Awal Industri Cokelat dan Belanda

10 Apr


Taukah kamu bahwa selain keju dan susu, cokelat pun ternyata erat kaitannya dengan negeri Belanda?

Saya yang belajar di Teknik Industri ini terdampar di mata kuliah Industri Pangan yang diadakan oleh program studi Teknik Kimia. Mata kuliah berbobot 3 sks ini mempelajari bagaimana cara mengolah bahan baku menjadi makanan yang bisa disantap langsung manusia ataupun menjadi bahan setengah jadi yang digunakan sebagai bahan baku makanan jenis lainnya. Salah satu yang dipelajari adalah pengolahan kakao.

Buah Kakao – Biji Kakao – Cokelat

Sumber Gambar: klik disini

Kakao adalah tumbuhan yang bijinya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cokelat. Untuk dapat memakan cokelat seperti yang biasa kita makan, biji kakao harus mengalami proses yang panjang. Berikut ini adalah proses pengolahan kakao pada pabrik lemak cokelat:

Pertama-tama biji kakao dikeluarkan dari tempurungnya. Setelah tumpukan biji2 kakao dirasa cukup, biji kakao dibersihkan dari debu, pasir, dan kotoran2 lainnya. Kemudian biji kakao dipanggang / disangrai agar rasa asam hilang. Setelah dipanggang kurang lebih selama 45-60 menit, biji kakao akan berwarna kehitaman. Proses selanjutnya adalah penampian, yaitu memisahkan kulit biji dengan daging biji (disebut dengan nib) kakao.

Dari proses penampian didapatkan nib kakao berukuran kecil yang telah terpisah dari kulit biji. Nib2 tersebut lalu digiling untuk menghasilkan lemak cokelat yang cair. Proses selanjutnya adalah pengempaan / pemerahan. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan lemak cokelat dari nib kakao.

Jika lemak cokelat yang dihasilkan ingin dibuat menjadi serbuk cokelat, maka terdapat proses tambahan berupa alkalisasi, yaitu mencampurkan garam alkalin pada lemak cokelat yang dihasilkan dari proses penggilingan. Rasa pahit pada cokelat akan hilang setelah dilakukan proses alkalisasi.

Sumber: Handout Mata Kuliah TK4231 – Industri Pangan, Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung, 2010

Lemak cokelat dan serbuk cokelat itulah yang nantinya akan diolah lebih jauh lagi menjadi produk yang mengandung cokelat seperti yang kita lihat di toko-toko makanan, seperti cokelat batangan, susu cokelat, wafer cokelat.. dan produk-produk cokelat lainnya yang takut2 dikonsumsi oleh wanita muda pada tengah malam karena dapat menaikkan berat badan hehe.

mana Belandanya nih..?

Adalah ayah-anak Van Houten yang berperan sangat besar pada awal berkembangnya industri cokelat. Casparus van Houten, sang ayah, menciptakan alat pemerahan untuk memisahkan lemak cokelat dari biji cokelat yang sudah dipanggang pada tahun 1828. Sedangkan sang anak, Coenraad van Houten, menemukan teknik alkalisasi pada proses pengolahan kakao, yang berperan penting untuk menghilangkan rasa pahit dari cokelat. Teknik ini dikenal dengan proses Dutching, karena pada saat itu hanya ditemukan di Belanda (Sumber: klik disini).

Nah.. bisa kita bayangkan apa jadinya kalau tidak ada peran serta ayah-anak dari Negeri Oranje tersebut dalam industri cokelat. Tidak mungkin kita semua bisa memakan cokelat seperti sekarang ini. Karena tidak mungkin didapatkan lemak cokelat yang bersih tanpa alat pemerahan yang diciptakan Mr. Van Houten, Sr. Tidak mungkin juga cokelat menjadi salah satu makanan kegemaran semua usia, terutama anak2, kalau cokelat terasa pahit. Dan kita harus berterimakasih pada Mr. Van Houten, Jr untuk itu🙂

yah walaupun sekarang sudah ada dark-chocolate yang sedikit terasa pahit dan tetap digemari banyak orang😉 hehe

56 Responses to “Awal Industri Cokelat dan Belanda”

  1. Fanz April 10, 2010 at 6:50 am #

    Baru nyadar kalo van houten itu coklat belanda. Kirain coklat swiss.

    • nadiafriza April 10, 2010 at 3:32 pm #

      belanda mas🙂 enakan mana ama cokelas swiss? hehe

  2. abe April 10, 2010 at 8:08 am #

    eh Indonesia engga kalahh loooh ama belanda… ada coklat jago….hmh…jagoan Indonesia coklatnya daripada belanda… *apasiiih?

    • nadiafriza April 10, 2010 at 3:34 pm #

      masa sih cokelat jago indonesia lebih enak dari van houten nya belanda mas? huhe

  3. sugeng April 10, 2010 at 10:13 am #

    jangan kebanyakan makan coklat loohhh…. nanti …. soalnya aku sendiri sekarang lagi menghindari coklat…. mampir tuk menikmati coklat….. salam dari bogor

    • nadiafriza April 10, 2010 at 3:35 pm #

      nanti jadi chubby ya? huhe

      makasi udah komen mas🙂 salam kenal ya..

  4. Arif R. April 10, 2010 at 12:22 pm #

    oh, ternyata begitu to critanya,, bari tau saya..😀

    • nadiafriza April 10, 2010 at 3:36 pm #

      yup.. saya juga baru tau pas di kuliah kok hehe

      makasi udah komen ya🙂 salam kenal

  5. Asop April 10, 2010 at 3:36 pm #

    dark chocolate enak, kok..😀

    • nadiafriza April 10, 2010 at 3:58 pm #

      yup setuju kalo itu hehe.. tapi saya lebih milih white chocolate hehe

  6. aldy April 10, 2010 at 5:34 pm #

    ibu saya tidak pernah lagi membuat coklat dari kakao sendiri. Sekarang ditempat saya banyak tengkulak kakao, padahal kakao yang dihasilkan tidak begitu baik karena hanya tanaman sambilan disamping rumah.

    • nadiafriza April 11, 2010 at 2:16 am #

      justru pengolahan kakao sendiri di rumah (istilahnya pengolahan kebun) yang mesti ditingkatkan pak.. daripada kita jual mentah2 biji kakao dari pohonnya… akan lebih untung kalo kita jual lemak kakao ke pabrik🙂
      semoga membantu.. salam buat ibu bapak. semoga tetap semangat!

  7. ariosaja April 11, 2010 at 1:28 am #

    wuihhh coklat yah

    • nadiafriza April 11, 2010 at 2:21 am #

      belanda punya peran besar banget di awal industri coklat mas🙂

  8. cafe pustaka April 11, 2010 at 2:00 am #

    mantaps nih bro buah coklatnya..:)

    • nadiafriza April 11, 2010 at 2:20 am #

      coklat mas.. buah kakao🙂 itu dari gambarnya bisa keliatan kalo cokelat batangan yang kita makan itu sebenernya dari biji kakao hehe
      makasi udah komen ya.. salam kenal

  9. moniqblueprint April 11, 2010 at 11:41 am #

    naaadd,, ikutan kompetiblog jg,, hehehe… nice post..
    kunjungi yg aku yah naad🙂

    • nadiafriza April 11, 2010 at 10:25 pm #

      huaa tengkyu banget niq🙂
      good luck yaa kita *i’ve commented your post btw*

  10. tommy April 11, 2010 at 9:38 pm #

    baru tau kalo ada nama coklat van houten.

  11. hellgalicious April 12, 2010 at 2:36 pm #

    heem keren deh tuh orang
    bisa bikin cokelat jadi enak gitu
    mangtabs deh

    • nadiafriza April 13, 2010 at 5:47 pm #

      yup yup.. gitu deh kalo jadi orang pinter hehe

  12. firman April 12, 2010 at 9:23 pm #

    he he he, jadi ingat kunjungan ke Museum Coklat di Koln, Jerman … ada ruangan tropisnya ….😛

    • nadiafriza April 13, 2010 at 5:47 pm #

      wah oke banget ada museum cokelat🙂 baru tau! dapat sample cokelat gratis ga? hehe..
      btw salam kenal ya.. makasih udah komen mas

  13. koje89 April 14, 2010 at 6:24 pm #

    nice posting🙂

    • nadiafriza April 15, 2010 at 3:22 am #

      makasi mas udah komen postingan saya di blog ini atopun di blog kompetiblog🙂

  14. radiopoetra April 16, 2010 at 1:48 pm #

    salam kenal🙂
    saya ikutan kompetiblog jg

    adek kelasnya “Kak Boncil” ya?🙂

    • nadiafriza April 17, 2010 at 6:47 pm #

      salam kenal juga🙂

      adek kelas? aduh kenapa jadi berasa masi sekolahan yaa? hehe

      • radiopoetra April 18, 2010 at 3:50 pm #

        😀

        • radiopoetra April 18, 2010 at 6:21 pm #

          sy punya bbrp kenalan d TI ITB 2004 namanya arzaq dan Gita.
          2005 namanya Vani (a.k.a boncil)
          2006 namany Feby hex3

        • nadiafriza April 19, 2010 at 4:11 pm #

          yup i know them🙂
          lo bukan yang vidatra ya? tapi yang 1 lagi nya?

        • radiopoetra April 21, 2010 at 12:05 am #

          hu uh..
          the another god forsaken school
          :))

          lo angkatan brp Nad?

        • nadiafriza April 23, 2010 at 7:47 pm #

          ykp ya?
          gw 2006 bareng febi

        • radiopoetra April 27, 2010 at 7:02 pm #

          =)) YKP
          haaaa.. lo temen seangkatannya feby =))
          mohon dibimbing ke jalan yg benar y temen gw itu…
          biar g homo lg =))

        • nadiafriza April 27, 2010 at 7:34 pm #

          well jangan2 lo temen homonya dia LOL! JK mas

        • radiopoetra May 1, 2010 at 6:19 pm #

          idiiih eike homo juga milih2 jeung *lho?
          :))

          ibunya feby itu guruku dulu..
          kakaknya feby itu temenku seangkatan
          *ribet y?
          :))

          arzaq itu mantannya pacarnya temenku, yg juga temenku.. *lebih ribet lg
          =))

        • nadiafriza May 8, 2010 at 2:44 pm #

          hehe.. dunia emang selebar daun kelor. bahkan sekarang cuma selebar telapak tangan (baca: hape) :p

  15. radiopoetra April 16, 2010 at 2:09 pm #

    klo komen yg rada historis gini:
    ehem,

    “coklat pertama tu dkonsumsi sama orang2 meso amerika, orang2 INCA, AZTEC, MAYA..
    jd klo kita bs ky indiana jones dan pergi ke situs2 meso amerika kita bakal nemuin jejak2 prajurit2 maya dan akrab sangat coklat..
    bahkan mungkin para ketua suku saling berkirim2 coklat *aaaw.. mesranyaaa hix3
    tp menunya jgn dibayangin choco bar gt, krn masi proto coklat, coklatnya banyakan diminum,
    namanya: XOCOLATL
    XOCOLATL –> XOCOLAT –> COCOLAT –> CHOCOLATTE
    dan salah siapa itu? tentu saja salahnya orang2 spanyol..

    sejak mas colombus nekat berlayar ke barat, orang2 spanyol mulai iseng nyari2 rejeki di amerika tengah,selain menemukan EMAS, Konsep Perbudakan,Perasaan Superior thd suku2 amerika yg masi make celana rumbia tp suda bs ngitung kiamat datengnya kapan, orang spanyol menemukan Coklat itu enak GILA.. ditambah bonus, MALARIA
    *hakakakaka..

    dan begitulah coklat panas *cair* sampe di meja2 bangsawan..bla..bla..bla.. selama bbrp taun, coklat diminum menjadi trend, sampe suatu ketika, para pangeran2 tengil mengeluh krn coklat cair gbs dibawa2, dan gbs dibungkus bwt ngerayu noni2 yang g kalah tengil dan genit2..
    g lucu klo ngedate hrs bawa2 botol air dikalungin d leher.. Ga Gahoel katanya…

    dan akhirnya ada orang inggris yg cukup nganggur, dan melihat kesempatan bisnis demi memenuhi hasrat ngedate orang2..
    dan spt yg saya bilang di awal, cuma kepala suku kepala suku INCA, AZTEC dkk yg tuker2an coklat cair.. *terkesan homo y?*
    si orang inggris td namanya Joseph Fry .. ya sampe disini coklat wujudnya masi blok2 batangan dan rasanya coklat bgt.. *baca: pait*
    :p

    dan sampelah kita pada poin inovasi membuat batangan manis, yg bs dipake bwt SESAJEN waktu ngedate
    *sebagemana disebutkan pada postingan asli artikel ini :p*

    oh aniwai😀
    saya termasuk penentang mitos coklat bikin gemuk
    soalnya klo kita ngomong soal DARK CHOC, engga gt2 amat, ngga ada bukti klo makan coklat mempengaruhi kadar kolesterol dkk…
    DARK CHOCOLATTE lho ya..
    klo coklat2 yg kita suka beli ky si Ratu Perak, dkk, itu uda coklat oplosan😀
    *but still jangan banyak2.. too much something could kill u :p

    • nadiafriza April 17, 2010 at 6:50 pm #

      makasi banget komennya🙂
      bisa jadi postingan tuh hehe

      • radiopoetra April 18, 2010 at 3:48 pm #

        iya ya,.. -.-”
        *my bad*

        tar klo jd postingan, saya jd pembajak Posting donk
        :p“

        • nadiafriza April 19, 2010 at 4:12 pm #

          gapapa banget kok🙂 tengkyu banget udah komen panjang banget gitu hehe
          nambah info juga kan…

  16. rina_okta April 17, 2010 at 4:03 pm #

    eh eh eh eh…daku jg penggila cokelat lho…sukkaa bgt dah…apalagi kalo gratis hehe…tengkyu so mucho2 lho buat note ttg cokelatnya, sbg penggila cokelat musti tau info ini😀

    • nadiafriza April 17, 2010 at 6:54 pm #

      makasi banget mbak🙂
      ntar deh kalo menang saya kasih cokelat gratis hehe

      • rina_okta April 17, 2010 at 7:14 pm #

        asiiiikkk…bener loh ya nad…ta’ tagih tenan iki😀

        • nadiafriza April 19, 2010 at 4:07 pm #

          amiiinn.. insya allah ya mbak kalo menang hehe.
          sama2 berdoa🙂

  17. moniqblueprint April 18, 2010 at 9:07 am #

    nadz.. di blog kompetiblognya, gmn cara publish blog kita sih? ko yg aku masih pending aja y? terus ga bs pake gambar ya??
    huhu.. mohon petunjuk..

    • nadiafriza April 19, 2010 at 4:16 pm #

      bisa kok niq🙂 itu kayak wordpress biasa kan. jadi yaa bisa upload gambar

      aku cuma posting aja bener2 ga diapa2in abis itu. terus langsung diapprove deh. mungkin sabar aja kali ya niq..?panitia cuma ngeapprove 2 postingan per hari katanya.. jadi menunggu giliran🙂

  18. unending dreams April 20, 2010 at 4:03 pm #

    wow… trnyata Belanda byk berperan ya pd perkembangan coklat … tulisan yg menarik🙂

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:51 pm #

      yup2. di belanda kan banyak orang pinter hehe..
      makasi mbak🙂

  19. rainbroccoli April 23, 2010 at 3:24 pm #

    Hmmm… I love coklat..!! Ga peduli deh mo tengah malem, pagi buta, siang bolong…pokoknya ciklat is the best🙂
    Dan ternyata..Belanda kasih warisan ilmu yang berguna juga ya buat bangsa kita…

    Salam kenal Non…
    Mampir2 balik yah…yuuuu
    Tq

    • nadiafriza April 23, 2010 at 7:44 pm #

      yup bener banget. kita mesti terimakasih sama belanda hehe
      well pilihan mau makan cokelat kapan aja tergantung ama orangnya kan🙂

      salam kenal yaa.. makasi udah komen mbak

  20. junitariany May 7, 2010 at 10:18 pm #

    Wah, yu Nad. Indonesia jualan biji coklat padahal kita juga kan bisa bikin pabriknya? Coklat rasa Nadya atau rasa Jujun! Hehe

    • nadiafriza May 8, 2010 at 2:56 pm #

      bikin pabrik pengolahan biji cokelat? ngaplikasiin ilmu dong jun..?😉
      aamin deh hehe

  21. juragan anom May 14, 2010 at 7:22 pm #

    ikut ngasih teori dikit ya: proses alkalisasi coklat menggunakan potasium karbonat, supaya menaikan pH dan merubah warna coklat menjadi dark coklat bahkan red coklat. sebenarnya di Indonesia ada industri pengolahan kakao dan industri coklat yg sangagt besar. dan dijamin rasanya ga kalah ama coklat belanda atau coklat swiss……….

    • nadiafriza May 17, 2010 at 5:46 am #

      potasium karbonat itu termasuk garam alkali ga mas? *harap maklum.. buta kimia*

      oh ya? wah saya baru tau🙂 makasih mas infonyaa
      karna setau saya Indonesia belom banyak mengolah cokelat. hanya mengekspor bahan mentahnya saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: