perang pemikiran: the cynical vs positive thinkers

20 May

seberapa pentingkah acara seremonial yang berlebihan?

peringatan 100 tahun hari kebangkitan bangsa. dimeriahkan dengan seremonial besar-besaran di istora jakarta. sudah bisa dipastikan acara tersebut memakan duit yang banyak. darimana sumbernya? yaa dari kantong pemerintah…
padahal rakyat sedang menjerit karena bbm bakal naik.
inilah indonesia. hanya dapat mengadakan acara seremonial ***yang menurut saya*** tidak penting. hanya dapat ***membuat dan atau*** memecahkan rekor-rekor ***dunia ataupun lokal*** yang tidak penting (seperti misalnya penampilan perkusi terbesar di indonesia yang pernah ada. hello?? terus kenapa dengan itu?).
100 tahun yang hanya menjadi momentum awal kebangkitan bangsa. kapan bangsa ini akan benar-benar bangkit jika jiwa kebangkitan itu tidak benar-benar ditanamkan dalam diri setiap rakyatnya? hanya berupa label belaka.
menurut anda?

===o0o===

pembicaraan saya dengan dua orang teman via sms pada hari peringatan kebangkitan bangsa tersebut perihal seremonial besar-besaran yang diadakan di istora:

cynical (s) vs positive thinker1 (t)
s: apa sh itu chanel2 tv..ga penting bgt dh
t: Dasar tidak nasionalis kau! Hehe,, keren jg acarany,td d awal2 smua tarian daerah ditampilin. Ayo,cintai negerimu!
s: mw tarian.mw abri2an.. dr awl jg udh ga pnting tw acra ny. ngabisin duit negara cm bwt acra seremonial doank. rakyat lg pd mnjerit2 itu
t: Tp yg lg ngejerit2 jg istirahat dl nntn acara ini,mreka baru inget bahwa indonesia kaya kalo mreka mau usaha,hehe
s: apakh yg mnjerit2 puny tv?saia rasa tidak..apakh yg mnjerit2 prnh mrasakn kkayaan ind?saia rasa tidak.. stiap hr mreka membanting tulang berusaha sekuat tenaga..tp bhkn utk hdup lega sjenak aj mreka tidak bisa. yg saia bcarakn bner2 rakyat kcil.yg bner2 bkal mnjerit klw bbm naik.
bukan qt2 yg masi ttep bs hdup nrmal klw bbm naik🙂

t: Sip deh kalau orang kecil. Tp masa qt yg punya ksmpatan skolah tinggi malah ngga bisa mencintai budaya sendiri. Lha,siapa yg mau bikin perubahan nantinya? Kita pntar utk siapa? Bukan utk indonesia?
***
sayangny negara ini tidak hanya terdiri dari orang kaya dan orang miskin saja. tapi orang sangat sangat sangat kaya. orang sangat sangat kaya. orang sangat kaya. orang kaya. org berada (kelompok itulah minoritas-minoritas yang menguasai negara ini)
orang biasa. orang sangat biasa. orang tidak berpunya. orang miskin. orang sangat miskin. orang sangat sangat miskin. org sangat sangat sangat miskin (kelompok inilah mayoritas-mayoritas yang terjajah dari kaum minoritas. yang akan menurunkan kemiskinan sampai ke anak cucunya. sehingga kemiskinan itu semakin beranak pinak).
***

s: loh?syapa blg saia ga cinta indonesia?syapa blg saia ga cinta budaya indonesia? yg saia kecam kn acra ny..cm mghambur2kn duit sj.akn lbh bjaksna klw duitny d alihkan k tmpat lain.k tmpat yg brhak..k tmpat yg bnar2 d btuhkn. y kn?
t: Iya,tp pasti udh ada pmbagiannya. Lagian acara ini jg ga ada tiap taun. Masa sih 100thn kbangkitan nasional qt cm diem. Lbh baik acara gn kan,skalian mengingatkan qt,membakar smangat lg,mulai dgn smangat y lebih dr sblmnya,,
s: mmbkar smangat ga perlu nghabisin duit sgtu bnyk.mmbkar smangat ga perlu nglakuin pmborosan yg ga pnting. klw hany dgn acra sperti..plg smangat itu akn hilang dlm bbrp hr.bhkn mgkn dlm htungn jm.. knp?krn skali lg..acra ini hany seremonial blaka. bukan pndidikan penanaman nilai kebangsaan.yg shrsny d tanam d diri tiap2 rakyat ind. ada bnyk cra lain yg bs d lakukan utk mmbakar smangat bangsa dlm rangka kbangkitan nasional yg tdk perlu mghabiskn duit negara sbgtu bnykny.. bwt apa?bukankh sharusny smangat kbangsaan itu d kobarkn tiap hr.brsmayam dlm diri tiap rakyatny
t: Ya deh,cara konkretny gmana?
s: konkretny?hahha. ada bnyk institusi pendidikan d negara.bs d mulai dr sna kn. d mulai dr pndidikn sjk kcil.mmbwt ‘pndidikn kwarganegaraan’ bukan hany skedar wcana.nasionalisme ga hrs d bentuk dgn ‘hormat bendera tiap senin pagi‘.ajari s org2 brpendidikn ini utk mmakai produk ind.itu cnth konkret yg plg kcil.. bwt s rakyat kcil?tegakin hukum.mintain duit2 negara yg d korupsi.bs bayarin hutang2 th..sentuh s rakyat2 kecil itu. emg ga mudah.tp itu mgkn bgt bwt d lakuin..kunciny ada d pmimpinny.klw pmimpinny tunduk pd kkuatan lain.gmn negara ini bs brdiri sndiri. y ga?
t: Nglakuin tu smua tp dibiarin g knal budaya sndri? Acr td tuh kan bs jd jmbatan bg ortu bwt ngenalin anak2ny ttg budaya qt. Ato mgkn bwt qt2 yg blm knal,jd banyak tau akhrnya. ‘tak kenal maka tak sayang‘. Lgian qo negara harus perhitungan c ama misi budaya sndiri? Bukanny smakin dkenal,pndapatan visa negara jg smakin maju?
s: lohloh..?budaya y budaya..kbudayaan emg slh satu elemen nasionalisme..brarti jg bs d ajarin sjak kcil jg kn?cnth yg saia ajuin td hany slh 1 cnth dr bnyk cara yg bs d lakukn… pndidikan kbudayaan jg trmasuk. gni loo.yg saia takutkn..jgn sampai MOMEN 100th kbangkitan bangsa hany mnjd MOMEN belaka.pdhl udh ngabisin duit negara sgtu bnykny.tp hasilny ga da..dan atw lbh sdkit kberhasilanny dr cara2 efektif yg ga makan duit negara bnyk bgt..
5milyar lbih loo itu td bwt nyelenggarain acra kyk gt

===

cynical (s) vs positive thinker2 (k)
s: apa sh itu chanel2 tv..ga penting bgt dh
k: Ah,kmana aj.. Masa ga tw it ap?? Yg td mah rame, yg skrg emg g ptg sih..
s: dr awl jg udh ga pnting. ngabisin duit negara cm bwt acra seremonial doank
rakyat lg mnjerit2 tw

k: Mmmm.. G tw d, pnting ato g.. It mah tserah,pndapat pribadi.. Tp yg jelas, awal2ny sih msh rame, msh keren.. Tp btw, kdg2 ky gni, mksdny acara2 yg kdg2 kita mikir cm ngabisin duit doang, sbnrny perlu lo.. Lambang kedaulatan, supremasi, mempertahankan negara dari aspek de jure..
s: apakh yg mnjerit2 puny tv?saia rasa tidak..apakh yg mnjerit2 prnh mrasakn kkayaan ind?saia rasa tidak.. stiap hr mreka mmbanting tulang brusaha skuat tnaga..tp bhkn utk hdup lega sjenak aj mreka tidak bisa. yg saia bcarakn bner2 rakyat kcil.yg bner2 bkal mnjerit klw bbm naik.
bukan qt2 yg masi ttep bs hdup nrmal klw bbm naik🙂

k: Nah,acara spt ini emg bkn bwt mereka.. Sasaran acara ini emg bkn org2 tsb,krn emg g cocok..
Spt dbilang,acara ini tu acara de jure, mmprtahankan negara dlm aspek de jure.. Boleh kt pny pndpt negatif ky gt, tp bagus jg klo kt bljr brpndpt positif.. Anggap aj klo acara ini dtujukn pd kalangan atas,utk mempertbal nasionalisme mereka..utk kalangan asing,nunjukin kalo indonesia tu masih ‘ada’.. Utk kalangan bwh,anggap aj (smntara) pmrintah ud pny rncana lain sbg kompensasi acara ini..right?

s: apakh pmerintah emg prnh pduli pd kalangan bwh?nmany jg d bwh..mna ada sh yg nglyat k bwh.dmn2 jg org slalu nglyat k atas. mgkn negri ini emg bukan utk org2 bwh itu.
acra sprt itu emg cm utk nunjukin doank..brarti… sbnerny ga da.tp d ada2in

k: Ya namany jg politik manusia.. Mw dgimanain jg, g akn pnah bnr,g akn pnah memuaskn..
Jd, y ud,dg kndisi spt ini,mnding bpikir positif aj,klo g nnti pikiran kt akn jd negatif trus,kbw k smua aspek hidup..

s: negatif atw positif itu hasilny.prosesny kn brpikir kritis.. mw ga mw yg kyk bgni hrs dpkirin.sbg warga negara yg baik..demi bangsa *sbg manusia yg hdup…ga mgkn kn qt brenti brpkir.hehhe*
msa nglyat ktdakbenaran d diemin aj.gmn bangsa ini bs maju..klw ga bs nrima kritik?klw ga nrima aspirasi rakyatny? well..till now.dats all we can do rite? hahha.
*dats why i dont like politics
**y udh..met bljr^^ thx 4d thoughts

===o0o====

dan peperangan itu harus berakhir  tanpa kesimpulan yang jelas. karena kami bertiga harus menerima kenyataan yaitu masih harus menghadapi ujian ***benar-benar ujian… tidak ada ujian bohong-bohongan kan? ah sudahlah..*** esok harinya.

ironis memang

**sudah tidak perlu di tebak. jelas banget gitu saya yang mana. hehhe

2 Responses to “perang pemikiran: the cynical vs positive thinkers”

  1. ira June 17, 2008 at 3:02 pm #

    hahhaha.. sumpah gw bener2 mikir kayak 3 orang ini.. beneran. tapi bedanya 3 orang ini ada dalam 1 kepala gw.. gw mikirnya bener2 kayak 3 orang ini. gila…. tapi emang iya pada akhirnya, gw mikir ya udahlah ya. emang sebuah masalah itu ga bisa dipandang dari satu sudut aja. maksud gw, dikala gw mencoba menghilangkan satu sudut pemikiran gw, rasanya.. jadi janggal aja. dan memang kalo udah kayak gitu.. gw jadi balik berharap. semoga bukan cuma hingar bingar perayaan doang, tapi orang2 nya bener2 insaf.. mungkin ga nad?

    • ladysherry May 20, 2009 at 11:38 pm #

      “semoga bukan cuma hingar bingar perayaan doang, tapi orang2 nya bener2 insaf”
      talk only no action?? jangan sampai dehh..

      harus bisa iraa🙂
      klw bukan kita…syapa lg (^o^)v
      keep on fightin yaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: