permainan masa kecil

21 Feb

masa kecil kerap menghantui saya belakangan ini. saya masih dalam masa introspeksi diri. termasuk mengingat2 masa kecil saya. bagaimana saya saat itu. dan bagaimana saya bisa menjadi diri saya yang sekarang. apa yang berubah dan apa yang tetap melekat pada diri saya..

ketika masih sekolah dasar.. permainan di luar rumah saya bersama anak teman perempuan adalah berenang, main basket, dan main sepeda. bersama anak teman laki2 adalah main scrabble, main tenis, dan main tenis meja. bersama keduanya adalah main boling, main kasti, main benteng, main pakpung, dan main cakbur. dua permainan yang disebut belakangan adalah nama permainan dengan menggunakan bahasa daerah.. saya tidak tahu apakah permainan tersebut mempunyai nama bahasa indonesia ataupun tersebar di bagian indonesia yang lain.

saya lebih sering melakukan aktivitas di luar rumah saat masih kecil. tidak heran warna kuliat saya sekarang coklat gosong begini. dan mungkin karena alasan itu juga saya malas beraktivitas di bawah matahari sekarang ini.. sudah cukup jam terbang saya saat jaman kecil dulu saja hehe.

UNO

permainan di dalam rumah bersama teman perempuan adalah uno, halma, congklak, masak2, dan internetan. bersama teman laki2 adalah monopoli, domino, dan barbie *demi tuhan.. percaya aja deh sama saya*. selain dari bermain2 dengan teman2.. saat kecil saya juga sudah terbiasa dengan les2 seperti les tari, les bahasa inggris, les gambar, dan les organ. klub renang dan klub tenis juga termasuk.

Domino

sering saya miris melihat adik2 sepupu saya yang lebih sering bermain di dalam rumah bersama1 teman2nya, atau bahkan tanpa teman sama sekali. melakukan permainan tanpa gerakan, kecuali kalau olahraga jari2 tangan termasuk aktivitas bergerak. termasuk playstation, games komputer, dan jenis2 permainan di depan layar lainnya *tidak heran sepupu2 saya putih2 semua.. loh? ;p*.

ada juga anak kecil yang les kesana kesini.. waktu bermain jadi kurang sedikit sekali. karena sore dipakai buat les, malam buat bikin peer. padahal usia sekolah dasar adalah masa senang-senang, merasakan nikmatnya menjadi anak kecil. yang tidak perlu pusing memikirkan permasalah dunia keluarga. masa2 indah yang sayang sekali kalau dilewatkan dalam bentuk yang berbeda.. atau bahkan menjadi terlewat sama sekali.

permainan tradisional akan semakin kehilangan bentuknya.. tidak ada yang mewarisi tergilas oleh perubahan gaya hidup masyarakat. anak kecil lebih sering berada di dalam rumah ketimbang di luar rumah.. menghirup udara bebas. yang dihirup adalah udara hasil pendingin ruangan (baca: AC) di dalam rumah. kurang bergerak, terlindung di dalam dinding rumah yang aman.. menyebabkan anak2 menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

generasi muda indonesia yang akan datang… sayang sekali

17 Responses to “permainan masa kecil”

  1. hellgalicious February 22, 2010 at 10:10 am #

    jaman sekarang permainan udah pada modern
    permainan tradisonal jaman dulu udah mulai ga di pake lagi.

    uno? aku pengen maen uno.

    • nadiafriza February 22, 2010 at 4:16 pm #

      main uno itu enakan rame2 bareng temenšŸ™‚ yang ada ketawa mulu deh.. apalagi kalo yang kalah ada hukumannya hehe

  2. sunarnosahlan February 22, 2010 at 4:46 pm #

    beda jaman beda permainan itulah yang saya rasakan

  3. elia|bintang February 23, 2010 at 9:50 am #

    perkembangan teknologi misalnya internet dan playstation, emang ngebuat anak2 kecil jadi lebih nyaman di dlm rumah ya.. paling ngajakin tmn2nya rame2 ke rumah. kyknya sekarang anak2 yg main layangan udh tambah sedikit..

    salam kenal yah!šŸ˜€

    • nadiafriza February 28, 2010 at 11:17 am #

      iya bener banget.. tempat main udah bukan di taman kompleks lagi.. tapi di dalam rumah..

      salam kenal jugašŸ™‚ makasih udah komen ya..

  4. depz February 24, 2010 at 3:47 pm #

    jadi kangen maen bentengan, galasin, petak lele, petak umpet dll

    sekarang udah ga jamannya
    mungkin karna kemajuan teknologi
    tp yg pasti permainan masa kanak2 dulu mengutamakan kekompakan dan sosialisasi dengan teman-teman lain

    beda dengan mainan hi tech
    salam

    • nadiafriza February 28, 2010 at 11:18 am #

      petak lele itu mainnya kayak gimana?

      iya main bentengan.. bahasa kerennya hide n seek. bahkan permainan tradisional itu aja dimainin ama anak2 bule hehe

      interaksi langsung dengan teman2nya.. itu yang hilang

  5. riez April 11, 2010 at 8:26 pm #

    wuaah, jadi sedih…
    kemaren lagi bercanda sama kakak maen bentengan, truz tiba2 adek nongol sambil megang PSP and bilang “ihh, maen apaan sih, gak jelaz…” T.T

    • nadiafriza April 11, 2010 at 10:24 pm #

      hehehe.. susah yaa. padahal kita main bentengan juga main psp juga..
      kasian adek2 setelah kita tuh yang ga kenal ama main bentenganšŸ™‚

  6. ryo June 11, 2010 at 7:56 pm #

    gw maen pistol2an..

    • nadiafriza June 12, 2010 at 6:30 pm #

      you’re a guy. bahkan mainan pistol air aja gw ga pernah punya.. hehe

  7. ryo June 11, 2010 at 7:57 pm #

    gw rajana maen domino..

    • nadiafriza June 12, 2010 at 6:33 pm #

      kecil main domino gedenya main poker ya? hehe

  8. Consignment Shop March 15, 2011 at 9:59 am #

    Hi. this is kind of an -unconventional- question , but have other visitors asked you how get the menu bar to look like you’ve got it? I also have a blog and am really looking to alter around the theme, however am scared to death to mess with it for fear of the search engines punishing me. I am very new to all of this …so i am just not positive exactly how to try to to it all yet. I’ll just keep working on it one day at a time.

  9. sonic March 22, 2011 at 11:29 am #

    You made some Good points there. I did a search on the topic and found most people will agree.

  10. gingerbreadandtea April 21, 2013 at 12:41 pm #

    ugh classic games! jadi nostalgia ihikšŸ™‚

Leave a Reply

