penonton. pemerhati. pasif

18 Feb

saya mengikuti sebuah kelas yang diajar oleh seorang dosen yang -menurut kabar yang beredar- cukup galak. kesan pertama diajar oleh beliau di pertemuan hari pertama “duu gila. serem amat nii dosen..” karena saat di dalam kelas, suasana belajar mengajar yang diingingkan sang dosen adalah yang hening dan tenang, sehingga anak-anak didiknya tidak ada yang berani bercakap-cakap. Keadaan seperti ini membuat suasana kelas cukup menegangkan dan mencekam.

namun, tidak tahu bagaimana caranya, sang dosen juga tetap menginginkan anak-anak didiknya untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas “untuk apa kalian datang ke kelas saya jika hanya menjadi penonton. jangan mau hanya menjadi orang yang pasif. untuk mendapatkan ilmu secara baik di kelas ini kalian harus ikut berpartisipasi aktif, bukannya hanya melihat bagaimana dunia berjalan..” yaa kurang lebih seperti itu. mungkin saya melebihkannya sedikit. mungkin saya menguranginya sedikit. entahlah. saya agak sedikit lupa detail perkataan sang dosen seperti apa..

saat mendengar sang dosen berkata seperti itu, hati saya merasa agak tertohok. sebenarnya saya nyengir malu lebih tepatnya. karena memang itulah yang biasanya saya lakukan. menjadi pemerhati yang baik di dalam kelas. bahkan hal-hal kurang penting yang terjadi di dalam kelas pun ikut terekam di otak saya, seperti saat teman saya berisik sekali gerasak-gerusuk karena deg-degan takut di tanya sang dosen yang katanya galak itu. bukannya menjadi aktor -tidak perlu aktor utama. cukup aktor pembantu saja. karena aktor utama tetap sang dosen– dalam scene di kuliah tersebut, saya lebih memilih untuk menjadi pengamat pasif yang berusaha untuk menjadi invisible [dengan berharap tidak di lihat sang dosen untuk kemudian di tanya juga sebenarnya😀 ].

===o0o===

padahal saya seharusnya menjadi sutradara dalam setiap scene hidup saya. untuk melakukan suatu hal apa pun, saya yang memutuskan, bukannya harus diperintah oleh orang lain. atau sebenarnya saya sudah menjadi sutrada, dengan memilih untuk menjadi pemerhati yang baik saja dalam setiap scene hidup saya?

*ada yang bisa menebak siapakah sang dosen yang katanya galak tersebut?😉

morales:

because it’s your own life and you could only have 1. so just do what you wanna do. you have to stir your own life

10 Responses to “penonton. pemerhati. pasif”

  1. laras March 2, 2008 at 6:35 pm #

    pa icak..
    yah, tapi kan udah kubilang waktu ym tadi, haha…
    udah gabung blog agregator ti belum nad?

    • ladysherry May 21, 2009 at 12:13 am #

      “iya sudah bergabung..trimakasi infonya yaa ras🙂 ”

  2. ira.w March 2, 2008 at 6:47 pm #

    yah ampunn
    krain apa…
    emang lo sukanya bapak-bapak kan nad..
    gw tau kok..
    =D
    pak ical lah
    pak icak lah..
    btw, udah liat blom fotonya??
    ketemu nih gw…alamatnya..
    http://photo.Net/photodb/photo?Photo_id=109010

    sana liat..
    sana kagumi..
    dasar nadia…
    cinta om om…

    =p
    peace nadi*ki…

    • ladysherry May 21, 2009 at 12:17 am #

      hahh apa sii ra..lebay dh.jgn bkin gosip duunk raskii..anyw site yg lw kasi tw ga bisa d buka tuuu..gmn sii infonya HWEHHW😉

  3. Lalla March 2, 2008 at 7:05 pm #

    pak icak?
    emang lu dapet pak icak?
    wah..wah..ko gw ga tau..
    hekekek..

    • ladysherry May 21, 2009 at 12:20 am #

      hahha iy ra..gw prnh masuk k klas pa icak..kn wkt awal2 jdwl or qt bentrok ma dpti gw HUHHUW

  4. astie March 2, 2008 at 8:04 pm #

    hahhahaha.
    kata”nya sama dgn tahun lalu
    ahuahahhaa
    emang gitu tuh dosen, ntar pas kita aktif mau nanya, kita disuruh jawab sendiri pertanyaan kita. hahahahhaha.

    • ladysherry May 21, 2009 at 12:21 am #

      waduu gtuu y ka..tp tp..enakan mna ma pa leks?HWEHHE..

  5. ira May 24, 2009 at 1:59 pm #

    aneh deh nad..harusnya bisa dibuka..waktu itu gw dikasitau tice, fotonya bagus loh.hehe. yahh nad, mungkin blm jodoh lo ama fotonya..hihi

    • ladysherry May 27, 2009 at 8:36 pm #

      actually gw udah pernah bisa buka ko ra.. jadi link yg lw kasi ke gw itu kurang apanyaa gitu dikit hehe

Leave a Reply

