another charger story

30 Mar

ada yang aneh dengan laptop saya. jika orang2 mempunyai masalah dengan baterai laptopnya yang bocor setelah pemakaian beberapa tahun, maka masalah saya dengan laptop adalah chargernya.. selalu. sedangkan baterai laptop saya baik2 saja.

taukah kamu berapa biaya yang kita butuhkan untuk memperbaiki charger laptop yang rusak? tahun lalu biaya perbaikan charger laptop berkisar antara Rp125.000-Rp150.000 (baca selengkapnya disini) dan hanya tahan untuk 2-3 bulan. pada akhirnya tetap saja saya harus membeli charger baru.

saat itu harga charger original Rp6xx.000 sedangkan yang KW-nya Rp3xx.000. berhubung yang original terlalu mahal dan saya ayah saya tidak punya duit yang cukup saat itu, maka saya pun membeli charger yang KW itu. percaya atau tidak.. belum sampai setahun charger tersebut sudah rusak. kalau kata ibu saya emang kamunya aja yang ga bisa jaga barang. itu punya adek baik2 aja ampe sekarang“.

sudah sejak beberapa hari yang lalu charger KW tersebut rusak dan saya kelabakan setiap hari saat baterai laptop habis. untung saja merk laptop adik sama dengan punya saya sehingga untuk beberapa saat saya bisa berganti2an memakai charger. tapi itu cukup membuat repot adik saya.. dan memang sudah seharusnya saya mempunyai charger sendiri.

berdasarkan data tahun lalu, saya memutuskan untuk mencoba memperbaiki kembali charger original yang sudah lama rusak itu. kali ini memperbaikinya di Acer Customer Service. karena saya juga pernah memperbaiki laptop saya di customer service (baca selengkapnya disini), biaya perbaikan laptop itulah yang saya jadikan patokan sebagai biaya perbaikan charger.

dan saat tadi pagi saya kesana.. JRENG JRENG.

customer service (cs): maaf mbak.. tidak bisa memperbaiki charger disini
saya (s): eh.. tidak bisa diperbaiki?
cs: iya mbak. kami menyarankan untuk membeli yang baru saja
wah.. apanya yang diservice kalau begini caranya? mungkin perlu ganti nama jadi store kali yaa?
s: yah mas.. masa ga bisa diservice sih?
ini sih perlu gw bawa ke bec lagi namanya.. masa kalah sih ama bec
cs: iya mbak. kebijakannya begitu
s: charger original harganya berapa mas?
iseng doang nanya.. paling mahal banget ga cocok ama kantong gw
cs: tipe unitnya apa mbak? laptopnya dibawa?
s: ga dibawa.. acer travelmate 4720
cs: Rp305.000 mbak?
s: eh? masa sih mas?
cs: iya mbak.. Rp2xx.000 ditambah ppn jadinya Rp305.000
kaget gw.. taun lalu 600ribu deh perasaan
s: harganya udah turun ya mas? taun lalu masih Rp600.000 bukan?
cs: taun lalu Rp475.000 mbak

gilaaa.. toko yang jadi distributor resmi acer di BEC ambil untung banyak banget yaa? informasi harga charger original yang saya dapatkan tahun lalu itu memang dari distributor resmi acer di BEC. bukan di acer customer service..

kalau dipikir2.. sudah tidak mungkin lagi memperbaiki charger original saya mengingat sudah pernah diperbaiki namun rusak lagi. kalau memaksa untuk memperbaiki charger KW, biayanya setengah dari harga beli charger original sementara belum tentu bertahan lama juga. inginnya membeli yang original.. tapi ayah saya lagi tidak ada duit huhu. apalagi saya😐

tiba2 ide gila muncul begitu saja. kerusakan charger KW saya adalah pada socket penyambung charger dengan laptop (baca: bagian kepalanya). adaptornya baik2 saja, terbukti lampu indikatornya masih menyala. sedangkan kerusakan charger original rusak pada bagian adaptor, lampu indikatornya tidak menyala. sementara socketnya baik2 saja.

kenapa tidak mengambil yang baik2nya saja dari kedua charger yang saya miliki itu yaa?

berbekal optimisme bahwa kedua charger itu bisa dipreteli, putus sambung, saya pun ke tempat ayah saya untuk minta tolong menggabungkan kedua charger tersebut.

dan voila🙂 saya kembali mempunyai charger. tidak harus menggangu waktu tidur adik saya hanya untuk meminjam chargernya karena baterai saya habis.. dan tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

9 Responses to “another charger story”

  1. firmatha March 30, 2010 at 8:36 pm #

    solusi yang cerdas kawan….. boleh ditiru nih..

    • nadiafriza March 31, 2010 at 4:46 pm #

      kalau punya charger lebih dari 1 yang tergeletak ga bernyawa.. silahkan dicoba🙂 asalkan ngerti nyambung2innya aja huhe

  2. AnggaRifandi April 5, 2010 at 9:28 pm #

    kenapa gak beli yang universal aja?

    • nadiafriza April 6, 2010 at 12:14 am #

      yang universal? err.. bentuknya ga menggugah perhatian ah mas. lagian yang KWan aja ga tahan lama apalagi yang universal huhu

  3. acmal October 13, 2010 at 2:04 pm #

    numpang share:

    semalam charger si Ace (sorry, kebetulan nama pemberian kita sama :p) ndak berfungsi, kabel dari adaptor yang menuju Ace yang problem (di bagian pangkal yang ada “ulirnya”). Hasil googling saya nyangkut di blog ini, setelah baca sampe tuntas jadinya berniat ke service centre dengan menyiapkan duit (ndak ikhlas). Tapi sebelum ke sana, iseng singgah di service-an kaki lima. Adaptor dioperasi (dibedah pake gergaji besi), lalu kabel yang ada “ulir”-nya itu dipotong, sisanya yang panjang langsung disolder ke MBnya. Langsung kembali siuman Ace saya. Total biaya: 25rb (jasa ngebelah + nyolder) + 7.5rb (lakban item gede) = 32.5rb :))

    btw salam kenal :shakehand

    • nadiafriza October 13, 2010 at 2:19 pm #

      kalau mbak sudah baca disini, mungkin yang dilakukan toko service laptop yang saya datangi memang seperti itu. tapi, seperti yang sudah saya ceritakan, perbaikan seperti hanya tahan 2-3 bulan pada charger saya. karena kejadian tersebut sudah terjadi pada kedua charger saya. jadi mau tidak mau, saya harus membeli charger baru lagi..

      semoga charger mbak bertahan lebih lama yaa🙂 dan makasih banget udah sharing infonya🙂

  4. ichano November 18, 2010 at 4:46 pm #

    saya juga mengalami hal yang sama mbak,
    untuk membuka dapterny tuh bagaimana mbak, kan g ada skrupnya???
    mohon bantuannya mbak?

    • nadiafriza November 18, 2010 at 5:59 pm #

      wah maaf mbak saya ga sampe buka2 adaptornya.. kalau boleh saran, dibawa ke service center aja mbak kalau udah mesti sampe buka2 adaptor🙂

  5. wong waras August 9, 2011 at 3:08 pm #

    wah ini sama dengan kasus saya tahun 2006 deh, adaptor di bawa ke service tv/radio, bayar 20rb udah beres lagi. Trus sekarang nb saya (tipe lain) kena kejadian yg sama, akhirnya saya bongkar sendiri, potong kabel yg bermasalah dan sambung lagi lalau di beri isolasi bening, beres deh. udah beberapa bulan tidak bermasalah.
    Yang penting jangan sampai kabel2 nya ketekuk 360 derajat yg bisa membuat putus kabelnya.

Leave a Reply

