tingkah laku menjelang uts

1 Apr

saat belajar menjelang ujian. saya akan selalu berpesan *jangan diganggu untuk alasan apapun*. kemudian sekarang-sekarang ini saya berpikir. menelaah. apakah sebenarnya saya sangat benar-benar ingin konsentrasi belajar makanya saya tidak mau diganggu saat belajar. atau sebenarnya itu cuma sebuah excuse agar saya dapat tidak mengerjakan pekerjaan rumah membantu orangtua [well… membantu mamah lebih tepatnya. seperti mencuci piring. menyapu rumah. dll…]? karena kenyataannya setiap sejam sekali saya turun ke bawah [baca: dapur] untuk mencari makanan. kalau kata ibu saya lancar yaa na ngunyahnya…. ahhah. konsentrasi seperti apa yang saya cari kalau pikiran dalam otak saya tidak jauh-jauh dari perut.

kontras dengan kakaknya teman saya [well… si kakak ini dipanggil abang oleh adiknya] yang kalau belajar menjelang ujian tidak akan keluar kamar sehingga makanannya [makan siang. makan malam] harus sampai diantar ke kamarnya. karena kalau tidak diantar si kakak [yang kebetulan juga kakak angkatan saya saat sma maupun di kuliah] tidak akan makan selama sehari. beliau tidak akan keluar kamar kecuali untuk ke kamar mandi. selebihnya? just study all the day. tidak akan makan kalau makanannya tidak diantarkan ke kamar. tidak akan minum kalau minumannya tidak diantarkan ke kamar.

bukannya beliau ingin menjadi raja di rumah sendiri [padahal kita *manusia biasa* diakui menjadi raja hanya saat membeli barang. sesuai kata-kata *pembeli adalah raja*, gariingšŸ˜€]. tetapi memang seperti itulah act beliau kalau ingin konsentrasi belajar. otaknya *kalau kata adiknya* tidak akan teralihkan sama hal-hal seperti makanan ataupun makan.

atau mungkin si kakak bertingkah laku seperti itu karena kehabisan waktu [baca: jadwal uts sudah semakin dekat]? jangan salah. beliau begitu pada saat h-7 uts. sementara saya? saat h-2 menjelang uts saja saya masih bisa berkelakuan seperti yang saya ceritakan di paragraf pertama. masih bisa pikirannya teralihkan oleh hal makan-memakan disaat uts sudah di depan mata.

bejad yaa saya…

===o0o===

saat mengikuti suatu kuliah. saya mendapatkan pengetahuan bahwa ‘tingkah laku seseorang dipengaruhi oleh motivasinya’ [mohon dikoreksi kalau saya salah]. seberapa besar motivasi untuk mencapai suatu tujuan akan mencerminkan tingkah laku seseorang. semakin besar motivasinya akan semakin gila-gilaan orang tersebut. kalau orang awam bilang “gilaa ngotot banget..”. nah. yang patut dipertanyakan. apakah motivasi saya yang kecil atau sebenarnya saya tidak punya tujuan?

ahhah

kalau kata ibu sayaserius gak sih na kamu kuliahnya?

ampuun mah…

4 Responses to “tingkah laku menjelang uts”

  1. printiasti April 3, 2008 at 7:20 pm #

    klo menurut teori gw, belajar h-2 atau h-1 adalah perilaku mahasiswa normal…

    hidup mahasiswa normal!!

    hahaha…

    • ladysherry May 21, 2009 at 12:00 am #

      sti..jd gw normal yaa? snang nyā€¦
      HEHHEHHE

  2. deybac April 4, 2008 at 9:30 pm #

    lucu nya ada di setiap kalimat sih,,,ya asik ja ngebacanya
    “tingkah laku menjelang uts”
    aku juga kalo mau uts suka bingung, malah bisa mrah2 sendiri,,

    kadang mikir,
    kok
    aneh ya hidup ini,

    motivasi memang penting(setuju)
    tapi lebih susah mempertahankan motivasi di banding dapetinnya, ya gak

    • ladysherry May 21, 2009 at 12:03 am #

      lucu?wahh trimakasii..definisi baru tuušŸ˜€
      **eheh. bukan krn bahasa indonesia ku kacau kn??**
      hmm iy.mmpertahankan emg lebih sulit drpd merebut [kalau piala ini sii…hehhe]

Leave a Reply

