niat baik di dunia maya

5 Apr

pagi ini saya terbangun berkat sms dari nomor tidak dikenal:

“Punten, bener ini dengan nadia?”

sempat bingung mau dibales atau tidak, kalaupun dibalas bahasanya seperti apa, blablabla.. akhirnya sms tersebut saya balas juga. tidak lama kemudian sebuah panggilan masuk ke handphone saya, kembali dari nomor tidak dikenal. hmm kayaknya ini nomor yang nge-sms tadi deh. dengan nyawa yang belum terkumpul seluruhnya, saya menjawab telepon tersebut. dan ternyata..

itu adalah percakapan menarik di pagi hari saya yang tidak seperti biasanya. kebaikan pertama yang saya temui hari ini lebih tepatnya. bagaimana tidak membuat semangat kalau bangun2 sudah disuguhi hal yang dapat membuat kita tersenyum?🙂

telepon itu berasal dari seorang mahasiswa jurusan desain produk dari universitas tetangga yang sedang mengambil tugas akhir. beliau mendapatkan nomor saya dari www.scribd.com dan meminta izin untuk memakai data dari salah satu tugas kuliah saya di semester 7. tugas business plan saya yang berjudul Lapshion (laptop cushion). kalau saja beliau tau berapa nilai saya untuk tugas itu.. 75!

saya memang sudah sejak beberapa bulan lalu mengupload tugas2 kuliah saya. hal ini terinspirasi dari beberapa tugas mahasiswa universitas lain yang sudah saya gunakan data2nya. saya merasa berhutang pada dunia maya yang telah membantu saya mengerjakan tugas2 saya dan ingin membalas kebaikan mahasiswa2 tersebut dengan ikut berkontribusi pada tersedianya dokumen2 di dunia maya. siapa tau nantinya akan ada orang yang berada di posisi saya saat itu, merasa terbantu dengan adanya dokumen2 tersebut.

dan ternyata yang saya lakukan terbukti berguna untuk orang lain.. pada pagi hari tadi. tepat sampai pada orang2 yang membutuhkan.

kenapa saya menyebut telepon di pagi hari tadi itu sebagai kebaikan? karena beliau berniat baik untuk menelepon saya dan, sekali lagi, meminta izin untuk menggunakan data dari laporan saya. data yang sebenarnya sama sekali tidak berarti apa2 bagi saya. jadi pencurian data ataupun plagiarism bisa terhindar karena beliau sudah minta izin pada si empunya data, dalam kasus ini saya. seperti yang saya bilang, niat baik. coba bandingkan pengalaman saya dengan teman blogger hanifIM.

padahal dari semua tugas2 mahasiswa lain yang telah saya download dan saya gunakan data2nya, tidak pernah sedikit pun terbersit pikiran untuk mengontak pemilik data, meminta izin untuk menggunakan datanya, ataupun sedikit mengucapkan terimakasih atas data2nya yang berguna untuk saya. cukup dalam hati.. pikir saya saat itu.

pelajaran pertama hari ini: cobalah untuk sedikit berterimakasih pada pemilik dokumen2 yang kita download bebas di internet. kita tidak pernah tau hal kecil apapun yang kita lakukan dapat berdampak besar bagi orang lain🙂

6 Responses to “niat baik di dunia maya”

  1. hanif IM April 5, 2010 at 11:27 pm #

    wah2… saya jadi masuk disini, hehe, jadi gak enak. Meminta ijin tidak ada salahnya juga, karena ada 2 keuntungan. Blog yg mengambil artikel tersebut ikut terkenal, dan juga mendapatkan teman baru atas ijin yang dilakukan. Siapa tahu dimasa depan bertemu dan membicarakan suatu bisnis. hehe.

    • nadiafriza April 5, 2010 at 11:55 pm #

      iya mas.. minta ijin ngelink ke postingannya ya… abis baca itu kemaren n jadi keinget gara2 kejadian tadi pagi🙂
      amin deh kalo emang ada ajakan berbisnis.. hehe

  2. fanz April 6, 2010 at 3:10 pm #

    saya kemaren sempat bikin subdomain buat aplod tugas kuliah. tapi sekarang udah di delete😦

    • nadiafriza April 8, 2010 at 3:59 am #

      sayang banget.. kenapa di delete? di merger ya? huhe

  3. firmatha April 6, 2010 at 7:34 pm #

    wah saya juga jadi kepikiran buat ngupload tugas mata kuliah, langsung meluncur ke TKP dah makasih ya atas inspirasinya😆

Leave a Reply

