[recipe] pancake

6 Mar

that was so sweet.. my mom offered to teach me how to make pancakes.. really.

saya yang dulu mungkin akan tertawa mendengar tawaran ibu.. atau mungkin juga menjawab malas “belajar bikin pancake? buat apa ma..?”. tapi saya yang sekarang langsung tersentuh mendengar tawaran dari ibu.. lebih tepatnya… senang dan antusias “boleh ma.. hayuk hayuk!”.

saya tidak tau saya senang karena akan belajar bikin kue, atau karena ibu menawarkan untuk mengajarkan bikin kue, atau karena ibu sudah lama sekali tidak mengajak atau meminta tolong bantuan saya di dapur. termasuk menawarkan belajar membuat kue.. karena tanpa ditanya pun sudah pasti saya tolak.. saat itu.

ini resep pancake dari ibu saya:

500gram tepung (untuk 5 porsi tebal/7porsi tipis)

4butir telur

margarin

100gram vermipan

gula

air putih

langkah2:

1. panaskan margarin diatas wajan, tunggu sampai semuanya mencair, kemudian dinginkan

2. masukkan tepung ke dalam wadah, campur dengan 4 butir telur dan 2 gelas air putih hangat (jangan panas, jangan dingin). aduk2 adonan

3. campur adonan dengan margarin cair yang suhunya sudah turun

4. masukkan vermipan dan gula ke dalam adonan, aduk2 hingga merata

5. masukkan 2 gelas air putih biasa ke dalam adonan, aduk2 hingga merata

5. tunggu sampai keluar gelembung2 dari adonan.. kemudian diamkan selama beberapa menit

6. panaskan wajan

7. ambil adonan dari wajan secukupnya kemudian tuangkan diatas wajan

8. tunggu beberapa menit sampai masak

9. (jika diinginkan) balik adonan di atas wajan

10. ambil pancake dari wajan, taruh diatas piring

11. sajikan pancake dengan cokelat, keju, madu, sesuai selera

ada suatu ketika disaat ibu meminta saya untuk memasukkan 2 gelas air hangat kedalam adonan sambil bertanya:

ibu: kenapa air hangat na? kenapa bukan air panas?

saya: (saya yang tidak mengerti mengenai buat-membuat kue hanya bisa mengingat pelajaran biologi waktu sekolah dulu) biar proteinnya ga rusak?

ibu: kenapa bukan air dingin?

saya: ga tau.. biar adonannya bisa nyatu kali?

ibu: bukan.. karena kalau di air dingin vermipannya ga bisa ngembang na. vermipannya cuma bisa ngembang di air hangat.. suam2 kuku gitu

saya: (ngangguk2 patuh) hoo okee..

ternyata selain bagaimana membuat kuenya, saya juga harus mengerti alasan2 dibalik bahan2 kuenya.. oke deh mama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: