paranoid: bukan hal baru

8 Feb

sudah sejak lama saya ketahui bahwa saya cukup paranoid terhadap sesuatu, terutama pada hal2 yang tidak bisa saya kendalikan. seperti misalnya pemikiran orang.

saya selalu berkata pada teman saya, “i dont care what people thinks about me“. dan pada saat saya mengatakan hal itu, maka pernyataan saya tersebut benar adanya.. pada saat itu. saya2 benar tidak peduli (saat itu) apa pemikiran orang terhadap saya. kenapa? karena ada saatnya dimana saya menjadi benar2 memikirkan pendapat orang. yaitu saat saya tidak bersikap apatis. disaat saya menjadi (sangat) sensitif. oleh karena itu saya lebih memilih untuk tidak peduli, karena jika saya memperdulikannya, saya menjadi sangat memikirkan hal tersebut. dan yang (biasanya) terpikirkan adalah hal2 yang jelek2 saja.

pemikiran orang disini termasuk jalan pikir orang lain. saya ingat kejadian lama, saat saya akhirnya terpaksa berani naik angkot. sialnya, pengalaman saya naik angkot pertama kali sekaligus naik angkot sendirian pertama kali juga.

sejak kecil sampai dengan sma kelas 1, saya tinggal di perumahan terbatas milik perusahaan. jangan bayangkan perumahan tersebut seperti perumahan di kota besar, bandung misalnya. bayangkan perumahan perusahaan tersebut sebagai kota satelit untuk lingkungan terbatas, dimana yang boleh masuk kesana hanya pegawai perusahaan beserta keluarganya. ataupun tamu2 perusahaan yang sudah diberikan izin masuk.

dalam lingkungan terbatas tersebut, saya lahir dan dibesarkan. karena lingkungan terbatas, otomatis setiap orang saling mengenal satu sama lain. perpindahan dalam perumahan dapat dilakukan dengan mudah, berjalan kaki, naik sepeda, motor, mobil, bus keliling setiap jam, ataupun taksi. semuanya tersedia di dalam perumahan (termasuk playgroup, tk, sd, smp, sma, kantor, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan voli, lapangan softball, lapangan bola, lapangan golf, kolam renang, library, rumah makan, mess, gedung rekreasi, gereja, masjid, american school, helipad, dan lainnya) sehingga semua orang merasa nyaman berada didalamnya. termasuk saya.

saat masih kecil, saya hanya akan keluar perumahaan jika ingin rekreasi bersama keluarga. petualangan dimulai saat sekolah menengah pertama kelas 1. saya mulai bolak balik pekanbaru-perumahan demi les bahasa inggris di LIA (saat itu belum ada EEP). sebenarnya dalam perumahan juga tersedia bermacam2 les, seperti melukis, menari, bahasa inggris, dan lainnya. tapi anggap saja saat itu saya iseng ingin les di tempat yang jauh dan melelahkan. sekaligus melihat dunia luar. akhirnya dengan baik hati ibu saya mengizinkan dan beliau bersedia mengantar jemput setiap saya les.

sampai pada suatu sore menjelang maghrib, ibu saya mengabarkan bahwa beliau tidak bisa menjemput. sehingga saya harus pulang naik angkot (untuk pertama kalinya) dan sendirian (juga untuk pertama kalinya). saya panik, bete, dan takut sekali saat itu. teman dari perumahan yang juga sama2 les disana dijemput oleh om-nya naik motor saat itu sehingga saya tidak bisa menebeng pulang.

dengan menahan tangis, daripada tidak bisa pulang sama sekali, akhirnya saya memberanikan diri naik angkot sendirian. untung saya tau kalau mau pulang naik angkot jurusan apa.

selama di angkot, paranoid menyerang. saya sangat curiga sekali pada 2 bapak berjaket hitam yang selalu melihat ke arah saya, terutama saat saya memastikan supir angkot bahwa angkot jurusan tersebut memang melewati perumahan yang saya maksud. benar2 melihat. saat saya balas lihat balik pun kedua bapak tersebut tetap melihat saya. ke mata saya. saat itu saya takut diserang, takut diculik, takut dirampok, komplit. dan tentu saja, sampai akhirnya sampai di gerbang perumahan, tidak terjadi kejadian buruk apapun. saya selamat sampai di tujuan.

bahkan saat saya cerita pada ayah saya, beliau sambil nyengir berkata, “kamu nangis kali selama di angkot makanya diliatin mulu ama orang

ha

Leave a Reply

