love our earth [1]: gaya hidup atau beneran peduli?

9 Mar

suatu saat yang lalu di kampus saya, sebuah himpunan pernah mengadakan acara [atau sebuah kampanye lebih tepatnya..] yang mengusung tema ‘anti plastic bag campaign’. sebelumnya lagi pernah diadakan juga acara fun bike-bike to work [eh salah..kalau yang itu kampanye yang beredar di jakarta dan bali. yang benar kayaknya adalah acara fun bike saja. tidak memakai embel-embel ‘bike to work’]. kampus saya agak peduli pada masalah lingkungan juga nampaknya. walaupun kampus ini tidak bisa berbuat banyak saat masalah sampah mendera kota bandung mulai dari beberapa tahun yang lalu sampai dengan sekarang [masalah yang belum terpecahkan juga sampai saat ini], padahal di dalam kampus saya ada jurusan teknik lingkungan yang notabene seharusnya ahli pada masalah-masalah seperti itu.

bukan hanya kampus saya yang agak peduli pada masalah lingkungan. saya pun sebagai mahasiswa di kampus saya [ya iya lah…] juga agak peduli pada masalah lingkungan. buktinya saya mempunyai 2 buah tas kanvas yang bertuliskan say no to plasticdanglobal warming is a global warning‘. saya juga tidak memakai kantong plastik saat berbelanja. saya tidak membuang sampah sembarangan. saya menggunakan penerangan secukupnya. sampai sekarang saya masih berusaha untuk memilah sampah di rumah.. dan sederet aktifitas hidup yang menurut saya menunjukkan bahwa saya cukup peduli pada keberlangsungan kehidupan di bumi tercinta ini.

===o0o===

di suatu malam yang dingin [ditemani dengan segelas nescafe hangat dan lagu-lagu slow mellow yang tidak begitu saya sukai] akhirnya tugas pendahuluan praktikum dapat juga saya selesaikan. yang baru saja saya selesaikan saat itu adalah hardcopynya. sedangkan softcopynya sudah saya selesaikan sejak siang harinya, mengingat softcopy tugas tersebut sudah harus dikumpulkan -via email- ke setiap pj kelas sebelum jam 5 sore. membutuhkan waktu yang agak lama untuk menyelesaikan hardcopynya karena pengerjaan hardcopy harus ditulis tangan.

saat baru saja menyelesaikan hardcopy tugas itulah saya baru teringat bahwa tugas dituliskan di kertas A4 secara bolak-bolik. saya benar-benar lupa, sama tidak terpikirkan untuk mengerjakannya secara bolak-balik. sebenarnya itu bukanlah sebuah keharusan, tetapi disarankan. mengingat adanya kampanye peduli lingkungan yang dikumandangkan himpunan tetangga, dan memang sudah seharusnya kita menunjukkan bahwa kita peduli.

tidak lama setelah adegan saya terperanjat itu, teman saya menelpon menanyakan perihal tugas pendahuluan saya. setelah pembicaraan yang lumayan panjang akhirnya teman saya mengatakan bahwa dia mengerjakan tugasnya di atas kertas A4 bekas yang masih layak pakai di bagian belakangnya. saya agak tertegun mendengarnya saat itu. di saat saya seharusnya mengerjakan tugas di atas kertas A4 bekas atau kertas A4 baru tetapi bolak-balik, saya malah mengerjakan di kertas A4 yang benar-benar baru dikeluarkan dari bungkusnya.

saya tidak memikirkan lingkungan seperti bagaimana saya memikirkan menu makanan yang akan saya makan. saya tidak mencintai lingkungan sebagaimana saya mencintai olahraga. saya benar-benar merasa berdosa saat itu..seminggu yang lalu [02mar08]

===o0o===

SAAT WISUDA 08mar08

lalu saya bingung. apakah benar kampus ini peduli lingkungan? lihat saja. masih banyak himpunan yang mengadakan acaraperang balon airsaat wisudaan. padahal balon air itu dari plastik. padahal beribu-ribu kantung plastik [yang entah kenapa disebut balon itu] itu nantinya akan tersia-siakan setelah dipakai dengan cara dibuang-buang dilemparkan ke orang lain [buang plastik. buang air].

padahal sudah pernah tercetus solusi lain untuk permasalahan perang air yang katanya pakai balon padahal plastik ini, yaitu dengan cara memakai spons. perang air dengan menggunakan spons yang dicelupkan ke ember yang berisi air. tetap buang-buang air, tapi tidak buang plastik. well oke nantinya akan buang-buang spons, tapi sepertinya sampah spons lebih ramah lingkungan daripada sampah plastik. saya tidak tahu benar atau tidaknya [pernyataan bahwa sampah spons lebih ramah lingkungan daripada sampah plastik]. tapi kemungkinan benar ada toh tetap ada, selama yang dikampanyekan adalah ‘say no to plastic’😀

apapun itu. mungkin saat ini yang terbaik tetaplah perang air dengan menggunakan plastik. mengingat harga spons jauh lebih mahal dari harga kantung plastik [1 buah spons sama dengan harga 1000 kantung plastik]. bagi mahasiswa, masalah biaya tetap menjadi perhitungan yang utama, apalagi danus wisudaan harus mati-matian mencari dana untuk membiayai keberlangsungan acara wisudaan [well.. semua danus mati-matian mencari dana untuk keberlangsungan sebuah acarasalam salut saya buat orang-orang yang pernah jadi danus suatu acara].

atau.. untuk wisuda mendatang. acara ‘perang air’ perlu didiskualifikasi saja? ada yang setuju? [bisa-bisa saya diamuk massa nih untuk ini🙂 ]

::post kali ini tidak bermaksud untuk mendeskreditkan pihak mana pun. mohon maaf -jika ada- atas perkataan saya yang kurang berkenan::

::::salut buat panitia wisuda maret 2008. angkatan 2007 [atas arak-arakannya]. angkatan 2005 [atas dancenya *gila keren abis…*]. angkatan 2004 [atas kabaretnya *sumpah yaa..2004 kompak banget dh. dancenya juga bgt gila dh…*]. angkatan 2003 [selamat yaa ka udah lulus..suatu saat saya juga pengen ngerasain wisudaan yang bisa dikenang selalu]. last but not least angkatan 2006 [biar gimana juga. saya cinta angkatan saya *luv u all tman2🙂 *]::::

4 Responses to “love our earth [1]: gaya hidup atau beneran peduli?”

  1. ira March 23, 2008 at 3:28 pm #

    eh nafa..
    kalo pake spons kasian spongebobsquarepants..
    *hahaha..
    *aneh..
    ehem ehem…nadicii..
    gw sukaa banget sama title post lo kali ini..itu pernah terlintas looh di pikiran gw beberapa hari kemaren2 dulu. tapi toh baguslah kan ya? dengan menjadikan loe our earth itu sgb lifestyle lo mungkin lo akan lebih menghargai komitmen buat love our earthnya..mungkin yg ini untuk org2 yang sangat memedulikan lifestyle yg lg in saat ini. seenggaknya dia bisa melakukan sesuatu yg berguna,,yg gw takutkan adalah..apakah gembar gembor love our earth ky skrg2 ini akan bertahan lama? atau cuma…akan tersapu dengan waktu..atau..ilang timbul ilang timbul?? gimana tuuh nad??
    *dasar ira..bukannya belajar pi malah komenin blognya nadskii

    • ladysherry May 21, 2009 at 12:02 am #

      asal lifestyle nya dijalanin ra.. bukan cuma luarnya ja🙂

  2. Andi October 22, 2008 at 11:57 am #

    Sebenarnya saya pribadi juga pingin mengurangi penggunaan plastik tetapi kebiasaan hidup yang sudah terbiasa dengan plastik membuat susah diterapkan. Tetapi saya tetap akan lakukan sekecil apapun untuk mengurangi penggunaan plastik. Seperti yang saya lakukan di blog http://andisite.wordpress.com.

    Salam kenal

    • ladysherry May 21, 2009 at 12:04 am #

      saam kenal mas andi🙂
      nice post though

      memang susah karena plastik ada dimana2 dalam hidup kita..selamat mengurangi sedikit demi sedikit ya

Leave a Reply

