[recipe] Kue Lebaran Andalan

6 Sep

Menjelang lebaran kesibukan di rumah bertambah satu, khususnya bagi ibu saya. Yaitu, membuat kue lebaran.. yeiy! Selain lebaran itu sendiri, membuat kue lebaran merupakan kegiatan yang saya tunggu-tunggu selama bulan bulan puasa. Untungnya seminggu kemarin saya tidak berpuasa dan bisa menjadi cookie-tester di rumah. Percaya deh, kue buatan ibu saya paling enak sedunia :)

Selama bertahun-tahun, ibu saya tidak pernah absen membuat kue lebaran yang satu ini. Bisa dibilang, ini kue lebaran andalan ibu saya. Baru saya sadari ternyata saya tidak pernah tau nama sebenarnya kue tersebut, sampai dengan saat saya akan menulis postingan ini dengan mencontek buku resep milik ibu saya. Selama ini saya hanya menyebut kue tersebut dengan ‘kue cokelat lebaran resep nenek’ haha. Ternyata kue tersebut bernama Orleon Taler.

Ya. Secarik kertas diatas merupakan resep kue yang sudah turun temurun dari nenek saya. Nenek saya (cerita mengenai beliau silahkan klik disini) sangat pandai memasak, baik makanan maupun kue. Namun ibu saya hanya diturunkan kemampuan membuat kue dari beliau, sedangkan ibunya sepepu saya, Sarah, diturunkan kemampuan membuat makanan. Adil? Well, I can’t answer on that one.

Niat mulia untuk membantu ibu saya di dapur biasanya selalu gagal. Kalau ingin membantu ibu memasak di dapur, kemungkinan terbaik saya hanya akan disuruh memotong atau mengaduk. Begitu juga dengan keinginan saya membantu ibu membuat kue kemarin:
Saya(s): (baru bangun, mendapati ibu sedang membuat kue) Ma.. bikin kue apa?
Mama(m): Kue cokelat yang biasa
S: Kue nenek itu? Namanya apa sih ma?
M: …
M: Kue cokelat kacang..? (menjawab sambil nyengir) *percaya deh.. ibu saya lupa namanya apa :p*
S:
S: Yaa masaa..
M: Liat aja buku resepnya, itu sih cuma soal nama.. Intinya kuenya ada cokelat dan kacangnya kan..
S: Ya oke.. ntar aku liat deh
S: Mau aku bantu apa ma?
M: Udah mau selesei kok ini.. Kamu jemur pakaian pakaian aja Na..
S: …
S: Maksudnya bikin kuenya ma.. mau dibantuin apa?
M: Iya, ini tinggal nyetak-nyetak aja kok.. Kamu bantuin jemur pakaian aja gih, udah siang nih
S: …

Nasib banget deh saya tidak boleh menyentuh dapur.

==================================================================================

ORLEON TALER (dimodifikasi dari resep aslinya)

Bahan:
250 gram mentega Weisman
175 gram gula halus
150 gram gram almond halus
175 gram tepung terigu (segitiga)
150 gram tepung maizena
20 gram cokelat bubuk (cocoa)
1 butir kuning telur
2 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh vanili
garam halus secukupnya

Cara:
1. mentega dan gula diaduk menjadi satu
2. masukkan tepung terigu, tepung maizena, garam halus, dan almond halus. aduk adonan sampai rata
3. masukkan cokelat bubuk ke dalam adonan
4. setelah adonan jadi, buat bulat-bulat kecil dari adonan. gepengkan bulatan, oleskan kuningkan telur di bagian atas
5. masukkan seluruh cetakan yang sudah jadi kedalam freezer selama setengah jam
6. setelah itu panggang cetakan dalam oven

Percaya ga kalau saya dan adik-adik saya bisa menghabiskan kue setoples seperti diatas dalam *kalau istilah ibu saya* sekali duduk..? :D

Untuk membaca cerita saya pada Ramadhan tahun lalu, klik disini

About these ads

48 Responses to “[recipe] Kue Lebaran Andalan”

  1. dieka September 6, 2010 at 10:29 pm #

    wooo.. resep turun termurun yah? kyknya klo resep itu di jual,, mahal kali yah.. hihih :p

    • nadiafriza September 7, 2010 at 1:22 am #

      kenapa resep nya harus dijual? itu udah saya pajang gratis kok hehe

  2. orange float September 6, 2010 at 10:33 pm #

    boleh juga nih dicobain, kalo berhasil bisa dijual kuenya :-P

    • nadiafriza September 6, 2010 at 11:28 pm #

      kalau beneran dijual, jangan lupa bayar royalti ya mbak hihi ;)

  3. Deden Hf September 7, 2010 at 2:21 am #

    Kayanya legendaris banget tuh resepnya. :)
    sampe belepotan gitu. hehe.. orleon taler? duh, gw baru denger ternyata, nad.

    • nadiafriza September 7, 2010 at 12:44 pm #

      sama Den, gw juga baru denger yaa pas kemaren itu. gw googling masa cuma 1 site selain gw yg keywordnya ada Orleon Taler nya hahaa

  4. Deden Hf September 7, 2010 at 2:24 am #

    Nad, tukeran link yu? :mrgreen:

  5. keblug September 7, 2010 at 8:00 am #

    alamaak! pagi2 udah disuguhi setoples kuwe…
    ijin copas ke kumpulan resep favorit pribadi ya Nad. moga2 tahun depan dah punya oven hihihi…

    • nadiafriza September 7, 2010 at 12:46 pm #

      kalo mau oven biasa ga nyampe 100k loh mbak :) ibu saya kemaren baru beli lagi soalnya, ngegantiin yg lama. kecuali kalo pengennya oven listrik.. yaa saya nyerah deh :p

  6. keblug September 7, 2010 at 8:02 am #

    asyik asyik asyik ga pake mixer hehehe… ga punya soalnya…
    tapi mentega wiesman itu apah ya?

    • nadiafriza September 7, 2010 at 12:47 pm #

      umm Weisman itu merk mentega mbak :) pake itu kalo mau rasanya tokcer. tapi kalo pake margarin biasa kayak blueband, palmboom, ato merk lainnya juga bisa

  7. darahbiroe September 7, 2010 at 8:51 am #

    boleh cicip gak
    mau dunt dikirim 1 toples ajah
    hehehhe :D

  8. hakkyrohman September 7, 2010 at 9:11 am #

    hmm..kue ORLEON TALER bentuk nya kaya gimana sis? baru denger..hehehe..pasti ajibb ya :D

  9. julicavero September 7, 2010 at 9:34 am #

    resepnya mantaff…bolehlah..hehe

  10. Gugun September 7, 2010 at 9:39 am #

    wiih kue keramat, sampai 3 generasi LANJUTKAN
    jadi penasaran rasanya

  11. sibair September 7, 2010 at 9:47 am #

    Orleon Taler. ?? gak pernah denger tuh.. tapi kliatannya enak :D heheh mau dong :D

  12. akhatam September 7, 2010 at 9:58 am #

    minta atu ya mbak.. hehe

  13. arman September 7, 2010 at 11:07 am #

    coba kirimin ke gua.. biar gua bisa percaya… hehe

  14. si~j@ya September 7, 2010 at 11:09 am #

    Na … resep 7 turunan dunk … wuihh, mantap jadi *ngiler.com*
    btw sekali duduk ludes? … Percaya kok, kuenya enak dan sedappp … ;)
    btw teriring ucapan : Minal Aidin Wal Faidzin – mohon lahir & bathin ..

    http://sumanjaya.blogdetik.com/2010/09/06/taraweh-di-at-tin/

  15. Sandy Prayoga September 7, 2010 at 11:34 am #

    Kirim kesiini ya… haha enak kayaknya

  16. cenya95 September 7, 2010 at 11:35 am #

    jadi ingin mencobanya…
    makasih
    salam superhangat

  17. Muhammad saroji September 7, 2010 at 11:52 am #

    Assalaamualaikum.
    Mbak, selamat menjelang lebaran ya? Mohon maaf lahir dan batin.
    O, ya, kalo ibunya nyuruh njemur pakean aja, barangkali isyarat suruh buka londre kali…?
    Tapi boleh tuh resepnya aku copy.

  18. Fahmi September 7, 2010 at 3:10 pm #

    abis dalam sekali duduk?
    kayanya saya bisa habis dalam sekejap *lebay
    hehe….

  19. Grace Receiver September 7, 2010 at 3:18 pm #

    Hehe… Ngga ada kesempatan buat bikin kuenya, minimal sempat mencicipi kuenya. Met lebaran ya? Happy holiday.

  20. hellgalicious September 7, 2010 at 3:30 pm #

    ahaha yauda sini kuenya bagi sama saya deh sini
    dijamin saya abisin

  21. maucokelat September 7, 2010 at 3:38 pm #

    kirimin kerumah y… hehe

  22. soe September 7, 2010 at 7:23 pm #

    resep nya turun temurun kayak nya, btw gw pengen makan kue jahe ei…

    *ngidam mode on*

  23. Denuzz BURUNG HANTU September 7, 2010 at 9:41 pm #

    kertas resepnya bagaikan sobekan dari buku kuno …
    hahaha …
    mohon maaf lahir batin …

    salam burung hantu …

  24. febriy September 7, 2010 at 10:40 pm #

    wah, ada magicnya ga tuh? sampe dibantuin aja ga mau… :lol:
    enak juga tu kayaknya dari gambarnya….. tapi belom yakin seenak apa….. mungkin bisa kirimi saya satu topless.. :D

  25. TUKANG CoLoNG September 7, 2010 at 11:43 pm #

    mana gambarnya..:)

  26. adizone23 September 8, 2010 at 7:29 am #

    resep asli keluarga banget… turun temurun..
    kalo dilihat-lihat nampaknya kue enak banget.

    jadi pengen….hehe

  27. harto September 8, 2010 at 9:16 am #

    Hartohadi dot com mengucapkan :
    Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ….Mohon maaf lahir dan batin….

  28. r10 September 8, 2010 at 1:05 pm #

    begini saja, coba nadia bikin sendiri kue tanpa sepengetahuan ibu, lalu beri kejutan ke ibu nadia

    * nih bu, kue bikinan nadia, enak kan :mrgeen:

    • nadiafriza September 9, 2010 at 2:47 am #

      ide bagus. sayang ga berlaku buat ibu saya :p

      saya pernah sengaja masak Spaghetti buat camilan sore sekeluarga malah kena marah sama ibu “itu kenapa masak yang begituan sih kamu?” hahaa

  29. kyra.curapix September 8, 2010 at 2:17 pm #

    gak pernah tau aku orleon
    hehehe
    aku tanya nastar
    bisa buat nastar gak mbak?
    hahaha

    • nadiafriza September 9, 2010 at 1:03 am #

      ibu saya sih bisa bikin nastar :D kebetulan lebaran ini juga bikin kok :p tapi sayangnya saya ga bisa bikin hehe..

  30. volverhank September 8, 2010 at 2:53 pm #

    waduh postingan tentang makanan , jadi laper saya nih haha

  31. mylitleusagi September 8, 2010 at 3:02 pm #

    wah…suka masak ya..
    kalau kamu gak boleh bantu..
    kalau saya malah alergi masuk dapur.. (^_^)
    he….he….he..he
    males sama semua pernak pernik dapur….

    • nadiafriza September 9, 2010 at 12:59 am #

      saya aslinya juga alergi sama dapur mbak put :p ini lagi belajar mencintai aja kok hehe.. biar bisa pinter masak juga.. bertahap deh ;)

  32. chugy September 8, 2010 at 4:49 pm #

    TIDAK TERASA UMAT MUSLIM TELAH DI UFUK KEMENANGAN.
    30 HARI BERPUASA DILEWATI DENGAN KEMENANGAN.
    SEMUA RASA BERSATU DIHARI YANG PENUH KEMENANGAN.
    HARI YANG DINANTIKAN SEGENAP UMAT MUSLIM.

    TIBA SAATNYA UNTUK KEMBALI FITRI.
    ChugyGOGOG MENGUCAPKAN

    ” SELAMAT IDUL FITRI 1431 H ”
    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

    • nadiafriza September 8, 2010 at 5:04 pm #

      aduh capslock nya mengganggu deh mas. GA BISA DIMATIIN DULU YA PAS NGETIK? :)

      mohon maaf lahir bathin juga yaa

  33. Tedy September 8, 2010 at 9:05 pm #

    bisa dibagi tu kuenya :mrgreen:

  34. Arka September 9, 2010 at 11:47 am #

    wah, kue yang g bakalan habis 7 turunan.
    thank 4 coming.

  35. Red September 9, 2010 at 4:35 pm #

    you wrote:
    Percaya ga kalau saya dan adik-adik saya bisa menghabiskan kue setoples seperti diatas dalam *kalau istilah ibu saya* sekali duduk..?
    =================
    :lol: :lol: aku percayaaaaaaaaaaaaaaaaa. jangankan sekali duduk, kalu gue disamping toples itu pasti sekali hap!

  36. simplelearning September 13, 2010 at 2:44 am #

    wah, mau dong kue lebarannya. kami di sini lebaran pake pizza doang :(

  37. Kue Bandung September 21, 2010 at 8:33 pm #

    enak banget kuenya.

  38. Kue Bandung September 22, 2010 at 12:36 pm #

    kuenya enak banget.

  39. fikrisu March 29, 2011 at 3:19 pm #

    Nice article,,,,very helpfull and usefull. Good luck and salam kenal yach sob

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 113 other followers

%d bloggers like this: