Listrik Sumber Kehidupan

16 Mar

Air sumber kehidupan. Itu yang saya baca di buku pelajaran SD. Tapi sepertinya, listrik merupakan sumber kehidupan manusia modern dewasa ini.

Bayangkan apa yang terjadi kalau 1 hari saja kamu tidak minum air.
Pusing. Dehidrasi. Kulit kering. Efeknya baru terasa beberapa jam setelah kamu tidak memberikan asupan air mineral ke dalam tubuh kamu.

Bayangkan apa yang terjadi 1 hari saja kamu tidak mendapatkan sumber listrik.
Tidak bisa minum air hangat, karena air mineral kamu bersumber dari dispenser. Tidak bisa makan nasi, karena tidak bisa dimasak tanpa rice cooker. Tidak bisa mandi, karena sumber air kamu dapatkan dengan bantuan pompa air. Tidak bisa menonton tv, menghidupkan komputer, dan yang paling penting, tidak ada sumber cahaya.

Bayangkan apa jadinya kalau PLN memutuskan aliran listrik sekompleks perumahan kamu mulai dari makan siang sampai tengah malam, padahal kamu seharusnya mengerjakan skripsi.
Curhat colongan, yes I am, really sorry for the rant. Tanpa pemberitahuan apa-apa, dua hari yang lalu kejadian di atas menimpa saya.

Lupakan sejenak tidak bisa koneksi ke internet karena Telkomsel tiba-tiba lemot. Saya terhambat mengerjakan slide presentasi karena kompleks rumah saya terkena pemadaman. Tidak ada sumber cahaya, tidak bisa menghidupkan laptop karena masalah baterai. Harap maklum, usia laptop saya sudah mencapai kepala 40 bulan.

Tidak jadi masalah kalau ada pemberitahuan sebelumnya, sehingga penghuni rumah bisa mengatur aktivitas di luar rumah. Tidak jadi masalah kalau pemadaman hanya beberapa jam. Kenyataannya, listrik baru dihidupkan pukul 12 malam. Sukses 2 batang lilin dihabiskan untuk penerangan di rumah setelah matahari terbenam.

Derita bertambah saat baterai handphone saya tiba-tiba habis setelah makan malam. Terasing? Hell, I was.

Terimakasih PLN dan Telkomsel, untuk pengalaman tak terlupakan selama mengerjakan skripsi ini.

Oke saya akui, postingan ini tidak akan dibuat kalau saja saya langsung mengungsi ke kosan teman setelah 2 jam listrik tidak kunjung dihidupkan. :p

Baca postingan saya yang lain mengenai manusia dan teknologi disini.

About these ads

14 Responses to “Listrik Sumber Kehidupan”

  1. praspraspras March 16, 2011 at 1:42 pm #

    heuheu, besok pake macbook white aja, cukup kok, biar bisa internetan 10 jam pake batre, bisa ngerjain TA kamu juga :D

    ternyata teknologi udah membuat manusia ketergantungan yah?ketergantungan sama laptop, sama henpon, sama rice kuker, sama dispenser, sama semuanya, karena teknologi masih menggunakan listrik.
    nah, kamu kan tamatan industri tu, kedepannya, buat perusahaan penghasil energi yang seefesien listrik, tapi dapetnya dari alam, gimana tu? (*tantangan nih*)

  2. riez March 16, 2011 at 7:32 pm #

    Aliran air penting begitu pula Aliran Listrik

  3. sky March 16, 2011 at 8:29 pm #

    well….listrik adalah kebutuhan buat mahasiswa :D

    lebih butuh listrik dibanding makanan ketika kenyang :D

  4. ocky March 16, 2011 at 9:06 pm #

    aku ngerti.. ngerti gimana perasaannya listrik mati, koneksi lemot :( huahaha tapi emang kalau ngejar deadline atau apapun (dalam hal ini skripsi) biasanya cobaannya banyak :)) sabar aja emang ckckck

  5. Joko Setiawan March 16, 2011 at 10:05 pm #

    Hoohohohoo,, sabar ya Mbak,, paling tidak masih bisa menjadi sebuah cerita di sini bukan ;)

    Salam semangat selalu

  6. Zippy March 16, 2011 at 10:39 pm #

    Hhahah…mantap..mantap, jadi pengalaman yang tak terlupakan.
    Bicara soal pemadaman, di Jayapura sering banget tuh.
    Tadi siang aja sempat pemadaman, walaupun hanya sebentar.
    Tapi beda dengan kemarin yang cukup lama pemadamannya.
    Tiap kali ditanya lewat PLN call center 123, alesannya klise..”Maaf Bapak/Ibu, sedang ada gangguan. Sekarang lagi dalam tahap perbaikan” :lol:

  7. dieka March 18, 2011 at 8:55 pm #

    hehehe….. kebutuhan primer manusia tuh udah nambah.. selain sandang pangan papan di tambah internet :D

    itu menjadikan listrik hal yang penting :D

  8. adizone23 March 19, 2011 at 2:05 am #

    salah satu hal yang menjengkelkan di dunia ketika pemadaman listrik secara tiba-tiba tanpa diketahui kapan listrik dinyalakan kembali…hehe :D

    kalo dikosan saya sudah jarang ada pemadaman listrik,
    tapi ditempat lain (daerah sekitar rumah teman saya) malah jarang sekali namanya “mati lampu”, dia beralasan rumahnya bersebelahan rumah mantan walikota.
    entah benar atau tidak itu alasannya? tapi kenyataan nya memang begitu.

    PLN masih “tebang pilih” kalo melakukan pemadaman listrik

  9. TUKANG CoLoNG March 19, 2011 at 3:38 am #

    sepertinya kita hidup dari banyak sumber ya..? :D

  10. Ifan Jayadi March 19, 2011 at 6:41 am #

    Memang kadang2 kita sering mendapatkan pelayanan yang tidak menyenangkan dari PLN. Tapi apalayah daya. Meski ingin marah, tapi rasanya kemarahan kita tsb bakalan tidak digubris. Ya, terpaksa hanya bisa sabar sambil berharap listrik akan segera nyala

  11. Goda-Gado March 21, 2011 at 7:42 pm #

    eh Nad, PLN dan Telkomsel dah ditulis di kolom Thanks to di skripsi belum? :D
    hehehehe
    harus ditulis tuh…..
    wkwwkwkwkwk

    “..kalau PLN memutuskan aliran listrik sekompleks perumahan kamu mulai dari makan siang sampai tengah malam, padahal kamu seharusnya mengerjakan skripsi…” –> kayaknya memang inilah sebenarnya inti postingnya ini. :D

    sabar mbake… sabar… mau ngejar apa to? :D
    lain kali siap Diesel atau Genset. :D
    itulah seninya bikin skirpsi. penuh tantangan!
    klo dah selesai, rasanya mak nyusssssssssssss!

  12. @helgaindra March 22, 2011 at 1:08 pm #

    yang sabar aja ngadepin PLN yang tiba tiba matiin lampu lama banget
    hehehe

  13. poberson naibaho December 24, 2011 at 10:41 am #

    Tambahan :

    Sudahkah Kita menjaga air yang memberi kita hidup Indonesia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 106 other followers

%d bloggers like this: