[review] Novel: The Time Traveler’s Wife

7 Feb

The Time Traveler's Wife

Sebuah buku oleh Audrey Niffenegger

Saya sudah lama mendengar betapa bagusnya buku ini  (TTTW). Saya selalu ingin membaca TTTW, namun selalu tidak sempat. Sampai pada beberapa bulan menjalang akhir tahun 2009 saya mengetahui bahwa TTTW sedang dibuat filmnya, saya langsung membeli best seller book tersebut. Saya lebih suka membaca versi buku terlebih dulu baru kemudian menonton versi filmnya.

Buku TTTW ini menceritakan kehidupan seorang Clare Abshire yang jatuh cinta hingga kemudian menikah dengan Henry DeTamble, seorang penjelajah waktu. Alur buku, sama dengan alur dalam film, maju mundur, sesuai dengan perpindahan waktu yang dialami Henry. Penceritaan dalam buku sangat detail dan tidak membingungkan, sehingga jika kita membaca bukunya terlebih dulu kemudian baru menonton filmnya, maka kita tidak akan mengalami kesusahan. Berbeda jika kita tidak membaca buku namun langsung menonton filmnya, maka perpindahan scene akan terasa sangat kasar.

Diceritakan pengalaman Henry pertama kali mengalami penjelajahan waktu, yang kemudian menyebabkan kematian ibu Henry dan membuat hubungan Henry dan ayahnya menjadi buruk. Diceritakan juga bagaimana pertemuan Henry dan Clare pertama kali menurut Henry, dan pertemuan Henry dan Clare pertama kali menurut Clare. Pertemuan pertama kali mereka menurut keduanya adalah berbeda, karena (sekali lagi) Henry adalah penjelajah waktu.

Diceritakan juga bagaimana kemudian Henry dan Clare menikah dan keinginan mereka untuk mempunyai anak. Terutama keinginan Clare menjadi seorang ibu yang sangat kuat. Menurut saya disinilah konflik cerita tertinggi dan paling menguras emosi. Diceritakan juga bagaimana susahnya Clare mendapatkan anak sampai akhirnya nanti Alba Detamble dilahirkan.

Salah satu hal yang saya sukai dari buku ini adalah argumentasi yang diberikan Audrey mengenai penjelajah waktu. Bahwa seorang penjelajah waktu adalah mungkin ada di dunia ini jika dilihat dari sisi genetika. Sehingga faktor penjelajah waktu mempunyai penjelasan yang logis, yang menyebabkan genre buku ini tidak seperti Doraemon ataupun The Matrix Trilogy.

Seperti kebanyakan buku yang kemudian diangkat menjadi film layar lebar, saya (selalu) lebih menyukai versi bukunya. Dalam buku TTTW, cerita tidak melulu seputar Henry dan Clare tanpa membuat cerita menjadi kehilangan arah. Pada film TTTW, cerita terlalu berfokus pada Henry dan Clare sehingga beberapa bagian dalam buku harus diubah pada film.

Pada buku juga diceritakan bagaimana Henry sebelum bertemu Clare, sehingga menjelang akhir buku ada sebuah konflik tambahan yang membuat pembaca mengira2 apakah konflik tersebut yang menyebabkan kematian Henry. Pada film, bagian masa lalu Henry hanya menceritakan Henry saat kecil. Sehingga tidak semua konflik di buku diceritakan dalam film, dan ending film menjadi tidak serumit dalam buku. Selain itu, beberapa plot dalam film sangat berbeda dari buku dan terkesan dipaksakan.

Namun, menurut saya visualisasi dalam film sangat bagus. Terutama saat Henry menghilang karena harus menjelajahi waktu. Terkesan nyata dan penggambarannya sangat halus. Terlepas dari itu, kita bisa melihat akting Eric Bana (yang biasa saja) dan Rachel McAdams (yang sangat tidak Clare) hehehe😉

PS: to read my other novel-related-review, click here

4 Responses to “[review] Novel: The Time Traveler’s Wife”

  1. mia March 12, 2010 at 6:04 am #

    Hi mbak Nadia, mampir yak🙂
    Iya, bagusan bukunya jauh, untungnya juga kita baca bukuya dulu baru nonton.
    Saya suka rumah mereka di film, baguus🙂
    Akting Eric Bana biasa saja namun di sini Rachel McAdams saya suka, kelihatan cantik banget, ga kaya di Notbook yang menurut saya jadi terlihat tua..

    • nadiafriza March 20, 2010 at 11:52 am #

      dua2nya sama2 ga terlalu bagus aktingnya kalo menurut saya.. no offense

  2. choclatedog October 20, 2012 at 9:23 pm #

    nice. i reviewed the same book here =)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Space and Time: The Inconsistencies | THE DEVIL'S ADVOCATE - October 24, 2014

    […] the point of view of the time traveler’s wife, Claire (casted by Rachel McAdams) (read here for […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: