manusia diperbudak teknologi

1 Jan

Sudah banyak film-film Hollywoodyang memberikan gambaran masa depan manusia. Termasuk didalamnya ketergantungan yang sangat tinggi antara manusia terhadap teknologi, bahkan kemudian berperang melawan teknologi itu sendiri. Contohnya adalah iRobot, The Matrix Trilogy, Eagle Eye, dan Wall-E.

Eagle Eye

Tanda-tanda bahwa manusia (mungkin akan) diperbudak oleh teknologi sudah dapat dilihat dari sekarang. Sebagai contoh sederhana, harap tunjuk tangan berapa banyak dari kita yang tidak bisa lepas dari handphonenya. Berapa banyak dari kita yang mempunyai lebih dari satu handphone. berapa banyak dari kita yang tidak bisa tidak mengakses internet dalam 1 hari saja.

Hal ini juga saya rasakan beberapa hari yang lalu. Yaitu saat handphone saya mengalami kerusakan dan harus mati total karena tidak dapat dicharge, sementara saya tidak memiliki baterai cadangan. Kelimpungan karena tidak mempunyai handphone.. saya baru mengetahui saat itu bagaimana rasanya. Dan ternyata perasaan seperti itu benar-benar ada.

Belum lagi keterjutan saya saat mengetahui berapa harga handphone saya jika saat itu dijual. Jatuh sekali.. sejak 3 tahun lalu saya beli baru. Padahal handphonenya suda saya perbaiki (baca: hidup lagi). Dan merk handphone saya seharusnya mempunyai purna jual yang bagus, mengingat berasal dari pabrikan asal Finlandia. Apa daya.. harganya tetap jatuh hanya 18% dari harga semula.

Ironis.. memang. Betapa kita sangat tergantung pada teknologi sementara teknologi itu membodohi kita. Teknologi akan selalu diperbaharui, sehingga teknologi yang kita punyai akan menjadi out of date (saat ini) padahal saat kita pertama kali memiliki teknologi tersebut sangat in to date.

Kalau sudah begitu,, apa yang bisa (baca: harus) kita lakukan?

5 Responses to “manusia diperbudak teknologi”

  1. nixmelky January 1, 2010 at 11:14 am #

    nice thinking! iya bener banget kita menjadi ketergantungan ama teknologi.
    Sebenarnya bukan cuma ketergantungan tetapi sikap kita yang malas juga.
    contohnya : malas ketemu, tinggal sms aja. malas jalan kaki, naik mobil aja.
    Teknologi yang seharusnya mempermudah hidup kita justru bisa membuat kita cuma mau hidup gampangan aja.

    • ladysherry January 2, 2010 at 5:12 am #

      hahaha seolah2 postingan gw jarang yang mikir nic ;p
      terlalu dimanjakan teknologi dan kita mencari-cari hal yang memanjakan kita itu🙂

  2. ira January 5, 2010 at 7:51 am #

    hmmmmmm diperbudak teknologi si mungkin bisa jugaa. tapi intinya kan teknologi itu dibuat untuk memudahkan manusia nad.. yg harus kita lakukan ya memanfaatkannya sebaik mungkin.

    • ladysherry January 5, 2010 at 1:22 pm #

      memanfaatkan sebaik mungkin dan balas memperbudak si teknologi..? LOL

  3. mikha_v January 25, 2010 at 3:54 am #

    yaaa pernyataan ini bisa berlaku bagi para pemakai teknologi, tapi bagaimana dengan mereka yang membuat teknologi atau bisa berinovasi dengan teknologi (halah, bahasa ku aneh😆 )ebagai contoh, teknologi membantu para programmer menjadi lebih “pintar”. Atau para pembuat mikroprosesor melakukan penelitian. Atau untuk sederhananya, karena aQ suka blogging, ilmu HTML ku mulai terpakai lagi (walau sekarang sudah versi 5, mesti belajar lagi nih).

    Nah permasalahan kedua adalah definisi “teknologi” itu sendiri. Karena, kalo artian secara universal, berarti sendok, garpu, alat makan, alat masak, bahkan yang tradisional sekalipun, itu juga termasuk teknologi😆 .Berarti apa dari zaman dahulu manusia diperbudak teknologi?

    Dan apa sebenarnya makna dari “diperbudak”?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: