perjalanan panjang menuju gatsu 517

19 Mar

Hari senin kemarin saya gagal mengurus tugas akhir ke PT. PINDAD karena ternyata pada hari itu perusahaan libur. Apakah hari itu tanggal merah? Tidak. Tapi hari selasa tanggal merah sehingga hari senin menjadi hari kejepit, makanya perusahaan diliburkan. Akhirnya hari rabu saya kesana lagi untuk mengurus izin penelitian, membuat ID card, dan mencari pembimbing penelitian di perusahaan.

Jika kamu ingin melakukan kerja praktek atau tugas akhir di pindad, berikut adalah alamat tujuannya:

Bagian Pendidikan dan Pelatihan
PT. PINDAD (Persero)
Jl. Gatot Subroto No. 517
Bandung 40284

dengan menyiapkan persyaratan berikut ini:

1. Proposal
2. Surat pengantar dari program studi
3. SKCK  (klik disini untuk membaca tentang pembuatan SKCK)
4. Pas foto 2×3 (2), 3×4 (3)
5. Fotokopi KTP (1)
6. Fotokopi KTM (1)

Mengurus izin penelitian di pindad tidak susah. Langsung datang ke bagian humas, lalu kita akan dioper ke bagian diklat untuk diproses disana. Yang susah adalah kalau kita datang diwaktu yang tidak tepat.. misalnya sedang ada pelatihan (pengalaman pribadi). Nah.. selamat menunggu berjam2 sampai dengan pihak yang berwenang bisa menerima kita.

Apalagi kalau misalnya calon pembimbing di perusahaan adalah orang yang memberikan materi di pelatihan tersebut. Kalau sudah begitu harus bersabar bisa bertemu calon pembimbing dengan bertemu di hari yang lain. Pulang dulu besok datang ke perusahaan lagi maksudnya, hehe.

Berhubung saya memang harus kuliah setelah makan siang, saya hanya bisa ke ataupun berada di perusahaan pagi2, sebelum jam istirahat makan siang. Padahal untuk mengurus id card itu dibutuhkan sehari penuh, apalagi kalau ditambah dengan mencari pembimbing. Karena itu semua urusan perizinan, pembuatan ID card, dan pembimbing saya selesaikan dalam 2 hari.

Untungnya perizinan sudah selesai, ID card sudah di tangan, sudah ketemu pembimbing, dan topik saya disetujui. Dan.. dapat pembimbing yang baik juga sepertinya. Oktober semakin dekat!

Semoga perjalanan jauh menuju perusahaan bisa berakhir dengan baik nantinya.. Amin.

23 Responses to “perjalanan panjang menuju gatsu 517”

  1. soulharmony March 20, 2010 at 1:41 pm #

    di Banjarmasin juga ada gatSu

    • nadiafriza March 20, 2010 at 10:12 pm #

      di jakarta juga ada gatsu kok.. hehe

  2. firmatha April 4, 2010 at 4:32 pm #

    gatsu apaan sih? :mode bego:

  3. seto February 18, 2011 at 9:01 am #

    skck harus ya?

    thnx info nya..

    • nadiafriza February 18, 2011 at 11:08 am #

      yup harus. kalau boleh saran, bikin skck dulu aja, baru ke pindadnya. jadi begitu ke pindad udah langsung bawa skck, ga perlu bolak balik kan.. rumah-saya pindad sih jauh banget. malesin kalo bolak balik..
      good luck!

      • seto February 18, 2011 at 1:02 pm #

        oh gitu ya..
        rencananya pengen kerja praktek disitu nih..
        skck kan ribet ngurusnya..

        thnx nih
        nice info…

        • nadiafriza February 18, 2011 at 5:37 pm #

          ribet karna ngurus dari RT ampe Polres ya..? jalani aja🙂
          kalo baca di postingan saya sebelum2nya, seminggu jadi kok😀

          semangat!

        • seto March 1, 2011 at 1:56 pm #

          eh,eh, biasanya KP di pindad bidangnya apa aja yah?

        • nadiafriza March 2, 2011 at 1:50 pm #

          sudah saya jawab via email ya. coba cek inbox kamu atau mungkin masuk ke spam

  4. suryawan12 March 25, 2011 at 10:24 pm #

    bidang apa sajakah yang bisa dijadikan bahan kerja praktek..dan bagaimana prosedur KP jika proposal di kirim melalui post???
    terim kasih.
    mohon pencerahan

    • nadiafriza March 26, 2011 at 12:24 am #

      Silahkan cek emailnya, mas.

      • Mifta August 10, 2011 at 12:57 pm #

        saya juga mau tanya sama seperti mas suryawan12, bidang apa sajakah yang bisa dijadikan bahan KP?

  5. Adnan March 13, 2012 at 7:26 am #

    saya mau tanya mbak, gimana prosedur KP kalo mau dikirim via post ya?🙂
    sya posisi dijogja soalnya

    Trimakasih

    • nadiafriza March 16, 2012 at 9:54 am #

      langsung kirim surat ke bagian diklat nya aja mas.🙂

      semoga langsung di-approve ya.. soalnya setau saya, yang mau KP di pindad peminatnya banyak, dan biasanya diutamakan yang masukkan lamaran langsung (bukan via pos).

      good luck!🙂

  6. kilat September 19, 2012 at 12:34 pm #

    maaf mau nanya..
    kalo fisika material bisa gak ya KP d pindad?

    makasih

    • nadiafriza September 19, 2012 at 12:40 pm #

      Maaf, saya kurang tau. Saya sudah tidak KP di Pindad lagi.

      • OiriMaple April 20, 2013 at 3:50 pm #

        mbak.. maw mita tolong dong dikirimin bidang apa aja yg bisa KP di Pindad,,, kira2 kalo teknik lingkungan bisa g?

        • nadiafriza April 20, 2013 at 10:50 pm #

          Oalah, maaf mas saya udah gak KP di pindad lagi. Jadi kurang tau teknik lingkungan bisa atau enggak. Tapi mestinya bisa sih ya.

          Kalo tinggal di bandung, mending langsung dateng ke pindad nya aja. Gampang kok ngurus nya, asal sabar.

          Good luck.🙂

  7. tata October 1, 2014 at 3:52 pm #

    aku dari politeknik nih kak,jadi ngga ada KP. adanya on the job training selama 4bulan. aku pengen banget magang di PINDAD,tapi ngga tau caranya buat masuknya😦 bisa dibantu?

  8. Riza December 24, 2014 at 2:52 pm #

    ada yg punya no telp/HP HRD Pindad atau yg bisa dihubungin selain kantor pusat ?

  9. Tegarpriambudi August 11, 2015 at 10:19 am #

    Wahhh, gmn yah pengalaman magang disana, saya Mahasiswa baru sih di Politeknik, di Semarang, boleh share pengalamanya waktu di Pindad ?? Saya dari Program Studi Elektronika , salam kenal,

  10. oktafian October 9, 2015 at 12:36 am #

    mau tanya mbak, kalau boleh tahu waktu mbak pkl di pindad, jurusan apa saja yang bisa pkl di sana ?
    Terima kasih

Leave a Reply

