nyoblos saat pemilu : jadi warga negara yang baik

20 Apr

pembicaraan di buka saat beberapa hari (10/04/2008) sebelum pemilu gubernur provinsi di indonesia yang saya tinggali saat ini. seorang ayah menasehati anaknya yang menunjukkan tanda-tanda tidak akan memilih saat pemilu gubernur berlangsung. memilih untuk golput. nasehat sang ayah:

“karena papah tau kamu tidak mau bekerja untuk pemerintah. kapan lagi kamu mau berbakti untuk negara kalau nyoblos gubernur aja kamu tidak mau? apalagi. kemungkinan terjadinya penyelewengan hak suara semakin besar, kalau banyak orang yang memutuskan untuk tidak memilih seperti kamu. “

hanya karena ingin berbakti pada sang ayahlah maka si anak sejak saat itu mengikuti berita-berita mengenai pemilu gubernur. puncaknya, saat si anak menonton debat calon gubernur di salah satu stasiun tv swasta. si anak sudah dapat menetapkan pilihannya untuk memilih pasangan calon nomor berapa.

***

namun apa dinyana. saat pemilu berlangsung, kartu pemilih sudah ditangan. si anak malah jatuh sakit. kompilasi dari panas pusing batuk pilek. apalagi si anak belum mengerjakan tugas-tugas kuliah yang harus dikumpulkan pada hari senin esok harinya.

maka pada hari-h pencoblosan (13/04/2008), si anak sudah pasrah tidak akan mencoblos. walaupun diajak dibujuk rayu sang ibu untuk mencoblos, si anak tetap teguh pada pemandangan di depannya. layar komputer yang berisi tugas-tugas yang harus dikerjakannya seharian penuh.

dan keajaiban pun terjadi. si anak dapat menyelesaikan tugasnya saat jam 12 siang hari berdentang. maka si anak pun mandi, lalu makan siang. kemudian bersama sang ibu pergi ke tps untuk mencoblos. dengan berjalan agak sedikit terburu-buru *padahal hanya beberapa rumah saja dari rumah mereka* dan terbatuk-batuk, akhirnya sampai jugalah sang anak dan ibu tersebut di tps.

sepi. senang karena tidak perlu mengantri. maka ibu dan anak itu mencoblos di detik-detik terakhir saat pencoblosan *waktu berakhirnya pencoblosan adalah pukul 1 siang*.

***

hari ini (20/04/2008) tepat satu seminggu setelah pemilu berlangsung. dari banyak perhitungan quick count yang dilakukan berbagai pihak. sudah dapat ditebak siapa yang akan menjadi gubernur provinsi ini selanjutnya.

sungguh ironis memang. karena pemenang pemilu berasal dari calon yang tidak diunggulkan sebelumnya *walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa saya pun memilih si pasangan calon yang tidak di duga ini*. calon pasangan pemenang kaget. salah satu calon pasangan kalah legowo dengan menerima kemungkinan kekalahan mereka. salah satu calon pasangan yang kalah lainnya, tidak dapat menerima kekalahan mereka. apalagi pendukung calon pasangan yang kalah terakhir ikut-ikutan meradang.

kita lihat saja nanti. saat pengumuman resmi dari kpu diumumkan.

***

maka sang anak pun kaget. saat di suatu hari (18/04/2008) pulang malam karena harus mendengarkan hearing calon senator di kampusnya, sang ibu malah bertanya kepada sang anak

emangnya yang kayak gitu harus didengerin na…?

sang anak pun bingung dengan pertanyaan yang berbau pernyataan dari sang ibu.

*duh mamah..bukannya nyoblos saat pemilu senator juga berarti menjadi warga kampus yang baik yaa?? huff

2 Responses to “nyoblos saat pemilu : jadi warga negara yang baik”

  1. AgenNarsis#182 April 24, 2008 at 10:07 am #

    Wehehehehehe…

    Mau tau saya nyoblos pilkada jabar jam brp..??

    Jam satu kurang 5..
    Wakakakakak..

    Kalo gak diingetin dan ditawarin dianterin ke TPS (notabene gak perlu jalan kaki jauh2..) aku juga gak bakalan ninggalin komputer..(you know lah saya lagi ngerjain apaan waktu itu..) =P

    • ladysherry May 20, 2009 at 11:58 pm #

      kirain syapa…mail toh🙂
      *lg ngerjain logprog jg pasti ny…hahhahha
      wahh enakny RW kamu..ada mobile tps ny *kyk pemilu senator ajaa*..d aku ga ada tuhh.jdny mesti bela2in ninggalin rumah dlm keadaan sakit demi enjadi warga negara yg baik
      hehhehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: