dibohongi itu sakit

13 May

h-5 menjelang uas dan sebenarnya saya sedang panik-paniknya karena belom punya ilmu sama sekali *well gimana cara… setiap masuk kelas saya pasti tertidur huh*. tapii.. keinginan untuk menulis KUAT banget terutama setelah kejadian tadi pagi. let me tell you te story

here it goes

Logo Palang Merah Indonesia

Logo Palang Merah Indonesia

semua berawal ketika 3 bulan yang lalu saya (kembali) berniat mendonorkan darah saya, yang apa mau dikata (kembali) gagal karena hb saya rendah (lagi). saat saya tanya ke petugas pmi yang mengambil darah saya apa penyebab hb saya (selalu) rendah beberapa bulan terakhir, beliau bilang “perbanyak makan sayur hijau mbak”. hmm… boleh juga idenya. mungkin ada benarnya karena (saat itu) saya memang tidak suka dan sangat jarang (baca: tidak pernah) makan sayur, baik yang hijau maupun yang tidak. maka dimulailah pertemanan saya dengan si sayur-sayur hijau itu, mulai dari bayam kangkung timun sampai brokoli.

karena alasan kesehatan yang lain (baca: takut kolesterol dan ginjal rusak), saya juga mengurangi makan daging merah (baca: ayam sapi dan daging-daging dari hewan berkaki lainnya). jadi protein yang saya dapat itu dari makanan laut (plus omega 3 alami loh ini berarti), susu, dan telor ayam (hanya ini produk ayam yang saya mau makan). percayalah… menu di rumah saya ikut berubah karena pola makan saya ini. yang awalnya lebih banyak daging-dagingannya daripada sayuran, sekarang jadi seimbang. yang awalnya lebih banyak daging merahnya, sekarang selalu tersedia pilihan mau makan daging merah atau sea food (baca: ikan udang cumi). menurut saya itu perubahan yang bagus. … kan?

sudah sejak seminggu yang lalu saya bersemangat ’45 ingin donor darah pada hari ini di labtek 5. saya sudah menandainya di reminder hape saya. saya sudah mengajak teman-teman saya untuk ikut donor darah. bahkan mengingatkan mereka untuk makan sehat dan istirahat yang cukup sejak 3 hari sebelum hari ini. saya bahkan bela-belain makan malam sehari sebelumnya.. demi donor darah ini

tapi hanya kekecewaan yang saya dapat *hahaha bahasanya…*

saya benar-benar sedih saat mengetahui saya tidak bisa donor darah karena saat tes darah hb saya (lagi-lagi) dibawah 12.5. hanya 11.9 lebih tepatnya. apa salah sayaa? makan sayuran sudaah.. tidur lebih dari 5 jam sudah. oke lah saya jarang olahraga beberapa minggu terakhir. tapi masa iya deviasinya jadi sebesar itu sih?

saat saya tanya (lagi) petugas pmi (yang berbeda dari waktu itu) yang memeriksa darah saya, beliau bilang “kalau memang selalu seperti itu coba makan suplemen mbak”. aduh mas maaf yaa… saya tidak percaya sama bahan kimia seperti itu. “kalau gitu coba konsumsi minuman kurma mbak”.

HAAHH… apa pula itu.. tidak pernah saya dengar teori seperti itu mas. ada-ada ajaa

teman saya, si model yang pacarnya si kebo, memberitahu saya “kalau yang gw baca di internet karena kurang protein dan kurang olahraga nad”. hmm… kalau kurang olahraga itu memang ada pengaruhnya dengan rendahnya kadar oksigen dalam darah saya. tapii memang nyambung yaa kurang makan sayur hijau, kurang protein,  minuman kurma, dengan rendahnya hb saya?

huhu

kalau bela-belain makan malam demi donor darah saya masih mau.. tapi bela-belain makan daging merah demi donor darah? hmm… saya mikir-mikir dulu deh

**merasa ditipu mas petugas pmi pertama yang telah membohongi saya dengan teori makan sayuran hijaunya dan membuat harapan saya menjadi SANGAT tinggi untuk bisa donor darah bulan ini. itu sakit loohh mas huhu**

13 Responses to “dibohongi itu sakit”

  1. iwaawaa May 13, 2009 at 7:43 pm #

    hehe.nad minum susu kedelai ajaaa…bisa membuat hb naik katanyaa..
    *im sorry lo “BELA-BELAIN MAKAN MALAM” ??? makan malam bela2 in??? ga masukk akal..hehehehe

    smoga bulan berikutnya kamu berhasil donor blood..

    • ladysherry May 19, 2009 at 1:21 am #

      iya nih.. sekarang kalau ada susu kedelai, gw lebih milih itu deh daripada susu sapi (baca: ultra jaya) hehe😉
      thanx for the info ra🙂
      amin amin amin

  2. astie May 13, 2009 at 9:28 pm #

    tadi kakak gw baru donor darah. lo ga ikutan? haha

  3. Yellow May 14, 2009 at 7:37 pm #

    Makan sayuran dan makan produk kedelai memang bisa naikin hb… kok tidak berlaku pada anda ya? Hi hi. Metabolisme-nya kali yang cepat. Wah enaknya bisa makan daging merah tiap hari (Ngiler…).

    • ladysherry May 19, 2009 at 1:22 am #

      metabolisme tubuh saya cepat? hmm… apa hubungannya dengan Hb saya yang rendah ya?
      umm umm umm… saya udah ga makan daging merah *kecuali kalau sangat terpaksa* ko hehe

  4. model pacar nya si kebo, haha May 16, 2009 at 2:21 am #

    naadskii.. tuh kan bener kan butuh protein.. hahaha..
    susu kedelai kan isi nya protein melulu tuh nads.. trust me on this nad, hehe..

    asiik, aku ada di blog nya nadski, hehehe..

    gapapa kali nad makan daging2an skali2.. ga salah juga kok.. apa lagi makan malem.. gw malah lebih menyukai makan malam, karena segala nya jadi jauh lebih enak ko di makan malem2, haha,, * as u can see the result. huahaha*

    eh tapi nad, klo gw pikir2, lo skarang kaya vegetarian deh.. tapi vegetarian yg masih makan telor dan susu,, namanya apa ya? lupa gw.. waah, hebat, temen gw vegetarian, hehe..
    oiya nad, ga semua sea food itu bagus buat kesehatan loh.. udang dan cumi stau gw kolesterol nya agak tinggi, jadi sbaiknya jgn sering2 juga..

    yuk kita brenang2 lagi nad.. biar bisa donor lagi,hehe..

    tetap encourage me to stay healthy yaa..
    smangat loh! xp
    hehe

    • ladysherry May 19, 2009 at 1:20 am #

      makasii sofii saiaanngg🙂

      tenang aja.. gw ga setajir itu ampe makan udang cumi tiap hari ko haha
      makan ikap tiap makan.. baruu

      hehe.. ajakan berenang selalu diterima yaa
      kapan2?😉

      benar2 pengen bisa donor darah lagi😦

  5. rafalovesred May 17, 2009 at 6:58 pm #

    sama ni problemnya, darah rendah,,aku dari sd ga bisa ikutan upacara bendera gara2 ga kuat berdiri,,pas diperiksa dokter ktnya darah rendah,,sampe sekarang juga masih suka gitu,,,bingung juga nih gmn cara ngatasinnya,,

    • ladysherry May 19, 2009 at 1:26 am #

      semoga ga rendah lagi yaa🙂
      selamat mencari berita rafa hehe

  6. Dipta May 27, 2009 at 7:17 pm #

    Hahaha gw jg g perna lolos ikut donor darah gara2 tekanan darah rendah,,,😀 padahal udah sering makand aging,,, bngung jg gw..

    • ladysherry May 27, 2009 at 8:43 pm #

      ah lw dari lahir kali dip tekanan darah rendahnya.. gw ga dari lahir gituu… akhir2 ini aja

      *eh tapi lw nyoba terus apa udah nyerah? hehe

  7. Budi June 13, 2013 at 11:39 am #

    tidak semua sayuran hijau itu membantu menambah darah, memang secara kebanyakan iya (semakin hijau “biasanya” semakin baik zat besi/ iron /fe -nya ). setau saya kedele kurang ada hubungan buat menambah darah kalaupun ada sangat sedikit . daging merah better daripada kedele
    buat penambah darah setau saya paling baik kalau dari hewani adalah hati . kalau tidak suka, termasuk saya hehe… bisa dengan bayam. satu hari satu setengah ikat bayam yang dijual di carefour / giant ( kebetulan tinggal dekat supermarket) dan saya udah pernah hitungin komposisi gramnya
    sumber : pengalaman pribadi cari suplement, sayur, obat buat istri yang pms nya kronis

Leave a Reply

