[review] Book: Who Moved My Cheese?

1 Mar

saya bukan tipe pembaca buku2 positif seperti 7 Habbits karangan Stephen R Covey. tipe buku yang menyarankan kita untuk melakukan sesuatu.. lengkap dengan langkah2nya. saya lebih suka tipe buku yang bercerita (seperti Dont Sweat Small Stuffs) walaupun mungkin yang diceritakan adalah hal2 berat berisi pengetahuan baru.. ataupun memang buku cerita ringan.

saat masih sekolah, saya pernah direkomendasikan buku Who Moved My Cheese? karangan Spencer Johnson oleh teman saya. buku ini termasuk buku positif dengan tipe bercerita. awalnya saya tidak tertarik untuk membaca apalagi buku tersebut. alasannya adalah karena saya sudah kapok membeli buku yang direkomendasikan teman saya tersebut. buku2 yang direkomendasikan teman saya itu selalu buku2 positif yang bukan bercerita.

Who Moved My Cheese?

Sumber Gambar: (klik disini)

Who Moved My Cheese? dilatarbelakangi dengan sekelompok anak sekolah yang harus mengalami perubahan jadwal sekolah, dari 2 semester menjadi 3 semester, sesuai dengan kebijakan sekolah mereka. reaksi anak2 tersebut saat mengetahui berita tersebut pada umumnya sama, yaitu mengeluh dan mempertanyakan kenapa pihak sekolah dengan seenaknya mengubah kebijakan. kecuali satu anak, yang bisa tersenyum saat mengetahui berita tersebut dan melihat reaksi teman2nya.

kemudian Chris bercerita mengenai Who Moved My Cheese?. mengenai 2 tikus, Sniff dan Scurry, dan 2 kurcaci, Hem dan Haw. keempat tokoh tersebut merupakan perlambangan dari sifat2 yang mungkin dimiliki manusia dalam mencari Cheese masing2. Cheese sendiri merupakan lambang dari apa saja hal2 yang membuat manusia hidup bahagia, tergantung dari manusia itu sendiri.

keempat tokoh tersebut harus mencari Cheese dalam labirin. perjuangan mendapatkan Cheese tidak mudah, karena labirin yang mereka hadapi sangat sulit dan berbelok2, bahkan tidak jarang menemukan jalan buntu. saat menemukan Cheese, Sniff dan Scurry menggantungkan sepatu lari mereka pada leher, sehingga jika suatu saat dibutuhkan, mereka dapat dengan mudah menggunakannya lagi. kedua tikus tersebut juga tetap dengan rajin pergi pagi2 ke tempat Cheese berada dan selalu berjaga2 melihat situasi yang terjadi pada Cheese mereka.

sementara saat menemukan Cheese, Hem dan Haw menaruh (melemparkan lebih tepatnya) begitu saja sepatu lari mereka, berserakan, sampai suatu saat tidak diketahui lagi keberadaannya. kedua kurcaci itu juga menjadi malas, bangun lebih siang, berjalan santai menuju tempat Cheese mereka.

sehingga pada saat Cheese masing2 menghilang, Sniff dan Scurry langsung pergi mencari Cheese yang baru. kedua tikus, karena selalu berjaga2, sudah mengantisipasi saat Cheese mereka menghilang. sedangkan Hem dan Haw bersungut2, mengeluh, dan selalu berharap Cheese mereka akan kembali begitu saja. kedua kurcaci terperangkap dalam keadaan nyaman yang mereka rasakan di tempat Cheese, dan tidak bisa melihat kemungkinan perubahan bahwa suatu saat Cheese mereka akan menghilang.

disaat Sniff dan Scurry sudah bisa menemukan Cheese yang baru. Hem dan Haw masih terjebak di tempat Cheese mereka yang lama. sampai suatu saat Haw memutuskan untuk berubah.. dan mulai mencari Cheese yang baru. sementara Hem tetap bertahan di tempat yang lama, tidak mau mengikuti Haw.

buku ini bercerita dalam bahasa ringan yang dapat dengan mudah dimengerti semua kelompok umur. siapa kita dalam cerita tersebut, apa yang kita dapatkan atau bisa pelajari dalam cerita tersebut, benar2 tergantung bagaimana kita menerima cerita tersebut.

sayang sekali saya sempat melupakan buku bagus ini dan cerita hebat didalamnya. beberapa bulan belakangan ini saya sempat terjebak menjadi Hem.. sekarang saya harus bisa lebih baik lagi. menjadi Haw setidaknya..

selamat membaca!

PS: to read my other book review, click here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: