me and SKCK [3]: polres.. akhirnya

12 Mar

ternyata.. surat pengantar dari RT/RW disimpan sebagai arsip di kelurahan, di kelurahan dibuatkan surat pengantar yang baru. surat pengantar dari kelurahan disimpan sebagai arsip di kecamatan, di kecamatan dibuatkan surat pengantar yang baru. surat pengantar dari kecamatan disimpai sebagai arsip di polsek, di polsek dibuatkan SKCK. tidak cukup sampai disana.. dari polsek masih harus ke polres lagi. SKCK dari polsek disimpan sebagai arsip di polres, di polres dibuat SKCK yang baru. ribet yaa..?

melanjutkan surat postingan saya sebelumnya (baca disini), akhirnya sayapun ke polres kamis pagi kemarin pukul 9. belajar dari pengalaman hari rabu, jam 8 petugas SKCK di polsek belum ada orang. untungnya kemarin itu benar2 tinggal mengambil karena SKCK saya sudah selesai dibikin. kalau kata teman saya, SKCK dari polsek sudah bisa digunakan untuk melengkapi surat ke pindad. tapi saat saya tanya petugas SKCK polsek, saya harus mengurus SKCK ke polres kalau ingin ke pindad. hmm okelah.. diikuti saja.

niat saya ingin mengurus SKCK di polres kamis sore harus batal karena pengurusan SKCK di polres hanya bisa sampai dengan jam 3, sementara saya baru bisa ke polres jam 4 sore. okelah.. saya lanjutkan mengurusnya jumat pagi.

tapi…

apa daya jumat pagi saya tidak kebangun dan baru bisa sampai polres jam setengah 12. hari jumat jam segitu petugasnya sudah siap2 mau sholat jumat. akhirnya saya hanya dikasih formulir screening untuk diisi dan disuruh kembali lagi setelah sholat jumat. berikut ini adalah persyaratan untuk mengurus SKCK di polres:

SKCK dari polres
fotokopi KK (1)
fotokopi KTP (1)
pas foto 4×6 (5)
mengisi formulir screening
mengisi formulir sidik jari

jam setengah 2 saya sampai di polres, langsung disuruh mengisi formulir sidik jari untuk kemudian mengambil sidik jari. setelah mengambil sidik jari, saya menyerahkan semua berkas yang dibutuhkan ke loket pengurusan SKCK dan jam 2 lebih, SKCK saya sudah selesai. SKCK saya sudah bisa digunakan untuk diserahkan ke pindad..

akhirnya.

apakah mengurus SKCK cepat? pembuatan suratnya cepat.. mengurusnya ribet. apakah birokrasi indonesia berbelit2? iya. apakah saya mau kalau disuruh membuat SKCK lagi? ya tuhan.. semoga tidak perlu… semoga saya tidak lupa memperpanjang jadi tidak perlu ribet mengulangi langkah2nya dari awal lagi

perlu diketahui SKCK hanya berlaku 3 bulan.. haha. ribet banget dah..

semoga urusan saya di pindad hari senin lancar.. amin🙂

Leave a Reply

