integritas: penting atau cuma omongan belaka?

6 Apr

belakangan ini saya baru sadar. ternyata integritas itu benar-benar penting. semenjak saya terkena kasus akademik mengenai integritas sebagai mahasiswa setahun yang lalu *udah pada bisa nebak kali ya itu kasus apa* saya mulai sadar kalau hal tersebut penting untuk dimiliki [terutama oleh mahasiswa yang katanya merupakan masa-masa sebagai manusia paling idealis dalam hidupnya]. kata-kata dosen wali saya saat menceramahi saya dan 2 orang lainnya yang terkena kasus akademik yang sama dalam waktu kejadian yang sama pula *secara ada 21 orang yang terkena kasus tersebut secara bersamaan* adalah

bagaimana bisa mahasiswa yang tidak punya integritas akan membangun bangsa ini. kalian sadar tidak? bagaimana negara ini bisa maju kalau mahasiswanya seperti ini? kalian mau negara ini dipimpin oleh orang-orang yang tidak jelas? kalianlah yang akan membangun bangsa ini kann.”

kalimat agak singkat yang benar-benar menohok saya. saat itu saya baru sadar. bahwa kalimat ‘membangun bangsa‘ yang berulang kali disebutkan selama pelajaran PKN *pancasila dan kewarganegaraan* sejak SD bukanlah kalimat yang klise semata. negara ini memang ada di pundak kita. generasi penerus bangsa. yang seharusnya akan membangun bangsa ini dalam beberapa tahun yang akan datang. bagaimana mungkin negara ini bisa maju kalau calon-calon pemimpin bangsanya adalah orang-orang yang tidak mempunyai integritas. menghalalkan cara-cara yang tidak halal untuk mencapai tujuannya.

===o0o===

kata-kata mr.m terngiang-ngiang dalam kepala saya. mr.m selalu menekankan kata-kata mahasiswa berintegritas di setiap kelas yang diajarnya. terutama di kelas yang terpaksa saya ikuti lagi karena terlibat kasus akademik setahun yang lalu itu. saat akan uts beliau pernah mengatakan

“jangan sampai kalian nyontek. jangan sampai kalian titip absen. jangan ada pelanggaran akademis. bagaimana kalian nanti 10 tahun atau 20 tahun yang akan datang itu hasil pembelajaran kalian di masa sekarang. masa anggota mpr dpr titip absen? bagaimana negara ini maju?”

lagi. seperti yang dikatakan dosen wali saya. bagaimana negara ini bisa maju.

sebegitu pentingkah untuk tidak titip absen? sebegitu pentingkah untuk tidak mencontek [kalalu yang ini saya benar-benar tidak setuju. kalau kata teman saya setahun yang lalu saat kita masih tingkat 1 mengomentari seorang kakak angkatan yang harus mengulang suatu mata kuliah karena ketauan mencontek saat ujian “masa mahasiswa mencontek? yang benar saja deh.. kemana sih pemikiran orang-orang. katanya mahasiswa.. bego banget deh.” tapi sayang. teman saya itu harus memakan kata-kata yang diucapkannya sendiri karena dia sekarang tak bedanya dengan si kakak angkatan itu. mencontek saat ujian]? itu semua akan keliatan dampaknya 10 tahun atau 20 tahun yang akan datang. kalau mengutip kata-kata mr.m.

===o0o===

teman saya yang dari jurusan lain universitas lain pernah cerita. dia tidak jadi mengagumi seorang kakak angkatan karena ternyata sang kakak tidak sesempurna [pintar baik ramah cerdas bijak aktifiskampus asistendosen] yang dia bayangkan. hal terakhir ini yang ternyata mengubah pandangan teman saya ke si kakak angkatan yang hampir sempurna itu. bukan karena teman saya tidak menyukai seorang asistendosen. justru karena si kakak angkatan juga seorang asistendosen makanya teman saya semakin mengaguminya. namun ternyata. si kakak angkatan menyalahi kapasitasnya sebagai seorang asisten dosen.

pada suatu saat. si kakak angkatan membocorkan soal quiz suatu mata kuliah ke kecengannya yang angkatannya di bawah dia yang kebetulan mengambil mata kuliah yang dia asistenkan. terlebih lagi. bocoran soal quiz tersebut juga dilengkapi dengan kunci jawaban. dan terkejutlah teman saya saat mengetahui hal itu.

saya dan teman saya yang dari jurusan lain universitas lain itu bingung. lebih tidak berintegritas mana. asistendosen yang membocorkan soal quiz beserta kunci jawabannya. atau mahasiswa yang menerima bocoran soal quiz beserta kunci jawabannya dan memanfaatkan asisten dosen yang sebenarnya tidak disukainya?

ahhah

===o0o===

siapakah dosen wali saya? siapakah mr.m? siapakah teman saya itu? siapakah teman saya yang dari jurusan lain universitas lain? jurusan apa dan universitas apa teman saya itu? well.. siapa mereka sebenarnya itu tidak penting. yang lebih penting adalah pemikiran-pemikiran mereka. yang mendasari saya untuk menulis blog ini hari ini.

*bukannya ingin menggurui. saya pun masih belajar tentang hidup ini..

morale: what we will be in the future is what we are in the present

8 Responses to “integritas: penting atau cuma omongan belaka?”

  1. ira April 8, 2008 at 9:06 pm #

    what’s wrong with this nad?
    kayaknya it is ok kok…ga usa di edit..ini kan lo saat terjujur lo..
    =P

    hmmm…nad…kalo ngomongin masalah kayak ginian emang repot y. gw jadi bingung..jadi gimana dong? apa yang bisa gw lakukan? apa yang harus gw lakukan..gw jadi merasa gw salah jalan selama ini…hahahhahaha…engga seheboh itu sii..
    btw.. nadski….eh ga jadi de..

    • ladysherry May 19, 2009 at 1:49 am #

      saat terjujur? hahha. kata syapa ngepost blog=saat terjujur gw?? hehhe
      sotoy ahh ra…

  2. Gin "atarashii hito" April 10, 2008 at 12:04 am #

    Hmmm, integritas, wah jarang tuh ada dosen yang masih mau nasehatin mahasiswa/wi nya kayak gitu. Lucky you…

    • ladysherry May 19, 2009 at 1:50 am #

      hahh iya laa. s mr.m kann dosen tingkat 1. wajar aj. beliau masi harus membekali mahasiswa2 lugu ny dgn ilmu2 berguna ttg hidup😀

  3. Ilma'is'maiL April 11, 2008 at 11:44 am #

    Integritas emg penting Nad..

    Mengutip kalimat seorang teman tentang integritas (agak gak nyambung mungkin..):

    “Waktu cuma limitasi, dia bukan musuh. Musuh gw adalah inkonsistensi dan disintegritas..”

    Btw,,add blog aku di blogroll dong..=D

    • ladysherry May 19, 2009 at 1:51 am #

      udh d add kan il🙂
      *sbenernya..musuh ku itu diri sendiri🙂
      **lebih ga nyambung lg😀

  4. mamamam April 14, 2008 at 10:26 pm #

    jadi dilema sih sebenernya… kan kehidupan ga selalu ideal, tapi (jadi keinget kata pak koko tadi) itu juga sering jadi alasan… jd gmn dong???

    • ladysherry May 19, 2009 at 1:53 am #

      knp nh nama lw?lw klebihan ngetik yaa?hahha
      *kehidupan ga selalu ideal?mnurut gw..ga da khidupan yang ideal mam..khidupan di dunia nyata ga da yg ideal…knp?krn nobodys perfect.makany jdny ga da khidupan yg ideal
      gt x yaa..sotoy ahh gw
      **pa koko??hahha.filosofi beliau..lain x gw bahas ahh😀

Leave a Reply

