[review] Novel: Travelers’ Tale

20 Mar

Travelers’ Tale merupakan sebuah novel yang ditulis oleh 4 penulis, yaitu Adhitya Mulya, Ninit Yunita, Iman Hidajat, dan Alaya Setya. Jumlah 2 novelis laki-laki dan 2 novelis perempuan ini cocok dengan jumlah karakter utama dalam novel, 2 laki-laki dan 2 perempuan yang sudah bersahabat sejak kecil, termasuk intrik2 percintaan di dalamnya.

pertemuan saya dengan novel ini sebenarnya secara tidak sengaja. saat itu pertengahan tahun 2009, saya dan teman2 saya sedang iseng main2 ke gramedia. tiba2 melihat cover novel ini, tertarik. kemudian membaca pengarangnya, whoa… Adhitya Mulya, salah satu novelis Indonesia favorit saya. beli tidak.. beli tidak.. sebenarnya tidak ada budget saat itu. impulsif… akhirnya novelnya saya beli juga hehe.

saat saya memuji novel ini di twitter saya.. ketika itu teman saya langsung me-reply bahwa Travelers’ Tale keluar beberapa tahun lalu saat kami baru masuk kuliah. saya ketinggalan? umm okelah. lalu tanpa diduga.. mas Adhitya Mulia me-retweet tweet-an saya😉 yeiy!

novel ini menceritakan persahabatan 4 orang, konflik dimulai saat Francis akan menikah.. dengan seorang perempuan Barcelona. padahal selama ini diketahui Francis selalu mencintai Retno, Retno sudah 2 kali menolak Francis,, sementara Farah memendam cinta pada Francis. dan Yusup yang juga bertepuk sebelah tangan pada Farah..

berkat kehebohan rencana pernikahan Francis ini, dimulailah petualangan Retno, Farah, dan terutama Yusup ke Eropa, berakhir di Barcelona. juga perjalanan Francis keliling benua2 di dunia mengingat profesinnya yang sebagai pianis. tidak tahu kenapa.. setiap kali membaca Francis yang kebayang di otak saya adalah dengan Shinichi Chiaki-nya Nodame Cantabile hoho. gaya bercerita yang dilihat dari sudut pandang setiap tokoh.. menurut saya novel ini justru tidak membingungkan, tetapi lebih hidup dan dinamis.

kalau boleh judge a book by its cover.. novel ini keren banget hehe. apalagi dengan packaging novel yang terdapat halaman berwarna khusus untuk menampilkan gambar2. di dalam novel juga diselipkan tips2 travelling dan backpacking yang menarik🙂

salah satu kriteria saya dalam menilai novel adalah endingnya.. dan jujur saya tidak suka ending novel ini. bukan masalah happy ending atau tidaknya.. justru saya bingung happy ending itu yang bagaimana. apakah Francis dengan Retno, atau Francis dengan Farah. endingnya justru seperti ingin mengatakan bahwa cewe itu bisa suka ama cowo yang suka sama dia.. err?

yah.. silahkan baca sendiri saja.. dijamin tidak rugi apalagi kalau memiliki novel ini sendiri (bukan minjem maksudnya hehe). packaging novel yang unik patut untuk dikoleksi🙂 dan karakter Yusup sukses membuat saya tertawa terbahak2.

PS: to read my other book review, click here

7 Responses to “[review] Novel: Travelers’ Tale”

  1. depz March 20, 2010 at 3:22 pm #

    hmm…. nice review

    boleh deh kapan2 nyari bukunya

    *salam kenal ya*

    • nadiafriza March 20, 2010 at 10:12 pm #

      salam kenal juga.. makasih udah komen
      met hunting buku hehe

  2. soulharmony March 21, 2010 at 10:19 am #

    itu buku lama saya,………..

    • nadiafriza March 21, 2010 at 9:35 pm #

      iya mas.. saya emang telat tau nya.. hehe

  3. 4d1tz March 21, 2010 at 8:12 pm #

    inspirasi buat traveling banget ni.. haha.. like this so much lah😀
    pengarangnya bisa menggambarkan kota dengan detail banget si.. :p

    • nadiafriza March 21, 2010 at 9:37 pm #

      yup setuju banget🙂 kalo pengarangnya pernah ke kota2 itu saya percaya deh.. hehe
      btw salam kenal yaa.. makasih udah komen mas

  4. ospa February 15, 2013 at 10:10 pm #

    Ya, saya baru saja memulai mmaksaembaca novelnya. Penasaran apa kata orang tentang novel ini.
    Salam kenal :)))

Leave a Reply

