Halo Maret

4 Mar

Dua bulan belakangan ini saya sibuk berjibaku dengan keberlangsungan masa depan saya. Karena itu, maafkan saya hanya sempat menulis 1 postingan per bulan. Banting tulang bakar lemak selama Januari Februari kemarin sudah menunjukkan sedikit hasil, saya bisa mengumpulkan draft skripsi di awal bulan ini. Doakan kelancaran sidang saya pertengahan bulan ini ya kawan.

Draft skripsi, check. One step closer to whatever it is I wish to achieve in the future. I really hope this year will be better than the last one. So far, the first two months of the year was promising. Thank goodness, and all people that have been supporting me all this time. Yes, you.

*

Buat kamu yang lagi akan atau sedang menyusun skripsi, satu pesan saya. Jangan percaya dengan pengalaman baik (baca: timeline optimis) orang lain saat menyusun skripsi. Just don’t.

Jangan percaya kalau ada yang bilang menyusun skripsi itu bisa dikebut dalam 2 bulan saja, katanya “asalkan udah tau apa yang mau dikerjakan”. Jangan percaya kalau ada yang bilang pengolahan data itu bisa dikerjakan dalam 1 minggu saja, katanya “tinggal klik klik, kan pake software”. Jangan percaya kalau ada yang bilang analisis itu bisa selesai dalam sehari, katanya “ngemeng doang, cepetlah”.

Ndasmu.

Kalau ada yang benar-benar bisa mengerjakan skripsi hanya dalam 2 bulan saja, saya angkat alis setinggi-tingginya. Tidak terbayangkan oleh saya makhluk yang terbuat dari apa yang bisa melakukan seperti itu. Saya yang dua bulan baru sampai pengolahan di excel belum memasukkan ke dalam laporan saja sudah jadi setengah zombie, apalagi yang bisa mengerjakan skripsi hanya dalam 2 bulan tapi sudah selesai kesimpulan saran. Salut!

Kadang, hambatan dalam mengerjakan skripsi bukan datang dari dalam diri kita, seperti rasa malas. Tapi juga berhubungan dengan manusia lain yang punya andil dalam skripsi kita, seperti responden, dosen pembimbing, orang tua, keluarga, pacar *kalau punya*, teman seperjuangan mengerjakan skripsi, ibu kantin, bapak angkot, mas2 fotocopyan. Hell, the universe.

Melalui postingan ini, saya ingin minta maaf kepada responden-responden penelitian yang sudah saya repotkan. Kepada karyawan-karyawan perusahaan yang ikut terepotkan karena pengambilan data saya. Pembimbing-pembimbing skripsi saya (yes, they’re more than one!). Ayah, ibu, adik-adik, dan keluarga besar. Teman-teman seperjuangan mengerjakan skripsi. Teman-teman yang tidak mengerjakan skripsi tapi ikut terepotkan karena saya mengerjakan skripsi. Teman-teman yang sudah banyak membantu, mengajarkan, melancarkan, menyemangati, dan memaklumi selama saya mengerjakan skripsi. Again, you.

*

So, how’s your 63 days on the new year so far, dear readers? :)

45 Responses to “Halo Maret”

  1. @helgaindra March 4, 2011 at 5:43 pm #

    semangat ngerjain skripsinya yah
    salut deh perjuangannya

  2. adizone23 March 4, 2011 at 5:52 pm #

    Skripsi… Skripsi…
    saya jadi agak sensi ya kalo denger kata itu…hehe
    sudah hampir 4 bulan dari Seminar Proposal tapi perkembangan skripsi berjalan lambat, kadang semangat ngerjainya naik dan turun. kayaknya saya harus kebut nih (menyemangati diri sendiri)…

    btw, Sukses ya, NAd
    untuk Sidang Skripsinya

    (gambarnya pas banget tuk mahasiswa yang lagi skripsi).

  3. andry sianipar March 4, 2011 at 10:12 pm #

    Selamat berjuang..semoga sukses selalu dan bisa naik level ke bentuk perjuangan yang lain…

  4. Winnie March 5, 2011 at 12:08 am #

    Hurray! You’re back! Good luck for the final project :)

  5. Nur Ali Muchtar March 5, 2011 at 1:10 am #

    oiiii nad, sama dah kita. sama2 lagi ngerjain skripsweet. semoga lancar dech. hahahha

    • nadiafriza March 6, 2011 at 1:12 pm #

      you see it as skripsweet? i see it as #skripshit. :p

      moga2 cepet selesai ya Al *sok akrab banget gw*!

  6. arman March 5, 2011 at 1:14 am #

    kayak yang lu bilang, untuk bikin skripsi itu emang banyak faktor penunjang. dan kalo semua faktor itu bener2 mendukung, bisa lho bikin skripsi dalam 2 bulan! :D

    gua gak bohong! soalnya… gua bukti nyatanya. hehehe.

    1. emang kita gak boleh males. harus banget rajin. rajin2 ke perpustakaan, baca2in skripsi orang2 lain yang topiknya similar, rajin2 nyamperin dosen pembimbing. kalo dikasih revisi, langsung kerjain abis itu dan balik lagi ke kampus untuk kasih revisinya. jangan nunggu besok2. yang bisa dilakukan sekarang harus sekarang. emang jadi bolak balik kampus banget, tapi ya mau gak mau (fyi rumah gua ke kampus juga jauh lho, gua di utara, kampus di selatan :P).

    2. kerjain yang bisa dikerjain. kalo data belum ada, ya cari2 daftar pustaka nya dulu buat bahan ngecap. begitu data ada, langsung diolah. gua malah dulu gak punya komputer lho. jadi gua kalo mau ngetik harus ke rumah temen dulu. jadi harus tanya dulu temen gua ada di rumah gak, dan komputernya lagi dipake gak. hehehe. jadi sebelum bisa ngetik, ya harus dicatet dulu (tulis tangan!) atau disimpen di otak.

    3. faktor luck juga berperan sih. hehehe. gua untungnya dulu dosen pembimbingnya baik, gak rese. kan ada tuh dosen yang sengaja ngelama2in. kalo dosen gua support banget untuk kita bikin skripsi cepet2. plus lagi gua dapet data buat skripsinya dari kantor temen yang emang dokumentasinya lengkap banget (dulu gua menganalisa sistem prosedur produksi). jadinya gua cuma ngandelin dokumen2 sisdur tuh, tanpa harus kunjungan langsung ke pabrik. huahahaha.

    4. selanjutnya ya harus (banget) pinter2 ngecap! ngecap abis mah kalo bikin skripsi itu. :P

    nah kalo semua itu ada, kelar dah skripsi nya dalam 2 bulan (terhitung dari mulai masukin proposal judul lho sampe bener2 terjilid rapi dan ditandatangan pembimbing). jadinya waktu itu gua bisa sidang juga di semester yang sama, gak perlu nunggu2 lagi ke semester berikutnya. :D

    so.. good luck yaaa… moga2 skripsinya cepet kelar. yang penting… jangan males! :D

    • nadiafriza March 6, 2011 at 1:16 pm #

      Whoa, longest comment I’ve ever received from you om. <3

      Yup, gw percaya kok ada yang bisa cuma 2 bulan. Lo orang ketiga yang cerita ke gw. But, still. Unbelieveble yet impossible to do, for me. :)

      Oops, you got me, haha. No more laziness. Thanks for the advice, om! Wish me luck ya..

  7. Ifan Jayadi March 5, 2011 at 5:15 am #

    Semoga skripsinya cepat kelar. Karena menurutku kalau belum selesai bakal terus kepikiran dan membuat kita merasa nggak tenang. Dan yang penting harus benar2 fokus dan ekstra konsentrasi dgn hal itu

  8. Tedy March 5, 2011 at 6:05 am #

    ane juga waktu proposal Tugas Akhir;
    juga ada yang bilang kalo TA ane:

    “1 minggu bisa jadi”
    heheh

    seperti kata anda..
    dia cuman ngemeng aja
    hahaha
    mari bersama2 menyeleseikan skripsi/Tugas Akhir kita :)

  9. catatanpelangi March 5, 2011 at 8:54 am #

    semoga cepat kelar ya mbak skripsinya …. SEMANGATTTTT hehehehe

  10. maman March 5, 2011 at 9:39 am #

    semngat euy…..skripsinya

  11. 'Ne March 5, 2011 at 9:52 am #

    hehehe yang penting kerjakan, dan setiap hari buka skripsinya jadi keinget terus.. semangan aja neng, moga2 cepet kelar ya..
    semangaattt!! :-D

  12. maminx March 5, 2011 at 10:53 am #

    Halo juga dunia. lama tak jumpa, hehe. Sok atuh segera di kelarkan ah ya, tetep semangat ah..hell universe,lucu :D

  13. kodokz March 5, 2011 at 12:55 pm #

    temen saya ngerjain skripsi kurang dr 2 bulan ..walaupun programnya ribet…
    semunya tergantung isi skripsinya..
    bisa 2 bulan kok, yang penting fokus..
    hehe :lol:

    semangat ya :P

  14. Sky March 5, 2011 at 1:40 pm #

    Hahaha…bkn skripsi sejati memang butuh proses yg lama.
    Apalagi itu berkaitan dgn statistic, analytic, dan damn-tic lainnya… :D
    KEEP FIGHTING MEN…

  15. sky March 5, 2011 at 3:59 pm #

    :D

  16. cahaya bali March 5, 2011 at 4:14 pm #

    selamat berpusing2 dengan skripsi deh.. hehhee

  17. Novroz March 5, 2011 at 7:04 pm #

    Semangat!! Kalo kata orang jepang Gambare!!
    Memang bikin skripsi itu cape bgt. Orang2 yang bilang bikin skripsi ga repot cuma org2 yang kuliahnya juga cari yang bikin repot

  18. lukisanlangit March 5, 2011 at 10:39 pm #

    Waduh, horor -_-” Ya, makanya sedari sekarang saya udah nyari-nyari bahan. Makasih banyak pengalamannya, mbak :D

  19. oemah March 6, 2011 at 8:00 am #

    saat2 membuat skripsi. bikin pusing kepala

  20. TUKANG CoLoNG March 6, 2011 at 6:21 pm #

    aku juga mengerjakan skripsi dan aku tau banget rasanya -. ga enak banget

  21. Miftahgeek March 6, 2011 at 8:12 pm #

    Wah, ntar saya gimana yak pas bikin skripsi *deg2anganteng

    Mudah2an ga ampe draft tak berhingga gitu :D

  22. lia March 6, 2011 at 8:44 pm #

    semangat semangat ka hhe.. semoga slalu di lancarkan nyusun skripsinya hhe :)

    kepikiran nanti nasib saya gimana pas nyusun skripsi hheu..

  23. liascofield March 6, 2011 at 9:07 pm #

    semangat semangat ka :)
    semoga slalu d lancarkan dan segera rampung nyusun skripsinya hhe ..

  24. dieka March 7, 2011 at 12:44 am #

    wahh… udah mulai nyusun skripsi ya?? semangat yah skripsinya :D

  25. julianusginting March 7, 2011 at 8:56 am #

    gpp wlpun ga update blog yg penting kerjaan yg paling utama bisa terselesaikan..

  26. carissayufita March 7, 2011 at 6:13 pm #

    temen gw ngerjain skripsi (bab 2,3,4,5) dalam waktu seminggu, ngga keluar kosan. bener2 fokus daaaan pas sidang malah dibantai sama penguji, karena dosen pembimbing asal approve aja padahal byk yg salah. jadi alon alon asal kelakon aja laaaah. hehehehhe

    • nadiafriza March 7, 2011 at 6:47 pm #

      2 bulan gw masih percaya. 1 minggu..? ummm ga plagiarisme kan? :)

      yes, im taking my time right now. ;)

  27. yoriyuliandra March 8, 2011 at 8:37 am #

    Waduh saya udah lama bgt gak maen ke sini…
    Udah skripsi aja nih…
    Mudah2an sukses dan segera rampung
    *saya juga lagi nyusun :mrgreen:

  28. praspraspras March 8, 2011 at 9:00 am #

    “Buat kamu yang lagi akan atau sedang menyusun skripsi, satu pesan saya. Jangan percaya dengan pengalaman baik (baca: timeline optimis) orang lain saat menyusun skripsi. Just don’t.”

    wah, kesindir nih saia :D

  29. achoey el haris March 8, 2011 at 10:11 am #

    Salam persohiblogan
    Baru update dan BW lagi nih daku

    Pokoknya moga sukses dan lancar :)

  30. Goda-Gado March 8, 2011 at 10:44 am #

    wkwkwkwkwkwk
    samapi bilang :’ndasmu”

    wkwkwkwk

    tp beneran lho Nad. sy bener bs selesai 2 bulan. tp jangan diliat 2 bulannya. tapi diliat jugaberapa jam sy bener fokus selama 2 bulan itu dalam skripsi dg seluruh bahan sudah di tangan.
    oiya, janan pula disamakan program studinya…
    klo di prodi-ku (jurusanku) 2 bulan itu sangat bisa diwujudkan.

    Aku ambil hukum. (bukan teknik).

    jd, skripsi 2 bulan itu bener adanya dan real. bukan isapan jempol semata. silakan tanykan ke kawan yg kuliah di FH deh…. ;)

    btw, Doakan kelancaran sidang saya pertengahan bulan ini ya kawan

    amiiiiiiiiiiiiiiin. semoga sukses.

    • nadiafriza March 10, 2011 at 8:39 pm #

      iya sih mas, temen saya yang bisa ngerjain cuma 2 bulan itu bukan anak teknik. :)

      btw saya panggil apa ya? kirain beda angkatan, ternyata sidangnya hampir barengan. huhe.

      tanggal berapa nih mas sidangnya? wish you all the luck! mudah2an dapat A ya amiiinn

      • Goda-Gado March 14, 2011 at 8:01 pm #

        @Nadia: itu kaliman :”btw, Doakan kelancaran sidang saya pertengahan bulan ini ya kawan” adalah kalimat yg kukopas dr kalimatmu, lalu ku amini.. gitu
        jd kita bukan seangkatan. :D

        hehehehe

        tp sebenarnya salah sy juga sih :(

  31. Siti March 8, 2011 at 10:48 am #

    Hahahaha, saya jadi teringat masa2 seperti yang kamu alami sekarang. Yuhuuu JANGAN PERCAYA menyusun skripsi hanya 2 bulan jika…A ..jika.. B ..jika… C … hihihi.

    Tetep semangat, dan yakin untuk bisa menyelesaikannya.
    Alhamdulillah saya sudah melewati masa2 menyusun skripsi yang bikin kurus kering kerontang :))

    Good luck for u, ok
    and salam kenal :)

  32. fitrimelinda March 8, 2011 at 4:17 pm #

    yang semangat yah nad..semoga skripsinya cepat kelar..
    aku dulu alhamdulillah semuanya dilancarin ama Allah.. dapet pembimbing yang asik..bahannya paling yang rada susah nyarinya..soalnya masih sedikit yang make FRP.. :D

    ganbatte.. !!!

  33. febriosw March 10, 2011 at 9:28 am #

    Hehehehe. Kalau sy sekedar selalu mengingatkan kepada teman2 seangkatan bahwa pasti akan ada hambatan teknis di luar konteks inti skripsi. Misal software ngadat, virus jalan-jalan, dsb.

    Fakultas sy masih melestarikan tradisi ujian komprehensif. Mahasiswa yang ingin mengajukan skripsi harus terlebih dahulu mempresentasikan idenya di depan minimal 3 penguji yang relevan lengkap dengan tamu terbuka (biasanya mahasiswa2). Mahasiswa harus menjelaskan dia mau ngapain, bagaimana menuju ke arah yang dipilih, metodenya seperti apa, data diperoleh dari mana, datanya ada tidak, dan segala uborampe-nya. :) Akhirnya mahasiswa tidak terjebak di dalam ruangan penyusunan skripsi. Dia tinggal olah data-data yang sudah dikumpulkan, analisis, dan ditorehkan ke lembaran kertas. Lamanya kuliah (di fakultas saya) bukan karena lama skripsi tetapi sering sekali karena belum mampu melewati ujian kompre tadi.

    Skripsi bisa dikerjakan cepat, saya percaya. Dua bulan pun mungkin bisa. Sebab, kecepatan itu dipengaruhi banyak parameter dan situasi. Misal tingkat kemapanan dalam menyusun kalimat, argumentasi, kedalaman topik, tingkat penguasaan ilmu, sukar-mudahnya kajiannya, dsb. Saya ketika memilih topik radar (yg sebelumnya mahasiswa menjadi skripsi bertahun-tahun dan akhirnya langka yang memilih topik tersebut)mendapat masukan dari teman2 bahwa saya bisa terganjal tidak lulus. Buktinya 4 bulan saya selesai skripsi. Teman-teman saya yang ujian kompre lebih dulu dibanding saya malah belum lulus. Sampai detik ini pun jumlah yang lulus belum ada separuhnya. Artinya, cepat atau lambat itu sangat kondisional. Mungkin terjadi. :)

    • nadiafriza March 10, 2011 at 7:47 pm #

      sebagian jurusan di kampus saya masih mengadopsi sistem seminar + sidang tertutup. ada juga yang seminar + kompre + sidang tertutup. atau seperti jurusan saya: sidang terbuka..
      ada kelebihan kekurangannya masing2. tergantung nasib masuk ke jurusan yang mana hihi..

      tapi, kalau kompre lebih ke ujian tertulis tentang pelajaran dari semester 1 sampai 8. kalau ‘mempresentasikan idenya di depan minimal 3 penguji yang relevan lengkap dengan tamu terbuka’ di kampus saya namanya seminar :)

      thanks mas sharingnya :)

      • Goda-Gado March 10, 2011 at 8:06 pm #

        klo urut2annya model kayak gitu
        ya pantes lama :D
        hehehe

  34. Heru Purwanto March 10, 2011 at 5:33 pm #

    Saya suka karikaturnya.

    hehehehe

  35. Fahmi March 11, 2011 at 1:00 am #

    skripsi dalam 2 atau 3 bulan?
    bisa kok mba,,asalkan semester sebelumnya sudah menyiapkan bahan, baca2 buku penunjang ama belajar software buat analisis sesuai bidang yg mau dibahas…
    ini saya dan kawan2 yang baru semester 6 jg sudah mulai mencicil buat TA..

    #semangaat….

  36. tyas March 13, 2011 at 8:10 pm #

    ngakak baca tulisan nadia yg ‘ndasmu’ :))
    btw, semangat buat sidangnya nad,
    selamat berjuang laskar April!

  37. Anggie March 15, 2011 at 8:52 pm #

    Eh, udah lama ga main kesini :D
    Udah mulai skripsi ya :D
    Bentar lagi lulus donk ;)

  38. Dwi Pacitan March 16, 2011 at 6:05 am #

    haloo juga… semangat berkarya

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 108 other followers

