[recipe] membuat kue: chocoball

15 Feb

weekend kemaren saya bengong sebenar2nya bengong. okelah.. tidak ada kerjaan atau rencana hidup apapun yang ingin dan akan dikerjakan lebih tepatnya. jadi saya mencari2 pekerjaan untuk dilakukan. tiba2 saya ingat kejadian sewaktu masih sd, kira2 kelas 3. seorang teman baik saya saat itu (hai ella.. kamu apa kabar sekarang teman?) mengajak saya membuat kue. saya lupa apa sebutan yang diberikan pada kue tersebut oleh teman saya saat itu. tapi saya ingat, kue yang kami bikin saat itu persis dengan kue rumball yang saya kenal sekarang.

dipicu oleh teman saya, kaca, yang sudah jago membuat cupcakes, saya pun ingin mencoba2 membuat kue. berhubung cupcakes terlalu tinggi ilmunya dan tidak terjangkau oleh saya yang baru berkenalan *lagi* dengan dapur ini, maka saya ingin mencoba membuat kue lain, yang lebih mudah simpel. saya teringat pada ella dan anggi, yang juga pernah membuat rumball. dan saya putuskan.. rumball adalah kue pertama yang saya buat tanpa bantuan/panduan orang lain *kalau rumball bisa dibilang dengan kue*.

berikut ini adalah bahan yang dibutuhkan:

250 gram biskuit marie regal (ataupun merk lainnya)

50 ml susu kental manis

100 gram meses

1 bar coklat blok

karena rumball yang saya bikin tadi pagi ini tidak menggunakan rum (baik alami maupun sintetik), maka kue ini saya sebut dengan chocoball🙂

cara pembuatan chocoball:

1. masukkan marie regal ke dalam wadah

2. hancur2kan marie regal (dengan bantuan gelas ataupun alat lainnya) sambil menuangkan 50 ml susu kental manis dan 50 gram meses ke dalam adonan

3. haluskan adonan sampai tidak terasa lagi potongan2 marie regalnya

4. ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat2 menyerupai bola dengan tangan

5. lakukan langkah 4 sampai adonan dalam wadah habis

ada kejadian bodoh saat saya akan menghancurkan marie regal dalam adonan. saya sibuk mencari2 blender (yup BLENDER.. bukan mixer) yang ternyata sedang dipakai ibu saya untuk menggiling cabe.

saya: ma make blendernya masih lama ga?

ibu: kamu mau pake buat apa?

saya: ngehancurin regal

ibu: pake tangan aja.. kasihin air juga regalnya hancur kok

saya: pake blender aja biar cepet. es aja bisa hancur kan pake blender

ibu: pake tangan kasih air.. kamu ini mau mudahnya aja

*ternyata memang menghancurkan marie regal itu pake tangan (kalau kata teman saya) bukan pakai blender. membuat kue memang harus dengan cinta dan pengorbanan halah

seperti spaghetti yang saya buat (selengkapnya baca disini), saya pun iseng bereksperimen dalam menghias chocoball buatan saya.

EKSPERIMEN 1

6. oleskan mentega pada wajan, kemudian panaskan

7. taruh 1 bar coklat blok di atas wajan, tunggu hingga meleleh

8. taruh chocoball diatas wajanm aduk2 hingga seluruh permukaan chocoball tertutupi coklat

Chocoball: Eksperimen 1

EKSPERIMEN 2

6. oleskan panci dengan mentega, kemudian panaskan

7. taruh1 bar coklat blok di atas wajan, tunggu hingga meleleh

8. masukkan 10 ml air ke dalam panci, aduk2 hingga lelehan coklat merata

9. masukkan chocoball ke dalam panci sampai dengan seluruh permukaan chocoball tertutup coklat

10. angkat chocoball, taburkan meses ke seluruh permukaan chocoball

Chocoball: Eksperimen 2

EKSPERIMEN 3 (merupakan lanjutan dari eksperimen 2, lakukan sebelum coklat dalam panci berjumlah setengah dari awal)

6. masukkan kembali 1 bar coklat blok dalam panci

7. aduk2 hingga meleleh (coklat dalam panci harus lebih kental dari coklat dalam eksperimen 2)

8. masukkan chocoball dalam panci, aduk2 sampai seluruh permukaan chocoball tertutupi coklat

Chocoball: Eksperimen 3

setelah setiap tahap selesai dilakukan, taruh chocoball ke dalam wadah, lalu simpan dalam kulkas. tunggu minimal setengah jam, chocoball yang enak siap untuk dihidangkan🙂

eksperimen mana yang menghasilkan chocoball paling enak *anggap saja sangat enak😉 hehe*? jangan biarkan pelaku eksperimen menilainya.. tunggu beberapa saat lagi… chocoball2 menggugah selera ini akan saya sajikan pada keluarga saya tercinta🙂

p.s. untuk penyajian yang lebih menarik, chocoball dapat disajikan diatas wadah kertas seperti gambar dibawah ini:

(bukan) RUMBALL (saya)

p.s.s saya memang mencoba hidup sehat dengan tidak makan daging merah, tapi.. menjauhi gula2 itu rasanya sulit sekali yaa.. ancaman diabetes mengintai saya😐

14 Responses to “[recipe] membuat kue: chocoball”

  1. unending dreams April 24, 2010 at 11:18 am #

    Nice .. the last ones seem delicious😀

  2. yoan sulistyo May 16, 2010 at 2:01 pm #

    serius apa lo mau ngancurin regal make blender??? nad, oh, nad….-____-“

    • nadiafriza May 17, 2010 at 6:00 am #

      umm teknologi yg penggunaanya kurang tepat ya yo? :p

  3. Tyas June 26, 2010 at 12:24 am #

    makasih serepnya, dibookmark dulu kapan-kapan dipraktekin.

    • nadiafriza June 26, 2010 at 1:03 pm #

      makasi udah ngebookmark🙂 hehe..
      moga2 punya waktu buat ngepraktekin yaa.. gampang n cepet kok bikinnya🙂

      • mei June 28, 2010 at 1:55 pm #

        hancur2kan marie regal trus menuangkan 50 ml susu kental manis dan 50 gram meses ke dalam adonan

        yg susu dan meses y d taruh k adonany langsung y?

        • nadiafriza June 28, 2010 at 7:14 pm #

          sambil dihancur2in sambil dituangin susu ama mesesnya🙂 biar merata..
          tapi kalo ribet: hancur – tuang – hancur – tuang – hancur juga gapapa kok.. gimana enaknya aja

  4. mei June 28, 2010 at 8:55 pm #

    marie regal y d hancurin y kayk gimana y ?

    haha pengen bisa bikin T.T

    • nadiafriza June 30, 2010 at 12:26 am #

      yaa dihancurin aja pake tangan.. ditumbuk2in *aduh ini bahasa indonesia apa bukan yaa :p*
      tapi kalo saya ga sanggup pake tangan aja.. jadi ngehancurin regal nya pake bantuan gelas + air secukupnya.. jangan ampe lembek banget adonannya apalagi sampe airnya menggenang..
      ayo ayo dicoba aja ga perlu mikir😉 gampang banget koo hehe

  5. Ifan Jayadi July 6, 2010 at 3:58 pm #

    Kayanya lumayan mudah nih membuatnya dan menggugah selera juga

    • nadiafriza July 6, 2010 at 6:18 pm #

      yup🙂 ga susah, ga ngabisin banyak waktu, n enaaakk🙂 *bikinan sendiri sih selalu enak haha*

  6. gendys January 12, 2011 at 12:56 pm #

    nadya…longtimenosee..

    maw coba juga ah nad..
    maw nyoba yang eksperimen pertama..
    trus masukin kulkas..
    hehe..

    btw gw link yah blognyaa..^^
    hihi

    • nadiafriza January 22, 2011 at 8:19 am #

      hai dyyyss🙂 apa kabar bu sekarang? masih di indonesia kah? hehe🙂

      gw masih terjebak di itb nih huhu.. doain bisa cepet keluar yaa..

      asiiikk kamu punya blog selain yang di friendster😉 ada apa toh dengan bianglala?😀

Leave a Reply

