ingatan manusia

24 Feb

taukah kamu bahwa manusia mempunyai lebih dari 10 milyar sel otak? berbagai macam fungsi dapat dilakukan oleh otak, salah satunya adalah mengingat. dengan didukung lebih dari 10 milyar sel otak, tidak heran kalau manusia mempunyai kemampuan ingat yang baik. ada banyak tempat yang tersedia untuk menyimpan (arsip2) ingatan manusia, baik ingatan secara sadar ataupun tidak sadar.

ingatan secara sadar adalah ingatan yang disimpan didalam (arsip2) otak kita. semakin sering kita menambah informasi mengenai suatu hal, akan semakin tebal arsip mengenai hal tersebut dalam otak kita. jika kita jarang ataupun tidak pernah memperbarui suatu arsip, maka ingatan mengenai hal tersebut akan sulit untuk dicari. tidak dilupakan tapi lebih sulit untuk ditemukan dibanding arsip2 yang lebih sering diperbarui. juga tidak akan hilang, karena arsip tersebut sudah pernah tersimpan, dalam bentuk hardcopy arsip dalam otak. sudah pernah meninggalkan jejak (bukti) dalam dunia per-arsip-an dalam otak kita.

ingatan tidak sadar manusia akan muncul dalam bentuk lain yang bukan ingatan, seperti trauma. misalkan tangan kita mengalami cedera karena suatu kecelakaan. walaupun tangan yang cedera tersebut sudah sembuh, namun tubuh kita mengingat (dengan jelas) bagaimana rasa sakit yang pernah mendera tangan kita. ingatan tidak sadar tersebut membuat kita lebih berhati2 dalam bergerak, secara refleks gerakan tubuh kita juga seperti ingin melindungi tangan tersebut. padahal cedera pada tangan sudah sembuh.

karena tidak sakit hati ataupun memang bukan hal yang besar, memaafkan menjadi mudah dilakukan bagi sebagian orang. namun walaupun sudah memaafkan suatu kesalahan, hal tersebut tidak mudah untuk dilupakan. hati sudah memaafkan, tapi otak tidak melupakan. kenapa? karena otak manusia menyimpan suatu hal dalam 2 bentuk, ingatan sadar dan tidak sadar. otak kita secara sadar pernah menyimpan (merekam) memori tersebut dalam suatu tempat di otak kita. otak kita juga secara tidak sadar mengingat bagaimana sakit yang pernah dirasakan.

mungkin karena itulah muncul ungkapan Forgiven But Not Forgotten. mengerikan? ya.. dan itulah otak manusia.. terima atau tidak terima.

p.s.: mistakes that i’ve done.. these (might be) forgiven but (these might be) not forgotten.. what else can i do beside accept it? that these (might be) not forgotten

4 Responses to “ingatan manusia”

  1. martinbudi February 25, 2010 at 2:51 pm #

    i love the p.s.

  2. hellgalicious February 25, 2010 at 4:18 pm #

    yeah
    hati memang mudah memaafkan tapi otak sukar melupakan

    gue suka postingan lo

    • nadiafriza February 28, 2010 at 11:13 am #

      dan itu menakutkanšŸ˜

      makasihšŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: