sepeda ke orang2 indonesia itu yaa orang belanda

    • nadiafriza May 8, 2010 at 2:47 pm #

      makasi udah komen🙂
      yup.. buat orang2 indonesia yang ngenalin sepeda itu yaa orang2 belanda hehe

  17. neldasjourney May 4, 2010 at 5:22 pm #

    alo Nad, ada tambahan buat yg suka sepeda, ini linknya: http://www.christianiabikes.com/english/uk_main.htm. Meskipun bukan dari Belanda hehe…untuk nambah pengetahuan aja:) Lagi sibuk yah? Posting lagi yaaah…:)

    • nadiafriza May 8, 2010 at 2:49 pm #

      makasi mbak nelda infonya🙂
      iya nih lagi ga da inspirasi buat nulis.. jadi ga dibela2in deh hehe
      makasi udah komen yaa mbak

  18. iezul May 5, 2010 at 10:41 am #

    Sepeda itu enak memang kalau dicuri,kalau dikunci biasax cuman di ban nya,,,jadi tinggal lepasin ban ama rangka sepedax,beres deh…

  19. fay May 7, 2010 at 11:29 am #

    yang boncengan romantis banget tu.. ;))

    • nadiafriza May 8, 2010 at 2:51 pm #

      yang cewenya ngebonceng cowonya? hehe😉
      coba perhatiin deh mbak.. cowonya ngebawain tas cewenya padahal tasnya girlie banget.. so sweet :p

  20. Johnie Rangel May 29, 2010 at 6:14 am #

    If only more people would hear about this.

  21. Naga212Geni July 19, 2010 at 10:20 am #

    Selamat Pagi. Hari Senin mumpung masih semangat baru, di sempatkan untuk webwalking / blogwalking. Mohon Ijin untuk membaca artikelnya, siapa tahu bisa menajdi inspirasi untuk menulis posting blog saya. Klo berkenan, di tunggu kunjungan baliknya. link situsku http://naga212geni.blogspot.com . Salam kenal n tetap semangat.

    • nadiafriza July 19, 2010 at 6:33 pm #

      terimakasih udah berkunjung n komen🙂 ntar saya kunjungi balik deh.. salam kenal ya

  22. Don Abnormal August 4, 2010 at 6:36 pm #

    saya sempet beberapa kali ke Belanda, disana memang lebih enak kemana-mana pake sepeda, walaupun kita datang sebagai turis, kita tetap bisa juga nyewa sepeda disana. tapi harus hati-hati juga, angka pencurian sepeda di belanda terbilang cukup tinggi.

    • nadiafriza August 4, 2010 at 7:48 pm #

      karena tanahnya datar dan sepeda memang mayoritas ya mas?

      oh i envy you. me wanna go to netherlands🙂

      • Don Abnormal August 5, 2010 at 6:11 pm #

        yap, di belanda sepeda memang jadi mayoritas untuk alat trasnportasi. waktu kesana saya dicertain tante saya, kalau di belanda hampir semua penduduk pasti punya sepeda.

        • nadiafriza August 5, 2010 at 9:48 pm #

          yup🙂 saya pernah baca “they grew with bikes”. setelah bisa jalan, anak2 kecil belanda pasti diajarin naik sepeda hihi.. lucu banget deh

  23. maminx October 10, 2010 at 9:15 am #

    Wah enaknya kalau di jakarta kerja pada pake sepeda kayak gitu, gak sumpek sesak macet..hehe curcol😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: