KP oh KP [5]: pengambilan data penuh perjuangan

12 Jun
Ini hari ke-5 kape dan saya sudah mulai mengambil data untuk keperluan laporan kape sejak kemaren. Memang benar-benar mengambil data secara harfiah, bukan meminta data pada perusahaan seperti kebanyakan yang dialami teman saya. Saya harus menge-shoot sendiri video perakitan produk di lintas produksi LGEIN. Saat saya menulis status yahoo messenger sebagai “Hari ini shooting lagi”, teman saya menanyakan kepada saya “Lw kape dimana sih nad? Multivision?”. Haha.. Seadainya saja saya memang menge-shoot artis berakting BUKAN pekerja yang sedang merakit produk di pabrik. Hmm..
Jadi begini kawan, LGEIN mempunyai 3 pabrik, 1 di tangerang (Pabrik Ref) untuk memproduksi kulkas, 2 di cibitung (Kawasan Industri MM2100). Pabrik yang terletak di Cibitung ini terletak di kawasan yang sama, Pabrik Display untuk membuat LCD, monitor, TV dan Pabrik Media untuk membuat VCD Player, DVD Player, serta Home Theatre. Saya menjalani kape di bagian produksi Pabrik Media, berarti saya bebas keluar masuk pabrik media untuk melihat, mengamati, dan menganalisis proses perakitan produk-produk media.
Akhirnya pada hari ke-3 topik saya disetujui oleh pembimbing, yaitu mengenai line of balancing. Pembimbing memberikan 3 pilihan mengenai teknik pengambilan data, yaitu ikut projek bagian produksi LGEIN (berarti harus kape selama 6 bulan), mengambil data yang sudah ada milik mahasiswa yang pernah kape di LGEIN sebelumnya, atau mengambil data sendiri secara manual. Tahukan kamu kawan? Saya dengan sok-gagah-berani-nya mengambil pilihan ke-3, karena terpancing oleh pembimbing yang mengatakan “Saya ingin tahu apa bedanya anak itb dengan mahasiswa lainnya. Apa sih istimewanya..?”.
Alasan lain sebenarnya karena data yang saya butuhkan memang belum tersedia. Produk yang saya ambil untuk diteliti adalah Home Theatre Blu-Ray, baru diproduksi LGEIN sejak April 2009 sehingga belum ada mahasiswa kape yang pernah mengambil datanya. Maka inilah saya hari ini, berkenalan dengan seluruh (18) operator di lintas produksi-9 pabrik media LGEIN, yang tidak semuanya menanggapi saya dengan hangat (pengennya haha…). Padahal kemaren sudah mengambil video bagaimana mereka bekerja, tetapi baru berkenalan sekarang. Terbalik memang.. tapi semoga itu tidak kurang ajar, karena saya sudah berkenalan, diberi penjelasan, dan minta izin pada kepala line-9 sejak hari ke-3.
Saya sempat disindir oleh operator ke-18, namanya Adit, “Kalau mbak tya (mahasiswa TI UI yang kape di LG tahun lalu) sih nanya-nanya mbak kalau kesini. Kenalan dulu..”, mengingat kemarin itu saya benar-benar hanya mengambil video dari operator 1 (Pak Dion) sampai Adit, lalu balik ke ruangan. Well, sempat bilang “Permisi pak/ibu, saya minta izin ambil videonya. Maaf mengganggu..”
Permisi permisi.. memangnya mau ke toilet?
Haha

Ini hari ke-5 kape dan saya sudah mulai mengambil data untuk keperluan laporan kape sejak kemaren. Memang benar-benar mengambil data secara harfiah, bukan meminta data pada perusahaan seperti kebanyakan yang dialami teman saya. Saya harus menge-shoot sendiri video perakitan produk di lintas produksi LGEIN. Saat saya menulis status yahoo messenger sebagai “Hari ini shooting lagi“, teman saya menanyakan kepada saya “Lw kape dimana sih nad? Multivision?“. Haha.. Seadainya saja saya memang menge-shoot artis berakting BUKAN pekerja yang sedang merakit produk di pabrik. Hmm..

Jadi begini kawan, LGEIN mempunyai 3 pabrik, 1 di tangerang (Pabrik Ref) untuk memproduksi kulkas, 2 di cibitung (Kawasan Industri MM2100). Pabrik yang terletak di Cibitung ini terletak di kawasan yang sama, Pabrik Display untuk membuat LCD, monitor, TV dan Pabrik Media untuk membuat VCD Player, DVD Player, serta Home Theatre. Saya menjalani kape di bagian produksi Pabrik Media, berarti saya bebas keluar masuk pabrik media untuk melihat, mengamati, dan menganalisis proses perakitan produk-produk media.

Akhirnya pada hari ke-3 topik saya disetujui oleh pembimbing, yaitu mengenai line of balancing. Pembimbing memberikan 3 pilihan mengenai teknik pengambilan data, yaitu ikut projek bagian produksi LGEIN (berarti harus kape selama 6 bulan), mengambil data yang sudah ada milik mahasiswa yang pernah kape di LGEIN sebelumnya, atau mengambil data sendiri secara manual. Tahukan kamu kawan? Saya dengan sok-gagah-berani-nya mengambil pilihan ke-3, karena terpancing oleh pembimbing yang mengatakan “Saya ingin tahu apa bedanya anak itb dengan mahasiswa lainnya. Apa sih istimewanya..?“.

Alasan lain sebenarnya karena data yang saya butuhkan memang belum tersedia. Produk yang saya ambil untuk diteliti adalah Home Theatre Blu-Ray, baru diproduksi LGEIN sejak April 2009 sehingga belum ada mahasiswa kape yang pernah mengambil datanya. Maka inilah saya hari ini, berkenalan dengan seluruh (18) operator di lintas produksi-9 pabrik media LGEIN, yang tidak semuanya menanggapi saya dengan hangat (pengennya haha…). Padahal kemaren sudah mengambil video bagaimana mereka bekerja, tetapi baru berkenalan sekarang. Terbalik memang.. tapi semoga itu tidak kurang ajar, karena saya sudah berkenalan, diberi penjelasan, dan minta izin pada kepala line-9 (Pak Yatno) sejak hari ke-3.

Saya sempat disindir oleh operator ke-18, namanya Adit, “Kalau mbak tya (mahasiswa TI UI yang kape di LG tahun lalu) sih nanya-nanya mbak kalau kesini. Kenalan dulu..“, mengingat kemarin itu saya benar-benar hanya mengambil video dari operator ke-1 (Pak Dion) sampai Adit, lalu balik ke ruangan. Well, sempat bilang “Permisi pak/ibu, saya minta izin ambil videonya. Maaf mengganggu..

Permisi permisi.. memangnya mau ke toilet?

Hehe

4 Responses to “KP oh KP [5]: pengambilan data penuh perjuangan”

  1. yoan sulistyo August 2, 2009 at 12:15 pm #

    hahah…gpp nad, klo diinget-inget, gwe hanya kenalan resmi (salaman n saling ngucapin nama) sama Pa Herdiansyah (boss cell A sblm xx), Pak Yuli (itupun di minggu kedua, you know lah..haha), n Fauzan (yg ini bner2 di hari pertama gwe ambil data)..selainnya?karena sok kenal sok deket sok akrab saja tentunya…hahaa!!

    Btw, gwe tau bedanya mahasiswa ITB dgn mahasiswa lain:
    Kita ambil data sendiri, tp ngumpulin laporannya ntaah kapaaaan gtuu..udah gitu gak 100% pula..huahaha!bodo aaah..ahahah!

    • ladysherry August 2, 2009 at 3:37 pm #

      hahaha.. yaa memang seperti itulah gaya lw yo😉

      jangan buka kartu siihh haha😀

  2. Goda-Gado September 23, 2010 at 4:40 pm #

    KP tuh paan ya?
    dulu jaman orba setahuku KP itu KelomPencapir

    • nadiafriza September 23, 2010 at 6:03 pm #

      hiyaa ga ngerti deh itu artinya apaan😀

      KP itu kerja praktek mas🙂 udah disebutin di postingan pertama hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: