[review] Novel: 5 cm

19 Feb

setiap kali kita kehilangan semangat, arah, dan motivasi, ada baiknya kita memiliki suatu pemicu agar kita kembali menjadi bersemangat dan terarah lagi. ada sebagian dari kita yang mencarinya dalam kitab suci.. dalam kenangan masa lalu.. dalam petuah2 orang tua.. dalam mimpi2 kita.

saat ini, penyemangat saya ada 2. jika saya kehilangan semangat berakademis, saya akan mencarinya dalam dorama jepang Dragon Zakura (selengkapya baca disini). jika yang hilang adalah semangat hidup saya, termasuk mengenai keluarga, teman, sosial, cita2, saya akan mencarinya (kembali) dalam novel 5 cm karangan Donny Dhirgantoro. percaya atau tidak, kedua benda berharga tersebut diperkenalkan oleh teman saya, farah. coba bayangkan apa jadinya saya kalau tidak mengenal farah😉

padahal saya baru kenal farah saat masih tingkat 1. kemana saya mencari saat sebelum kuliah ya?

novel 5 cm menceritakan persahabatan 5 anak muda, kegilaan2 mereka, masa muda, cita2, dan cinta pada negara. bukan cinta pada penguasa negara, tapi pada tanah air kita. pada ibu pertiwi yang tidak kenal lelah memberikan alam, tanah, air, dan udaranya pada kita. padahal kita selalu merusaknya. pada negara yang sudah memberikan penghidupan pada kita.

5 cm

noveel ini mengajarkan kita semangat nasionalisme *sesuatu yang masih saya cari2 apa maknanya bagi saya* tanpa bermaksud menggurui didalamnya. tata bahasa yang sesuai dengan usia muda seperti kita ini, tidak formal, tapi juga bukan bahasa gaul abg labil. menyentuh tapi tidak cengeng. saya ingat saya selalu berkaca2 pada 1 bagian yang sama dalam novel ini, berapa kalipun saya baca.

novel ini sukses membuat saya menyesal tidak keras kepala ikut sispala (baca: siswa pecinta alam) saat masih sekolah menengah atas dulu. dilarang ibu saya, biasa. novel ini juga yang membuat saya memendam ambisi bahwa suatu saat nanti saya harus bisa naik ke puncak gunung.

ada yang mau pergi ke carstensz *mimpi banget*?

PS: to read my late novel review, click here

15 Responses to “[review] Novel: 5 cm”

  1. avokadojuice February 19, 2010 at 10:59 pm #

    pertamaax iaa…
    Q prnh bc novel itu, isinya mank bagus bgt, keren abis n bs jadi penyemngat hdp
    bs dibilang smpai saat ini Q jg msh t’inspirasi ma tu novel…

    • nadiafriza February 21, 2010 at 9:21 pm #

      setuju.. buku yang bagus banget🙂 ngamalin isi bukunya yang susah banget hehe

  2. firmatha February 20, 2010 at 4:53 pm #

    wah kayaknya perlu ikut baca tuh ……

    • nadiafriza February 21, 2010 at 9:22 pm #

      ayo ayo baca🙂 dijamin suka deh hehe

  3. hanif sri utami February 20, 2010 at 11:30 pm #

    waaahhh,, love this book, too!

    *ajak2 ya nad, kalo mau ke mahameru. aye mau ikuuut! =P

    • nadiafriza February 21, 2010 at 9:24 pm #

      amin amin banget nif🙂
      kita mesti mulai latian dari sekarang nih hehe

  4. martinbudi February 22, 2010 at 1:28 pm #

    misi.. misi…
    masi dalam proses baca ni buku

    • nadiafriza February 22, 2010 at 4:17 pm #

      met melanjutkan🙂 dijamin ketagihan buat baca ulang berkali2 deh

  5. Fahmi February 22, 2010 at 6:38 pm #

    mampir lagi,,,,em,,klo dikampusku novel ni terkenal bgt…(bahkan sbelum ak ktrima masuk pun udah terkenal,,halah…)
    tp,,mahameru emang keren lho… n km bisa memetik bunga edelweis n dibawa pulang…(sampai skarg pun bunga nya masih ada bwat hiasan di kamar kos..)

    btw,,blog nya bagus…ak ijin link blog mu yah…..

    cheers…

    • nadiafriza February 28, 2010 at 11:20 am #

      ” bisa memetik bunga edelweis n dibawa pulang” >> di novelnya ini dikritik banget mas.. “katanya ngaku pecinta alam tapi malah bangga udah metik edelweis.. itu kan merusak alam” yaa seperti itulah hehe..

      makasih🙂 salam kenal ya..

      • Fahmi March 1, 2010 at 12:05 pm #

        hueehee…. iya yah,,habisna banyak bgt tu bunga nya… kaya bunga di tepi jalan,,sayang klo gk dipetik,,halah…

        yup,,salam kenal jg….

  6. maryam February 23, 2010 at 11:44 am #

    top dah, cuma endingnya agak aneh:mrgreen:

    • nadiafriza February 28, 2010 at 11:22 am #

      iya setuju banget.. ending nya agak maksa… n gw ga suka endingnya jadi gitu.. hehe

  7. AnggaRifandi February 23, 2010 at 5:54 pm #

    mampir, review bukunya menarik, jadi pengen baca juga …

    bener-bener keren ya?

    • nadiafriza February 28, 2010 at 11:24 am #

      lumayan keren untuk novel karangan penulis indo kalo menurut gw🙂 hehe.. met baca!

Leave a Reply

