pelajaran untuk menjadi mahasiswa

8 Aug

bagi yang menggunakan handpone ***** (sebuah handphone sejuta umat dengan merk ternama buatan finlandia) pasti merasa tak asing lagi dengan aplikasi notes-nya. fungsi notes pada handphone bagi saya tak ubahnya fungsi buku notes *hiyaahh..pemborrosan* yang sering dibawa-bawa wartawan kemana-mana *pengennya jadi reporter. hehe*. jika saya kehilangan handphone (jika dan hanya jika.. untungnya selama ini belum pernah terjadi), maka yang akan saya cari setelah back-up-an contacts adalah back-up-an notes, baru kemudian back-up-an sms-sms penting.

siang ini saya membaca-baca kembali notes-notes yang sudah lama tersimpan di handphone saya. kemudian saya membaca sebuah notes penting yang dikutip dari seminar seorang terkenal, abah iwan si pengarang melati jayagiri, pada saat penerimaan mahasiswa baru dulu (berarti agustus 2006). sebenarnya saya juga tidak tahu lagu terkenal tersebut seperti apa. tapi saat saya tanya ibu saya, beliau mengaku tahu lagu itu sembari bergumam “waktu mama kuliah dulu…”. dapat disimpulkan lagu melati jayagiri itu terkenal pada akhir tahun 1980-an.

si abah memberikan wejangan kepada kurang lebih 3000 mahasiswa baru yang memenuhi auditorium sabuga kala itu. berikut adalah kutipannya

================================================

agar dapat menjadi orang yang sukses,
jalan sudah dibuka saat kalian masih menjadi mahasiswa.
jangan hanya belajar di kelas. belajar pada alam.
belajar pada hidup. do much better than other person does.

do totally different, by:
1. menjadi aktifis
2. work in a team
3. kuasai bahasa asing
4. banyak membaca
5. contribute to society

================================================

sudahkah kamu memenuhi kelima poin di atas?

saya belum.. masih jauh dari jumlah lima. huff

===o0o===

apakah definisi dari menguasai bahasa asing? menurut salah seorang dosen saya, yang jika mengerjakan tugasnya harus dalam bahasa inggris, ternyata bukan hanya lancar membaca, fasih berbicara, dan termapil menulis dalam bahasa asing tersebut. bukan juga hanya mendapatkan nilai yang tinggi dalam test internasional bahasa asing yang bersangkutan [baca : nilai tes TOEFL / IELTS-nya tinggi untuk bahasa inggris]. tapi kita sudah harus menginggau (ataupun berbecara dalam mimpi) menggunakan bahasa asing yang kita akui jago…

haha

Leave a Reply

