bukan sekedar resolusi tahun baru

13 Apr

sudah beberapa hari *umm oke minggu* belakangan ini saya mulai makan tidak teratur lagi. tidak makan di jam yang seharusnya, atau tidak makan sekali. juga makan di jam yang seharusnya tapi makan makanan yang tidak bergizi *itu tiga definisi saya terhadap makan tidak sehat*. kenapa saya bilang lagi? karenaa.. itu adalah sindrom saya sejak kuliah saat saya mulai terjangkiti penyakit “mulai memperhatikan lemak di perut“. yupp.. kuliah memang merusak pola hidup teratur dan sehat yang sudah saya lakukan sejak kecil.

saya sedang tidak ingin membahas dampak beban kuliah pada pola hidup saya. tapi saya ingin menceritakan pola hidup sehat saya yang sudah amburadul lagi. padahal keinginan itu saya perbaharui awal tahun ini *dengan nama resolusi tahun baru hehe*. tapi baru masuk bulan ke empat resolusi itu nampak semakin jauh untuk dicapai. padahal resolusi saya tahun ini hanya satu dan satu-satunya, yaitu live a healthy life.

penyebab utama adalah karena saya semakin jarang (baca: tidak pernah) olahraga lagi. padahal porsi makanan saya tetap sama seperti saat saya masih sering olahraga. badan saya semakin jarang digerakkan. hanya kaki untuk perpindahan kelas saat kuliah diantara gedung-gedung yang saling berjauhan itu di kampus.. atau hanya tangan untuk mengerjakan tugas dan laporan kuliah yang seabrek-abrek jumlahnya. badan secara keseluruhan dalam arti body exercise? hanya mungkin dilakukan sekali minggu… itupun kalau bukan minggu praktikum

sumpah parah banget

karena kurang gerak itu lemak-lemak mulai bermunculan di tempat-tempat yang si lemak mungkin muncul di badan. pipi, lengan atas, PERUT, paha atas, pinggul *umm apalagi yaa…*. memang tidak banyak pada kejadian saya. tapi setiap perubahan kecil pada tubuh kita sangat terasa kan? lengan atas saya yang biasanya hanya daging saja sekarang mulai berguncang kalau digerakkan, persis lengan ibu saya yang sudah melahirkan tiga anak. dan perut… aduh. ini yang bikin saya jadi malas makan malam. hanya makan malam karena tubuh kita sangat membutuhkan makan siang untuk beraktifitas. yang dibutuhkan untuk malam? cukup kopi sajalah hahaha

serius.. kalau sudah jam makan malam dan saya melihat ke bawah (baca: perut) lalu ada gembungan yang terlihat. sukses membuat selera makan saya hilang walaupun sebenarnya lapar sekali. untung biasanya air putih selalu bisa mengganjal perut saya hehe😉

nah itu.. hanya minum si air putih di saat harusnya makan malam. atau tidak makan dengan 4 sehat 5 sempurna saat seharusnya makan. benar-benar tidak menambah gizi pada tubuh. padahal tubuh kita butuh karbohidrat protein lemak serat vitamin mineral susu yang cukup.. itu dampak dari penyakit yang idap

huff

padahal dulu saat kecil saya terbiasa olahraga 3 hari sekali, mulai dari sekedar jogging, bersepeda, renang, main tenis, sampai main voli. saya juga tidak pernah menjaga makanan (baca: selalu makan seperti kuli. bahkan bisa 4 kali sehari) karena saya tahu energi dari makanan itu akan dipakai untuk saya beraktifitas sehingga tidak akan disimpan sebagai lemak pada tubuh. saya juga jarang sekali makan makanan yang tidak bergizi (dalam artian sebenarnya seperti junk food). jarang juga makan makanan fast food *kalau yang ini sampai saat ini masih berhasil saya pertahankan*.

oh tidak gawat..

mau jadi apa ini tubuh saya? ibu saya sudah sering mengingatkan kalau sindrom saya kambuh “jangan menumpuk penyakit deh na.. penyakit itu baru muncul ntar kalau kamu udah tua… sekarang sih masih muda gini emang ga bakal keliatan. efeknya baru kerasa ntar kalau kamu udah tua…

mom i know that.. saya sadar dengan apa yang saya lakukan. dan saya sadar apa yang saya lakukan salah… tapi entah kenapa tetap saya lakukan

tolong saya..

2 Responses to “bukan sekedar resolusi tahun baru”

  1. ira April 14, 2009 at 7:51 pm #

    nadiaa..
    gatau mau ngomong apaa..
    hmmm
    smoga kembali ke jalan yg benar deh
    amiin.

Leave a Reply

